Combined oral sheet Flashcards Preview

Indonesian Oral > Combined oral sheet > Flashcards

Flashcards in Combined oral sheet Deck (64):
1

Berapa umur Anda?

Saya sekarang berumur tujuh belas tahun. Saya dilahirkan pada tanggal enam belas April tahun dua ribu satu, dan oleh karena itu saya adalah anak bungsu di keluarga saya serta salah satu murid yang paling muda yang duduk di kelas saya.

2

Di mana Anda tinggal?

Saya tinggal dengan keluarga saya di daerah Attwood, yang terletak kira-kira duapuluh kilometer dari kota Melbourne. Attwood dilengkapi dengan banyak fasilitas, temasuk beberapa taman, lapangan tenis, lapangan sepak bola dan juga toko di dekat rumah saya. Semua tetangga saya sekarang menjadi teman keluarga saya dan oleh karena itu, kami menikmati berjalan bersama-sama sesudah sekolah ke sungai yang letaknya dekat dari rumah kami.

3

Ceritakanlah sedikit tentang keluarga Anda.

Keluarga saya terdiri dari empat orang. 
Ada bapak saya, ibu saya, kakak perempuan saya dan saya. 
Dia bekerja sebagai seorang dokter dan dia bekerja dari Hari Senin sampai hari Sabtu. 
Dia adalah seorang ibu rumah tangga dan membantu saya dengan pelajaran sekolah.
Kakak perempuan saya berumur sembilan belas tahun. 
Dia berkuliah di Universitas Monash, di jurusan Kedokteran.
Keluarga saya berasal dari Kolombo, di Sri Lanka.
Pada tahun dua ribu delapan, Waktu saya berumur tujuh tahun, Kami pindah ke Australia dan sekarang tinggal di daerah Cambridge Gardens di Attwood. Keluarga saya merupakan suatu keluarga yang bahagia,rukun dan terbuka. Kalau di antara kami ada masalah-masalah atau isu-isu pribadi kami selalu saling menasehati dan membantu untuk selesaikannya.

4

Siapa nama orang tua Anda?

Ibu saya bernama Shiranthi dan bapak saya bernama Janaka.

5

Apakah ibu dan bapak Anda bekerja? Apa pekerjaannya / Dia bekerja sebagai apa?

Bapak saya bekerja enam hari seminggu, tetapi ibu saya tidak sekarang bekerja. Bapak saya adalah seorang dokter, dan dia bekerja di salah satu klinik yang terletak di Craigieburn. Ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga, dan dia membantu dengan pelajaran sekolah saya. Namun, sesudah saya tamat sekolah dan lulus semua ujian penting saya, yaitu VCE, ibu menyatakan dia akan mulai pekerjaan kembali sebagai seorang perawat rumah sakit. Kebaik-hatian ibu saya tidak terlupakan.

6

Berapa saudara Anda/ Apakah Anda mempunyai adik atau kakak?

Saya mempunyai salah seorang kakak, yaitu kakak perempuan saya. Dia berumur sembilan belas tahun dan sedang berkuliah di Universitas Monash untuk bekerja sebagai seorang dokter. Kakak saya kadang-kadang menjelkenkan dan ada sering pentengkaran mulut di antara kami, tetapi kami selalu memecahkannya dan saling memaafkan. Kebanyakan waktu, dia membantu saya dengan pelajaran sekolah saya.

7

Siapa anak bungsu/sulung?

Saya anak bungsu dan kakak perempuan saya anak sulung.

8

Bagaimana rumah Anda? Tolong ceritakan sedikit tentang rumah Anda?

Rumah saya tidak terlalu besar atau kecil, itu cukup besar untuk keluarga saya dan bertingkat dua dan ada sebuah kebun yang kecil tetapi mewah. Rumah saya modern dan dilengkapi dengan empat kamar tidur, empat kamar mandi dan dua kamar duduk. Ada baik lantai atas, di mana kamar tidur terletak, maupun lantai bawah, di mana ibu dan bapak menonton telivisi nanti malam. Bapak saya menikmati duduk di serambih atau balkon dengan anjing saya sesudah pulang dari pekerjaannya. Kucing saya menikmati berkelana di kebun dan anjing saya kadang-kadang berenang di kolam renang pada musim panas. Saya sudah tinggal di rumah saya sejak tahun yang lalu.

9

Tolong ceritakan sedikit tentang daerah tempat tinggal Anda.

Daerah tempat tinggal saya bernama Attwood dan itu indah sekali. Ada beberapa taman, lapangan tenis, Pusat medis, Pusat kebugaran dan juga tosera di dekat rumah saya. Semua tetangga saya sekarang menjadi teman keluarga saya dan oleh karena itu, kami menikmati berjalan bersama-sama sesudah sekolah ke sungai yang letaknya dekat dari rumah kami.
nyaman, sepi
sarana ini mudah untuk dicapai dengan transportasi umum dan letaknya tidak jauh dari tempat tinggal saya
Sejalan dengan itu, stasiun kereta api hanya lima menit dari rumah saya dan dari waktu-kewaktu teman-teman saya dan saya dapat bertemu di stasiun kereta api untuk pergi bersama-sama ke pusat kota dan berbelanja, menonton filem, cuci mata, makan di restoran dan lain lain.

10

Bagaimana Anda merayakan hari ulang tahun Anda?

Walaupun saya dulu ditemukan menerimakan hadiah besar dari keluarga saya dan teman saya menyenangkan dan memuaskan sekali, saya sekarang percaya bahwa semua orang dilahirkan di bumi ini untuk membantu orang lain dan binatang. Oleh karena ini, saya melihat hari ulang tahun saya sebagai kesempatan untuk merayakan hari istimewa ini, dan melewatkan hari khas ini dengan mengabdikan untuk masyarakat saya. Pada hari ulang tahun saya tahun yang lalu, saya menyumbangkan uang kepada salah satu rumah yatim piatu yang terletak di Sri Lanka, untuk membangun semua kamar kecil mereka.

11

Apakah Anda sudah mendapat SIM/rebewez Anda?

Seperti bapak dan ibu ketahui pada umumnya para pelejar yang duduk di kelas dua belas selalu sibuk baik dengan tugas-tugas sekolah maupun pekerjaan sambilan dan tugas-tugas mereka di rumah. Dengan alasan yang saya sebutkan tadi, sehingga waktu saya terbatas.
Saya sudah mendapat SIM tanda L tahun yang lalu. Namun saya masih harus menyelesaikan kira-kira seratus dua puluh jam yang diperlukan oleh vic roads untuk berlatih mengemudi, sebelum saya mendapat SIM tanda P, waktu saya merayakan hari ulang tahun sedelapan belas tahun yang jatuh tahun depan.

12

Antara anggota kelaurganya, siapa yang paling Anda kagumi?

Anggota keluarga yang paling saya kagumi adalah ibu saya.
Dia membuat banyak pengorbanan untuk memperbaiki kehidupan anak-anaknya, seperti meninggalkan keluarga untuk melahirkan diri dari perang saudara Sri Lanka untuk pindah dengan kami ke Australia.
Apalagi dia mengundurkan diri dari pekerjaan demi anak-anaknya supaya kami mempunyai perhatian penuh dalam kaitan misalnya kesejahteran, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

13

Pada pendapat Anda, adalah uang penting dalam kehidupan?

Pada pendapat saya, uang tidak sepenting kebahagiaan dalam kehidupan. Walaupun sedikit uang diperlukan untuk keperluan sehari-hari, saya tidak ingin mempunyai banyak uang, malahan saya ingin menyumbangkan uang untuk amal.

14

Jelaskan tentang kegemaran Anda.

Saya mempunyai beberapa kegemaran. Akan tetapi kegemaran utama saya terdiri dari mendengarkan musik, membaca buku dan bertemu dengan teman-teman.
Mendengarkan musik bisa melemaskan otot-otot saya sehingga saya lebih dapat memusatkan pikiran saya jadi semua tugas baik dari sekolah maupun rumah dilakukan dengan lebih cepat.
Percaya atau tidak Pak, saya mendengarkan musik sebelum saya lahir, ketika saya masih di dalam kandungan ibu saya. Karena ibu kata, kalau beliau mendengarkan musik, rupa-rupanya saya bergerak di dalam perutnya.
Pada setiap liburan sekolah, semua teman saya bertemu dan menonton filem di pusat kota atau bioskop yang letaknya tidak jauh dari rumah kita.
Misalnya, liburan yang lalu, teman-teman saya yang terdiri dari lima orang termasuk saya, bertemu di rumah teman dan menonton film yang berjudul Lemonade Mouth.
Selain itu, sekali setiap bulan saya pergi ke kelas tarian tradisional, yaitu tarian Sri Lanka.
Ini menjalin persehabatan baik dengan teman-teman baru maupun teman-teman lama.
Olahraga ini juga baik untuk kesehatan dan kebugaran saya.

15

Apa yang Anda lakukan pada waktu luang?

Pada waktu luang saya, saya biasanya mendengarkan musik, membaca buku atau menonton televisi dengan anggota keluarga yang lain di rumah.
Seringkali saya membantu mencucikan ibu piring-piring atau dengan tugas-tugas rumah yang lain, seperti membersihkan rumah termasuk mengepel lantai yang berdebu atau kotor khususnya lantai yang selalu berminyak sesudah ibu selesai memasak.
Kadang-kadang, kalau cuaca baik, saya berjalan atau bersepeda dengan bapak saya ke taman yang terletak di dekat rumah kami. 

16

Siapa olahragawan/penyanyi/bintang film kesayangan Anda?

Saya tidak mempunyai olahragawan kesayangan.
Namun, saya mempunyai salah seorang penyanyi kesayangan serta bintang film kesayangan.
Yaitu Gavin James dan Jennifer Lawrence.
Suara lagu Gavin James indah sekali dan Jennifer Lawrence sangat berbakat

17

Apa film kesukaan Anda? Tentang apa film itu?

Film kesukaan saya bernama The Greatest Showmen.
Film ini tentang salah seorang pria yang menciptakan sirkus.
Itu menyedikan, tetapi memuaskan sekali!

18

Apakah Anda suka mendengarkan musik? Musik jenis apa?

Saya suka mendengarkan musik, khususnya musik dari penyanyi kesayangan saya, yaitu Gavin James.
Kebanyakan musik yang saya dengarkan adalah musik jenis pop, karena saya menikmati mendengarkan radio

19

Buku-buku apa yang sudah kamu baca tahun ini?

Oleh karena tahun yang sangat sibuk ini, saya hanya sudah dapat kesempatan untuk membaca buku-buku sekolah saya, yaitu Measure for Measure, The Golden Age, The Crucible dan Year of Wonders.
Walaupun itu sulit sekali untuk menulis karangan tentang buku-buku ini, membaca buku-buku ini sangat menyenangkan.

20

Coba ceritakan sekolah Anda

Sekolah saya adalah sebuah sekolah swasta dan itu baik dan modern sekali.
Ada tiga kampus dan kira-kira terdapat dua ribu dua ratus siswa-siswi.
Kampus saya adalah kampus campuran untuk pelajar baik wanita maupun laki-laki.
Semua siswa-siswi yang duduk di kelas sebelas dan dua belas belajar di gedung modern dan mewah dimana setiap ruang kelas dilengkapi dengan alat pemanas pusat, alat pendingin dan papan tulis putih elektonik interaktif.
Kami belajar Bahasa Indonesia di kamar Bahasa di sekolah. Kamar ini mempunyai berbagai fasilitas modern dan tradisional seperti buku-buku Indonesia, kamus Elektronik Bahasa Indonesia, alat musik Indonesia seperti gamelan dan angklung dan banyak jenis lukisan dan potret Indonesia.
Gedung ini mewah, dan perpustakaan di gedung ini sangat besar dengan bermacam-macam jenis buku dan program komputer.
Semua pelajar yang ada di pusat gedung yang baru ini belajar untuk VCE unit 1, 2, 3 dan 4 sehingga mereka perlu suasana/lingkungan yang tenang dan nyaman.

21

Mata pelajaran apa yang Anda pelajari tahun ini?

Saya belajar Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Mathematika, Biologi, dan psikologi. Mata pelajaran kesayangan saya adalah tentu saja Bahasa Indonesia karena saya menikmati belajar tentang kebudayaan negara tetangga kami. Mudah-mudahan saya bisa ke sana untuk membantu memulihkan populasi orang Indonesia yang mempunyai penyakit HIV. Ini juga merupakan topik terperinci saya.

22

Selain bahasa Indonesia apakah Anda belajar bahasa asing yang lain?

Ya, saya sudah pernah belajar bahasa Jerman dan Latin, tetapi saya selesai belajar bahasa itu di sekolah. Saya juga berbahasa Sinhala di rumah saya dengan keluarga saya. Dari semua Bahasa asing ini, bagi saya Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling menyenangkan dan sopan.

23

Mata pelajaran mana yang paling sukar?


Pada pendapat saya, mata pelajaran yang paling sukar adalah Matematika. Ada banyak pekerjaan rumah dan itu sulit dan rumit sekali. Kami harus belajar dan berlatih ketrampilan kami dengan beberapa masalah Matematika. Walaupun mata pelajaran ini merupakan tatangan bagi setiap siswa, guru Matematika kami selalu bersedia untuk membantu setiap saat.

24

Mata pelajaran mana yang paling mudah?

Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang paling mudah karena saya menikmati membaca buku dan menulis karangan. Selain itu, saya pindah ke Australia sejak saya berumur tujuh tahun dan hampir sepanjang kehidupan saya saya belajar, membaca, menulis, mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang mendarah daging dan bisa dipertimbangkan sebagai bahasa yang paling mudah bagi saya.

25

Sudah berapa lama Anda belajar Bahasa Indonesia?

Saya sudah belajar Bahasa Indonesia selama enam tahun, sejak masih duduk di kelas tujuh.

26

Mengapa Anda belajar Bahasa Indonesia?

Pertama-tama, saya belajar Bahasa Indonesia karena saya menghormati kebudayaan di Indonesia dan menikmati belajar tentang itu. 
Belajar bahasa adalah berguna dan ada juga banyak alasan yang lain untuk belajar Bahasa Indonesia. 
Khususnya, pada pendapat saya, dengan kemampuan salah satu bahasa asing ini akan memberi saya kesempatan untuk mencari pekerjaan.
Saya juga ingin mengunjungi Indonesia pada masa depan, mungkin sesudah tamat sekolah, dan oleh karena ini saya mau belajar bahasa Indonesia dan menjadi lancar dalam bahasa ini.
Seperti Bapak dan Ibu ketahui dengan belajar bahasa Indonesia, nilai akhir ujian saya di akhir kelas dua belas akan dinaikan oleh VCAA 7 angka.

27

Haruskah orang Australia belajar Bahasa Indonesia?

Ya, menurut pendapat pribadi saya semua orang Australia harus belajar Bahasa Indonesia. Khususnya para pelajar Australia. Belajar bahasa asing bermanfaat dan juga akan memberi kesempatan untuk mencari pekerjaan dan memperluas wawasan mereka. Selain itu, ini tidak dapat disangkal bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara tetangga Australia yang terdekat, jadi kita harus selalu hidup rukun dan mencoba untuk menghindari percekcokan diantara kedua negara ini. Alasan-alasan yang lain para pelajar Austalia harus belajar bahasa Indonesia karena mereka harus mengenal bahawa Indonesia merupakan negara demokrasi nomor tiga terbesar di dunia sesudah negara India dan negara Amerika dan negara yang penduduknya menganut terbesar di dunia. Jadi sebagai kesimpulan, dengan pengertian bahasa negara tersebut para pelajar Australia akan mengerti lebih lanjut mengenai negara Indonesia di era globalisasi ini.

28

Anda naik apa ke sekolah?

Saya naik mobil ibu saya ke sekolah. Saya sedang mempunayi SIM tanda L saya, dan oleh karena itu saya kadang-kadang mengemudi.

29

Jam berapa Anda berangkat dari rumah?

Saya berangkat dari rumah pada pukul jam delapan. Sekolah saya terletak kira-kira sembilan kilometer dari rumah, dan oleh karena itu perjalanan ke sekolah hanya makan waktu lima belas menit.

30

Perjalanan ke sekolah makan waktu berapa jam?

Perjalanan ke sekolah makan waktu lima belas menit.

31

Apakah Anda ikut dalam kegiatan sekolah?

Waktu sekarang, waktu saya sangat terbatas oleh karena pelajaran saya, dan oleh karena itu saya hanya ikut dalam klub Pelestarian Lingkungan. Walaupun dalam masa lalu, saya menikmati klub Pelestarian Lingkungan, Klub Debat dan Keadilan Sosial. Sejalan dengan itu, saya juga berlatih hoki dan bulu tangkis tahun yang lalu. Meskipun pelajaran saya amat sulit dan saya tidak mempunyai waktu yang banyak, saya mencoba berolahraga sekurang-kurangnya dua kali seminggu supaya bisa menyenangkan diri saya dan mengalami gaya hidup yang seimbang

32

Apakah Anda sudah mendapat pekerjaan sambilan?

Saya ingin mempunyai pekerjaan sambilan karena, menurut pendapat saya, itu menguntungkan, menyenangkan serta membuka wawasan baru bagi saya. Selain itu, saya bisa mendapat uang saku untuk disimpan/ditabung.
Saya sekarang belum mempunyai pekerjaan sambilan tetapi saya sudah bekerja secara sukarela dengan RSPCA dan Collingwood Childrens Farm. Pilihan ini baik untuk memperoleh pengalaman maupun untuk berkenalan dengan teman-teman baru melalui jejaringan sosial yang dipanggil tempat kerja. 

33

Berapa jam seminggu Anda bekerja?

Waktu bekerja sukarela dengan RSPCA, saya bekerja sekali setiap dua minggu, selama empat jam.
Saya hanya bekerja sukarela dengan Collingwood Childrens Farm selama seminggu, dan bekerja dengan jumlah tiga puluh lima jam selama minggu itu.

34

Mengapa Anda bekerja?

Saya bekerja sukarela dengan RSPCA dan Collingwood Childrens Farm karena ini memberikan saya pengalaman yang saya perlu kalau ingin menjadi seorang dokter hewan.
Selain itu, pekerjaan ini dianggap menyenangkan dan berguna serta pengalaman ini dapat digunakan sebagai batu loncatan bagi masa depan saya.

35

Apa yang Anda lakukan di pekerjaan itu?

Di RSPCA saya memberi makan anjing dan kucing, mengajak anjing untuk berjalan dan membersihkan kadang mereka.
Di Collingwood Childrens Farm saya memberi makan kuda, babi, domba, kambing, babi guinea, ayam dan kucing. Selain itu, saya juga memerah sapi, membantu mengadakan tur pertanian dan juga memberi anak sapi minum dengan menggunakan botol.

36

Anda ingin menjadi apa?

Sewaktu kecil saya berangan-angan untuk menjadi seorang petani. Pada dewasa itu, saya sering pergi berkuda serta memelihara beberapa jenis binatang yang termasuk seekor kelinci dan seekor kura-kura darat. Pada pendapat saya, saya merupakan seorang pecinta binatang tetapi karena sekarang saya pikir bahwa saya semakin menjadi dewasa, pikirkan saya sudah berubah dan saya tidak ingin lagi menjadi seorang petani, malahan saya ingin menjadi seorang dokter binatang.

37

Apa cita-cita Anda?

Pada saat ini, cita-cita saya sangat jelas. 
Terus terang, pada pendapat saya, saya seorang pecinta binatang dan oleh karena itu setelah tamat sekolah, saya ingin melanjutkan pendidikan saya di 'Universitas Melbourne' atau ‘Universitas Sydney’. 
Mudah-mudahan, di sana, saya bisa berkuliah untuk bekerja sebagai seorang dokter hewan dan mendapat gelar sarjana Kedokteran Hewan.
Cita-cita terutama saya adalah untuk memelihara banyak binatang peliharaan di salah satu rumah kecil di dekat pantai, sambil mengadakan perjalanan dunia.

38

Kalau Anda lulus ujian VCE, Anda ingin bekerja atau kuliah?

Kalau lulus semua ujian saya dengan nilai-nilai baik, pertama saya ingin berkuliah, kemudian bekerja.
Pertama-tama saya ingin berkuliah untuk mendapat gelar sarjana kedokteran hewan sambil mempunyai pekerjaan paruh waktu seperti di salah satu toko atau melayani tamu-tamu atau langganan di restoran.
Mudah-mudahan sesudah tamat dari universitas, saya dapat bekerja sebagai seorang dokter binatang di salah satu klinik dokter hewan

39

Mengapa Anda ingin menjadi seorang dokter binatang?

Terus terang pak, menurut pendapat saya dan semua teman dan keluarga saya, saya adalah seorang pecinta binatang dan cinta semua hewan baik yang besar maupun kecil.
Oleh karena itu, saya ingin mengabdikan kehidupan saya untuk membantu makhluk yang indah ini.

40


Kapan ujian terakhir Anda?

Ujian terakhir saya adalah Bahasa Indonesia, yang akan diadakan pada pertengahan bulan November.

41

Bagaimana cuaca hari ini?

Cuaca hari ini mendung dan dinging sekali. Oleh karena itu, saya memakai dua jacket.....
Untunglah Ibu saya mengantar saya ke sini supaya saya tidak harus naik bis.

42

Apakah Anda memelihara binatang peliharaan di rumah?

Ya, keluarga saya memelihara dua ekor binatang peliharaan yang terdiri dari seekor anjing serta seekor kucing. Anjing saya bernama Kai dan berumur satu tahun. Kucing saya bernama Molly. Molly berumur delapan tahun. Kami juga sudah memelihara seekor kucing yang lain, yang bernama Charlie tetapi, sayang sekali, dia menjadi kehilangan pada bulan Desember. Kami pikir bahwa dia meninggal dunia waktu terbunuh oleh seekor rubah yang sering ditemukan di dekat rumah kami.

43

Bagaimana hubungan Anda dengan keluarga Anda?

Hubungan saya dengan keluarga saya baik sekali. Keluarga saya merupakan suatu keluarga yang bahagia, rukun dan terbuka.  Kalau di antara kami ada masalah-masalah atau isu-isu pribadi kami selalu saling menasehati dan membatu untuk memecahkannya.

44

Apakah Anda pernah menghadiri pesta pernikahaan dari keluarga baik dari pihak bapak maupun dari pihak ibu? Bagaimana upacara pernikahan tersebut?

Ya, saya sudah menghadiri pesta pernikahan dari banyak paman dan bibi. Saya menghadiri pesta pernikahan bibi saya sebagai seorang gadis bunga, dan itu sangat menyenangkan dan mengesankan karena selain baik pengantin laki-laki maupun pengantin perempuan menjadi perhatian para tamu, saya juga menjadi pusat perhatian para tamu.

45

Apa tugas-tugas Anda di rumah?

Tugas-tugas saya di rumah termasuk mengajak anjing saya untuk berjalan serta memberi makan semua binatang peliharaan kami. Selain itu, saya harus membersihkan kamar tidur saya setiap hari dan kadang-kadang saya membantu ibu dengan tugas-tugas yang lain.

46

Apakah Anda selalu mengerjakan PR?

Ya, kebanyakan waktu saya selalu mengerjakan PR. PR saya sulit sekali dan saya dari waktu ke waktu harus mendapat bantuan dari guru-guru saya. Untunglah semua guru di sekolah saya bersedia membantu setiap saat. Oleh karena itu mengerjakan PR membantu saya belajar untuk menghadapi ujian-ujian saya.

47

Bagaimana seragam sekolah Anda?

Seragam sekolah saya tidak terlalu buruk. Itu berwarna biru, merah dan hijau tetapi masih tidak nyaman. Saya tidak suka memakai seragam sekolah saya, tetapi semua siswa siswi harus memakainya. Ada baik seragam sekolah untuk musim panas maupun untuk musim dingin. Pada pendapat pribadi saya, saya lebih suka memakai seragam musim panas karena itu lebih nyaman.

48

Apakah Anda membeli makanan dari kantin atau membawanya dari rumah? Mengapa?

Saya membawa makanan saya dari rumah karena saya adalah orang yang hanya makanan sayur-sayuran. Oleh karena itu, tidak ada banyak makanan pilihan di kantin. Lagi pula, kebanyakan makanan yang dijual di kantin tidak bergizi dan saya lebih suka membawa makanan siang saya dari rumah

49

Mengapa Anda memilih belajar di sekolah Anda?

Saya memilih belajar di sekolah ini karena kakak perempuan saya ikut sekolah ini waktu dia duduk di kelas tujuh. Sesudah itu, orang tua saya mendaftarkan saya di sekolah ini. Saya suka sekolah ini dan mempunyai beberapa teman di sini. Pada pihak lain , sekolah ini menawarkan banyak mata pelajaran yang bersifat akademis, semua sarana yang terdapat di sekolah ini modern dan semua guru berpengalaman dalam bidangnya masing-masing dan suka membantu murid-muridnya yang mengalami kesulitan dalam mata pelajarananya

50

Apa yang Anda lakukan pada waktu istirahat di sekolah?

Pada waktu istirahat di sekolah, saya sering kali bertemu dengan teman saya dan bercakap-cakap sambil makan makanan siang saya. Kadang-kadang saya ke perpustakaan dan membaca buku atau mengerjakan PR.

51

Apakah Anda lebih suka berbelanja dengan keluarga atau dengan teman-teman Anda, mengapa?

Saya lebih suka berbelanja dengan keluarga saya. Saya suka menghabiskan waktu dengan keluarga saya yang saya cintai dan sayangi dan mereka selalu memberi pendapat yang sejujur-jujurnya waktu berbelanja sehingga saya tidak menghabiskan uang untuk membeli barang yang akhirnya membuat saya kecewa.

52

Bagaimana pergaulan Anda selama ini dengan teman-teman Anda?

Pergaulan saya selama ini dengan teman-teman saya baik dan rukun sekali. Saya hanya mempunyai beberapa teman di sekolah tetapi kebanyakan teman saya yang paling baik dan akrab dari luar sekolah. Kami bertemu sekali-sekali dan makan di restoran atau ke bioskop bersama.

53

Apakah teman-teman akrab Anda kebanyakan dari sekolah atau luar sekolah?

Teman-teman akrab saya kebanyakan dari luar sekolah. Kebanyakan teman saya dari Canberra dan Sydney karena saya mengenal baik mereka maupun keluarga mereka semenjak kanak-kanak.

54

Apakah Anda sering menghadiri pesta ulang tahun kawan-kawan Anda?

Ya, saya sering menghadiri pesta ulang tahun kawan-kawan saya. Pada hari kerja biasanya saya sangat sibuk untuk mempersiapkan diri saya dengan test-test yang diadakan di sekolah dan pekerjaan sekolah dan oleh karena itu, saya suka menghadiri pesta pada akhir minggu untuk bertemu dengan teman-teman dan bersantai.

55

Masalah apa yang Anda hadapi ketika Anda mulai belajar bahasa asing?

Meskipun belajar bahasa asing sangat berguna dan menarik, ada juga beberapa masalah yang saya hadapi. Ini termasuk kesukaran waktu berhubungan dengan orang pribumi oleh karena kebudayaan yang perbedaan. Selain itu, kaidah tata bahasa, pengucapan, banyak kosa kata yang harus dihafalkan, mendengar dan lain-lain. Akan tetapi, kalau semua kendala ini dapat ditanggulangi saya yakin belajar bahasa asing tidak merupakan suatu masalah lagi.

56

Tempat-tempat apa yang sudah Anda kunjungi di Australia? Apa yang menarik tentang tempat-tempat itu?

Saya sudah tinggal di Mount Gambier dan Sydney di Australia. Mount Gambier dikelilingi dengan pemandangan yang indah sekali dengan banyak perkebunan dan danau, seperti Blue Lake. Sydney sangat ramai dengan banyak kesempatan untuk berbelanja dan mencuci mata. Saya juga sudah mengunjungi Queensland, Perth, Canberra, Tasmania dan lain-lain. Jika ada kesempatan di masa depan, saya ingin mengunjungi Northern Territory.

57

Sewaktu kecil Anda berangan-angan untuk menjadi apa?

Sewaktu kecil saya berangan-angan untuk menjadi seorang petani. Pada dewasa itu, saya sering pergi berkuda serta memelihara beberapa jenis binatang yang termasuk seekor kelinci dan seekor kura-kura darat. Pada pendapat saya, saya merupakan seorang pecinta binatang tetapi karena sekarang saya sudah menjadi dewasa pikirkan saya sudah berubah dan saya tidak ingin lagi menjadi seorang petani, malahan saya ingin menjadi seorang dokter binatang.

58

Apakah Anda pernah merasa berputus asa bila menghadapi suatu persoalan atau masalah dan Anda tidak berdaya untuk mengatasinya? Bagaimana Anda memecahkan persoalan tersebut?

Ya, sekali-sekali saya pernah merasa seperti itu. Tetapi kalau saya menghadapi suatu persoalan atau masalah yang ruwet atau rumit, saya berbicara dengan guru atau orang tua saya dan mereka membantu untuk memecahkannya dan mengatasinya.

59

Pernahkah Anda menonton filem Indonesia? Tolong ceritakan secara singkat.

Ya, saya sudah menonton film Indonesia di sekolah saya. Saya sudah menonton "Ada apa dengan Cinta" seri pertama dan kedua, dan "Rumah tanpa jendela". Menonton film ini menyenangkan sekali dan juga berguna karena itu membolehkan saya untuk berlatih Bahasa Indonesia saya baik dalam bidang tata bahasa maupun latihan mendengar walaupun di film itu kadang kadang terdapat banyak menggunakan bahasa pergaulan antara remaja. Sejalan dengan itu, sebagai persiapan untuk ujian ini, saya menyewa sebuah DVD setiap minggu dari guru bahasa Indonesia saya, dan oleh karena itu sudah menonton beberapa jenis filem Indonesia.

60

Apakah Anda sudah pernah pergi ke manca negara?

Saya suka sekali bepergian dan oleh karena itu, saya sudah pernah mengadakan perjalanan ke beberapa manca negara.
Saya berasal dari Sri Lanka dan karena itu, saya mengunjungi negeri itu sekali setiap dua tahun. 
Negeri itu indah sekali dan cuaca selalu baik dan lembab, walaupun saya kehujanan kalau saya ke Sri Lanka di bulan Desember. 
Saya juga sudah pernah ke Singapura, Malaysia, Selanda Baru, Perancis, Swiss, Jerman dan Inggris. Mudah-mudahan saya akan mengunjungi negara Indonesia pada masa depan, sesudah saya tamat sekolah.

61

Bayangkan Anda mendapat hadiah sebesar sejuta dolar. Apa yang Anda lakukan dengan uang ini?

 Kalau saya mendapat hadiah sebesar itu, tanpa ragu ragu saya akan memberi uang semuanya itu untuk orang yang hidup dibawah garis kemiskinan. Semua uang itu tidak diperlukan oleh keluarga saya, dan oleh karena itu saya tahu ada keluarga yang lain yang lebih perlu uang itu untuk menghidupi keluarganya daripada saya. Saya juga ingin sumbangkan bagian uang ini kepada pemerintah yang terdapat di sekitar seluruh dunia, untuk membantu menciptakan perdamain dunia, khususnya oleh karena semua yang sekarang terjadi di dunia termasuk serangan terroris yang terkena wanita, pria dan anak yang tidak berdosa.

62

Seandainya cita-cita Anda tidak tercapai, Anda ingin menjadi apa?

Angan-angan saya yang utama adalah, saya ingin bekerja sebagai seorang dokter hewan, tetapi kalau cita-cita ini tidak tercapai, saya ingin berkuliah untuk bekerja sebagai seorang juru rawat binatang sambil bekerja sukarela dengan RSPCA karena sejak kecil saya selalu suka sekali binatang dan kesukaan ini sudah mendarah daging ditubuh saya.

63

Apa cita cita jangka pendek dan cita cita jangka panjang Anda?

Cita cita jangka pendek saya termasuk lulus ujian saya di kelas 12 dengan nilai-nilai yang baik. Pada saat ini, cita-cita jangka panjang saya sangat jelas. Terus terang, pada pendapat saya, saya seorang pecinta binatang dan oleh karena itu setelah tamat sekolah, saya ingin melanjutkan pendidikan saya di 'Universitas Melbourne' dan ‘Universitas Sydney’. Mudah-mudahan, di sana, saya bisa berkuliah dan setelah lulus berkuliah ingin bekerja sebagai seorang dokter binatang dan mendapat gelar sarjana Kedokteran Hewan. Sesudah itu, saya ingin mengadakan perjalanan di sekeliling dunia dengan keluarga saya dan teman saya. 

64

Apa suka dukanya belajar Bahasa Indonesia?

Belajar Bahasa Indonesia sangat menyenangkan dan juga berguna sekali. Penguasaan ketrampilan khusus ini bisa memberi kesempatan untuk mencari pekerjaan, memperluas wawasan saya dan juga dapat mengatasi “benturan budaya”. Saya juga ingin mengunjungi negara Indonesia pada masa depan dan oleh karena ini saya mau belajar Bahasa ini dan menjadi lancar dalam bahasa Indonesia.