UKDI 4 Flashcards Preview

UKMPPD MALAHAYATI > UKDI 4 > Flashcards

Flashcards in UKDI 4 Deck (198):
1

1.Seorang laki-laki berusia 30 tahun dibawa keluarganya ke UGD rumah sakit dengan keluhan diare.keluhan dirasakan sejak sehari yang lalu.pada pemeriksaan fisik di dapatkan,tekanan darah 70/palpasi,frekuensi nadi lemah 30kali/menit,frekuensi napas 28 kali/menit,dan suhu tubuh 36 derajat celcius.selain itu,ditemukan mata cekung dan turgor jelek.apa jenis syok yang dialami pasien ini?
a.neurogenik
b.Anafilaktik
c.septik
d.kardiogenik
e.hipovolemik

pembahasan: syok adalah sindroma klinis yang disebabkan karena perfusi jaringan yang tidak adekuat.diare berat dapat menyebabkan dehidrasi sehingga menyebabkan plasma darah menurun.kemudian, terganggunya sistem sirkulasi akibat volume darah dalam pembuluh darah yang berkurang karena pendarahan masif atau kehilangan plasma darah disebut syok hipovolemik.(e)

2

2.seorang laki-laki berusia 45 tahun datang ke dokter praktik dengan keluhan sakit kepala.pasien mempunyai riwayat ulkus peptikum,pada pemeriksaan fisik di dapatkan,tekanan darah 170/100 mmHg,sedangkan lainnya dalam batas normal.pemeriksaan laboratorium darag didapatkan adanya hiperkolestrolemi.pasien memberikan terapi antihipertensi dan hipolipidemik.satu minggu kemudian,pasien kembali dengan keluhan batuk kering sehingga tidak dapat tidur.apakah obat anti hipertensi yang paling mungkin diberikan pada kunjungan pertama?
a.hidroklorotiazid
b.atenolol
c.captopril
d.amlodipin
e.reserpin

pembahasan: a.hidroklorotiazid (thiazide diuretics). diuretik memperburuk profil serum lipid dan mengganggu toleransi glukosa sehingga dapat menambah risiko penyakit koroner.
b.atenolol(BBs).B-adrenoceptor-blocking agents sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah pada hipertensi ringan dan sedang.
c.captopril(ACEIs).efek samping semua jenis ACE inhibitors antara lain:
acute renai failure (terutama sekali pada pasien dengan stenois arteri renal bilateral atau salah satu ginjal)
.hyperkalemia
.batuk kering dan kadang kadang disertai wheezing
.angioedema
d.amlodipin (CCBs-dihydropyridines).efektif untuk mengatasi hipertensi ringan
e.reserpin (central alpha-2 agonists and other centrally acting drugs).efek sampling reserpin antara lain:
.the brain
.gastrointestinal tract.sering menimbulkan diare sedang dan kram pada gas triointestinal,serta meningkatkan sekresi asam lambung.obat ini sebaiknya tidak diberikan pada pasien dengan riwayat ulkus peptikum (c)

3

3.Seorang ibu muda membawa bayinya yang berusia 7 ulan untuk imunisasi di rumah sakit tempat ia melahirkan. Ibu tersebut ingat jadwal imunisasi. Tapi Karena kesibukannya, ia lupa jadwal selanjutnya satu bulan yang lalu. Vaksin yang boleh diberikan verama saat ini adalah...
a.Hepatitis B-3, Polio -3, DTP-3, dan HIB-3
b.Hepatitis B-3, Polio -3, dan DTP-3
c. Hepatitis B-2, Polio -3 DTP-3, dan HIB-3
d. Hepatitis B-2, Polio -3, dan DTP-3
e. Poio -3 dan HIB-3

Kunci Jawaban: A. (Rekomendasi Ikatan Doter Anak Indonesia (IDAI), 2008)

4


4.seorang mahasiswa kedokteran sedang mengikuti operasi section caesaria.matanya terciprat darah pasien. mahasiswa tersebut pernah booster hepatitis b setahun tahun sebelum kepaniteraan.yang dilakukan mahasiswa tersebut saat ini adalah?
a. meminta suntikan HBIg
b.meminta suntikan vaksin dan hepatitis b
c.meminta suntikan HBIg dan hepatitis b
periksa anti-HBs
e.tak perlu profilaksis

pembahasan: saat ini booster imunisasi hepatitis b secara rutin tidak direkomendasikan,kecuali pada orang imunosupresi yang tidak terdeteksi anti-HBs.dosis booster direkomendasikan ketika anti-HBs levels

5

5. Seorang wanita berusia 20 tahun datang ke dokter umum dengan keluhan utama nyeri kepala. Pada pemeriksaan fisik conjunctiva anemis (+), sclera ikterik (-), dan splenomegali schufner 3. Pada hasil laboratorium didapatkan, Hb 8 gr/dl, LED 24 mm, leukosit 70000/mm, hematkrit 25 vol, MCV 25 pg. Diagnosis yang paling mungkin pada pasien tersebut adalah...
a.Anemia normokrom normositik
b.Anemia normokrom mikrositik
c.Anemia hipokrom mikrositik
d.Anemia hipokrom makrositik
e.Anemia normokrom makrositik

pembahasan:
Tipe anemia dapat ditentukan dengan melihat index eritrosit (MCV,MCH,MCHC).Berikut ini tabel analisisnya:
Indeks Eritrosit Pemerisaan fisik Normal Analisis
MCV 78 fl 82-98 fl / 90 ± 8 fl MCV normal = Makrositik
MCH 25 pg 27-33 pg / 30 ± 3 pg MCH = MCV
MCHC
(Hb/hematokrit x 100 32 32.3-35.9 g/dl MCHC

6

6. sesorang anak laki-laki berumur 6 tahun di bawak ibunya ke dokter praktik umum dengan keluhan panas badan,batuk,pilek dan nyeri tenggorokkan sejak dua hari yang lalu.pada pemeriksaan fisik ditemukan,tonsil membesar dan hiperemis.lalu,anak tersebut diberikan suntik penisilin 300.00 unit intramuscular.beberapa saat kemudian anak mual,nyeri perut,gatal,dan keluar air mata.pasien tampak sianosis,akral dingin,nadi cepat,dan hipotensi.akhirnya,diberilah injeksi adrenalin.apakah tujuan tindakan tersebut?
a.meningkatkan tekanan darah
b.mempertahankan perfusi ke ginjal
c.meningkatkan respirasi
d.melebarkan bronkus
e.menghilangkan gatal

pembahasan: pengobatan anafilaksis: munculnya reaksi anafilaksis wajib diketahui sejak awal.sebab,beberapa menit atau beberapa jam setelahnya dapat menimbulkan kematian.
gejala ringan seperti pruritus dan urtikaria dapat diatasi dengan 0,3-0,5 ml adrenalin/epinefrin 1:1000 (1,0 mg/ml) SC atau IM. dengan dosis ulangan selama interval 5-20 menit pada reaksi yang parah.gejala reaksi anafilaksis yang parah antara lain,hipoksia karena obstruksi jalan napas dan atau timbulnya cardiac arrhythmia.kemudian,epinephrine memberikan efek alfa dan beta adrenergic ,antara lain:
.vasokonstriksi
.bronkodilator (melebarkan bronkus)
meningkatkan permeabilidad venular
(D)

7

7.seorang bayi berumur 2 minggu dibawah orang tuanya ke dokter dengan kondisi testis membesar.saat bayi tersebut,menangis,testisnya membesar.ibu bayi mengatakan bayi tersebut badannya panas dan pada pemeriksaan didapat suhu 38 derajat.lalu,testis berwarna merah dan jika dipegang terasa lebih sakit.apa diagnosanya?
a.radang testis
b.torsio testis
c.necrosis testis
d.hernia inguinalis
e.hernia incaserata

pembahasan: terbuka otot dinding perut yang menyebabkan sebagian usus terdorong ke daerah lipat paha atau kantung kemaluannya disebut hernia inguinalis.gejala-gejala hernia inguinal diantaranya bayi rewel karena kesakitan,bayi tidak mau menyusu atau makan (bahkan sering muntah,bayi tidak bisa buang air besar,dan lama-lama (A)

8

8. Seorang perempuan berusia 50 tahun datang dengan keluhan merasa baal pada kedua tangan dan kaki. Dari hasil pemeriksaan didapatkan, tekanan darah 130/90 mmHg, trigliserid 300 mg/dl, dan kolestrol 450 mg/dl. Obat yang paling tepat untuk pasien adalah ..
a. Kolestiramin
b. Simvastatin
c. Kenovibrat
d. Kolesefelam
e. Kolestipal

Pembahasan:
Table pemeriksaan fisik:
Pemeriksaan Fisik Keterangan Analisis
TD 130/90 mmHg ? 130/?85 mmhg ? factor resiko sindroma metabolic Factor resiko sindroma metabolic(+)
TG 300 mg/dl 30.200 mg/dl (0.34.2.26 mmol/L) TG pasien tinggi
KOLESTROL 450 mg/dl Normal 240 mg/dl (6.21 mmol/L) Kolestrol pasien tinggi
Table obat
Obat Mekanisme Efek samping
Kolesteramin ?ekskresi asam empedu dan reseptor LDL Kembung, kontipasi dan meningkatkan TG
Simvastatin ?sintesis kolestrol,
?reseptor LDL di hepatic
?produksi VLDL Mialgia, atralgia, meningkatkan transaminase dan dyspepsia
Kenofibrat ?LDL ?sintesis VLDL Mialgia, atralgia, meningkatkan transaminase dan batu empedu
Kolesefelam ?ekskresi asam empedu dan reseptor LDL Kembung, konstipasi dan meningkatkan TG
Kolestipal Kembung, konstipasi dan meningkatkan TG Kembung, konstipasi dan meningkatkan TG
Berdasarkan table pemeriksaan fisik dan table obat maka obat yang sesuai untuk pasien tersebut adalah simvastatin. Sebab pada pemeriksaan fisik didapatkan kadar TG dan kolestrol yang tinggi pada pasien. Sedangkan simvastatin kerjanya adalah menurunkan sintesis kolestrol dan meningkatkan reseptor LDL serta menurunkan produksi VLDL.
Kunci jawaban : B. (harrison’s principles of internal medicine,17th ed., chapter 350. Disorders of lipoprotein metabolism)

9

9. Seorang laki-laki berusia 42 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan merasa nyeri pinggang bawah setelah mengangkat koper. Nyeri menjalar ke tungkai kanan dan kesemutan pada tungkai kanan. Nyeri meningkat bila batuk, bersin dan mengejan. Lesinya terdapat di…
a.L1-2
b.L2-3
c.L3-4
d.L4-5
e.L5-S1

Pembahasan :
Pasien dengan unilateral dan bilateral maka nyeri asimetris terdapat pada gluteus, paha, kaki. Terkadang disertai tanda neurologic, antaraa lain mati rasa, reflex, berkurang atau tidak ada. Persis setelah melakukan aktivitas dan nyeri meningkat jika batuk, bersin dan mengejan. Hal tersebut merupakan tanda dan gejala pasien penyakit lumbosakral disk (L5-S1).
Kunci jawaban : E.(localization in clinical neurology,5th edition, chapter 4: spinal nerve and root).

10

10. Seorang perempuan berusia 25 tahun dengan pekerjaan sebagai artis mengalami penganiayaan memar dipipi dan luka robek diwajah 5 X 1 X 1 cm. Ia mempunyai bakat keloid dan mendatangi UGD untuk dibuatkan visum. Laporan visum apakah yang cocok untuk membuat tuntutan kepada penganiaya si artis?
a. Luka ringan
b. Luka yang berharap kesembuhan
c. Luka yang menimbulkan cacat tetap
d. Luka yang menghambat pekerjaan sehari hari
e. Gangguan jiwa

Pembahasan :
Kualifikasi luka antara lain :
1. KUHP pasal 352
Penganiayaan yang tidak menimbulkan penyakit atau halangan untuk menjalankan pekerjaan jabatan atau mata pencaharian
2. KUHP pasal 351 ayat 1
Penganiayaan yang menimbulkan penyakit atau halangan untuk menjalankan pekerjaan jabatan atau mata pencaharian
3. KUHP pasal 90 ayat 2
Penganiayaan yang menimbulkan luka berat
Kata penganiayaan merupakan istilah hokum yang tidak dikenal di istilah kedokteran. Karena biasanya penganiayaan menimbulkan luka maka dalam kesimpulan visum et repertum, kata penganiayaan diganti dengan kata luka .
Dalam kasus ini, penganiayaan terjadi pada seorang artis sehingga menimbulkan luka pada wajahnya. Padahal, bagi seorang artis, diwajah merupakan ‘media’ dalam melaksanakan pekerjaannya. Akhirnya, luka yang terdapat pada wajah tersebut dalam visum et repertum ditulis sesuai dengan KUHP pasal 351 ayat 1, yakni luka yang menimbulkan penyakit atau halangan untuk menjalankan pekerjaan atau mata pencaharian.
Kunci jawabaan : D. (ilmu kedokteran forensic dan medikolegal FK UNAIR, edisi keempat, hal. 260)

11

11. Seorang wanita berusia 32 tahun datang ke UGD dengan keluhan utama
nyeri perut mendadak sampai pingsan di rumah. Keluhan ini dirasakan
sejak pagi hari. Ada riwayat terlambat haid dua bulan. Lalu, si wanita
belum memiliki anak selama enam tahun pernikahannya. Setelah itu,
keadaan lemah dan keluhan juga dirasakan samapi pasien pingsan. Pada
pemeriksaan fisik, didapatkan tekanan darah 100/70 mmHg, nadi 80
kali/menit, frekuensi nafas 20 kali/menit, dan temperatur 36,0?C, ada
nyeri tekan pada abdomen. Pasien datang ke rumah sakit diantar oleh
suami. Kemudian, kakak kandung pasien datang dan menanyakan tentang
sakitnya pasien. Ketika kakak kandung si pasien meminta informasi
mengenai kondisi adiknya, sikap anda sebagai dokter adalah...
a. Dokter boleh menceritakan hal umum apa saja
b. menceritakan hal khusus
c. menceritakan dengan bahasa medis
d. menceritakan dengan selengkap-lengkapnya
e. tidak menceritakan informasi apapun

Pembahsasan:
Kode etik kedokteran indonesia (KODEKI) pasal 12 menjelaskan bawah
setiap dokter, wajib merahasiakan sesuatu yang diketahuinya tentang
seorang pasien. Bahkan setelah pasien tersebut meninggal dunia. Dokter
hanya memperbolehkan kondisi pasien hanya pada pasien sendiri, kecuali
pada pasien yang kurang kompeten (misalnya gangguan jiwa, belum cukup
umur, atau tidak sadarkan diri). Dalam kondisi pasien yang kurang
kompeten pun, dokter hanaya boleh menginformasikan kondisinya pada
orang tua atau anggota keluarga yang bertanggung jawab atas diri si
pasien.
Jawaban: E. (kode etik kedokteran indonesia dan pedoman pelaksanaan
kode etik kedokteran indonesia, hal. 34)

12

12. anak perempuan berusia 12 tahun pergi ke dokter, ia mengeluh
keluar tinja dari vaginanya. Diagnosis kasus diatas adalah...
a. astresia ani d. Fistula rekourethra
b. astresia vagina e. Fistula rektovagina
c. fistula urethrovagina

pembahasan:
pasien mengeluh keluar tinja dari vagina. Padahal, secara normal feses
seharusnya dikeluarkan melalui rektum. Hal ini disebabkan karena
adanya hubungan antara rektum yang dengan vagina. Adanya hubungan atau
saluran abnormal antara rektum dan vagina disebut fistula rektovagina
jawaban: E. (jurnal BMC surgery 1471-2482, “laparoscopic repair og
high rectovaginal fistula: is it technically feasible?”)

13


13. anak 10 tahun dibawa ibunya ke RS karena digigit anjing. Dokter
merawat dan membersihkan lukanya. Tindakan yang dilakukan selanjutnya
adalah...
a. mencari anjing untuk di autopsi
b. vaksinasi rabies
c. vaksinasi rabies dan memberikan serum antirabies
d. observasi keadaan anak laki-laki
e. melaporkan kedinas kesehatan

pembahasan:
setiap ada kasus gigitan hewan menular rabies harus ditangani dengan
cepat dan sesegera mungkin. Untuk mengurasi atau mematikan virus
rabies yang masuk pada luka gigitan, usaha yang paling efektif ialah
mencuci luka gigitan dengan air (sebaiknya air mengalir) dan sabun
atau deterjen selama 10 -15menit. Kemudian, diberi antiseptik (alkohol
70 %, betadine, obat merah, dan lain-lain). Meskipun pencucian luka
menurut keterangan penderita sudah dilakukan. Namun, di puskesmas
pembantu, puskesmas, atau rumah sakit harus dilakukan kembali hal
seperti di atas. Luka gigitan tidak dibenarkan untuk dijahit, kecuali
jahitan situasi. Bila memang perlu sekali untuk dijahit (jahitannya
jahitan situasi), berilah serum anti-Rabies (SAR) sesuai dengan dosis.
Disuntikan secara infiltrasi di sekitar luka sebanyak mungkin dan
sisanya disuntikan secara intramuskuler. Disamping itu harus
dipertimbangkan perlu tidaknya pemberian serum atau vaksin
antitetanus, antibiotik untuk mencegah infeksi dan pemberian
analgetik.
Jawaban: C. (rabies management guidelines, 2005, hal. 17-23)

14

14. seorang anak berusia 6 tahun datang ke tempat praktik dokter
dengan keluhan perdarahannya sulit berhenti jika terluka. Dari
pemeriksaan laboratorium didapatkan bleeding time normal, PPT normal,
dan aPPT memanjang. Jika anak akan di transfusi apa yang tepat untuk
diberikan?
a. PRC
b. fresh frozen plasma
c. washed red cell
d. whole blood
e. criopresipitate

pembahasan:
pada anak ditemukan gejala klinis dari hemofilia, yaitu adalah
keluhan jika terluka perdarahan sulit berhenti dan pemeriksaan
laboratorium dengan aPPTmemanjang. Pada tata laksana umum perlu
dihindari trauma. Pada masa bayi lapisi tempat tidur dan tempat
bermain dengan busa. Awasi anak dengan ketat saat belajar berjalan.
Saat anak semakin besar perkenalkan dengan aktivitas fisik yang tidak
berisiko trauma. Hindari obat yang mempengaruhi fungsi platelet dan
dapat mencetuskan perdarahan seperti aspirin, dan lain-lain. Terapi
pengganti dilakukan dengan memberikan fresh frozen plasma (FFP) atau
konsentrat faktor IX
jawaban: B. ( kapita selekta kedokteran jilid III edisi kwtiga, hal. 449)

15

15. seorang wanita datang ke dokter dengan keluhan sering keputihan .
riwayat menikah pada usia 16 tahun. Sampai saat ini, dirinya telah
menikah sebanyak tiga kali dan mempunyai tujuh orang anak, pemeriksaan
VT: keputihan(+) dan portio licin (+). Diagnosa yang tepat pada kasus
ini adalah...
a. bartolinitis
b. endometriosis
c. ca cervik
d. cervilitis
e. vaginatis

pembahasan:
gejala yang sering ditemukan pada ca cervik adalah keputihan. Getah
yang keluar melalui vagina ini semakin lama berbau busuk akibat
infeksi dan nekrosis jaringan. Kejadiannya mempunyai hubungan serat
dengan sejumlah faktor ekstrinsik. Di pada gadis yang koitus pertama
(coitarche) dialama pada usia muda (

16

16. seorang perempuan berusia 18 tahun datang dengan keluhan utama
adanya cairan berwarna kekuningan yang keluar dari vagina. Dari
pemeriksaan dalam didapatkan serviks eritematosa. Pemeriksaan
mikroskopik didapatkan adanya discharge viscous sebaran leukosit.
Apakah diagnosa yang paling mungkin?
a. nescherisia gonorrhea
b. clamidya trachomatis
c. candida albicans
d. ereaplasma ureulyticum
e. bacterial vaginosis

pembahasan:
discharger (duh tubuh atau cairan) yang jkeluar dari vagina antara
lain disebabkan oleh candida albicans, bacterial vaginosis,
trichomoniasis, foregein body, dan senile charge. Pada candida
calbicans dan trichomoniasis, duh tubuh atau cairan berwarna
kekuningan. Sedangkan, pada bacterial vaginosis ditemukan duh tubuh
vagina berwarna abu-abu, homogen, dan berbau.
Jawaban: C. ( ilmu penyakit kulit dan kelamin FK UI, edisi 5, hal
107, 384, dan 388)

17

17. seorang perempuan berusia 20 tahun, datang dengan keluhan utama
keluarnya cairan dari vagina. Pasien tidak memiliki faktor risiko
infeksi menular seksual. Tidak gatal hebat pada kemaluan. Diagnosis
yang tepat adalah?
a. servisitis gonorea
b. servisitis klamidia
c. vaginosis bakterial
d. vaginatis candida
e. trikomonas vaginalis

pembahasan:
wanita dengan vaginosis bakterial akan mengeluh adanya duh dari
vagina yang ringan atau sedang dan berbau tak enak (amis). Hal
tersebut dinyatakan oleh penderita sebagai satu-satunya gejala yang
tidak menyengnangkan. Iritasi daerha vagina atau sekitar vagina (gatal
dan rasa terbakar)jika ditemukan, lebih ringan daripada yang
disebabkan trichomonas vaginalis atau candida albicans
jawaban: C (ilmu penyakit kulit dan kelainan FK UI, edisi 5 hal. 388)

18


18. wanita berusia 50 tahun mengeluh bruntus-bruntus di atas dada
kanan, nyeri dan sebelumnya pernah terkena varicela. Pemeriksaan fisik
vesikel dab pustule bergerombol unilateral. Komplikasi apa yang bisa
didapatkan?
a. hemiparesis
b. pneumoni
c. glomerulonefritis
d. osteomyelitis
e. neuralgia pascaherpetik

pembahasan:
varisela adalah infeksi akut primer virus varisela zoster. Rektivasi
virus setelah penderita mendapat varisela disebut herper zoper. Daerah
yang paling sering terkena adalah daerah torakal, walaupun
daerah-daerah lain tidak jarang. Gejala prodromal lokal antara lain,
nyeri otot tulang, gatal, pegal dan sebagainya. Setelah itu timbul
eritema dalam waktu singkat menjadi vesikel yang berkelompok dengan
dasar kulit yang eritematosa dan edema. Lokalisasi penyakit ini adalah
unilateral dan bersifat dermatomal sesuai tempat persarafan.
Komplikasi yang dapat timbul adalah neuralgia pascaherpetik.
Jawaban: E. (ilmu penyakit kulit dan kelamin FK UI, edisi 5, hal)

19

19. Mahasiswa datang ke dokter praktik umum dengan keluhan gatal pada kedua jempol kaki dan diantara dan diantara jari kaki kiri.Pada pemeriksaan diambil specimen tampak hifa.Diagnosis yang paling mungkin adalah..
a.Candidiasis d.T.nigra
b.Tenia korporis e.T.cruris
c.T.pedis

Pembahasan :
Ditemukannya hifa pada pemeriksaan specimen menunjukkan adanya penyakit jamur.Keluhan pada pasien menunjukan tanda-tanda dari tinea pedis,yaitu dermatofitosis pada kaki,terutama pada sela-sela jari dan telapak kaki.
Jawaban : C (Ilmu penyakit kulitdan kelamin FK UI,edisi 5,hal 93

20

20. Seorang pria berusia 18 tahundatang ke UGD rumah sakit dengan keluhan sakit mendadak di skotrum.Pada pemeriksaan tanda vital didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperature 36,0 °C. Pada pemeriksaan fisik ditemukan ,testis kiri membesar ,merah,letak lebih tinggi,dan posisi mendatar.Hasil pemeriksaan USG didapatkan kapur epidermis dan korda spermatika membesar dengan koreksi cairan di testis.Diagnosis pada pasien adalah..
a.Epididimoorkitis d.Tumor testis
b.Abses testis e.Hernia skrotalis
c.Torsio testis

Pembahasan :
Penyebab tersering sakit pada skrotum,antara lain torsio testis,torsio appendiks testis,dan epididimitis.Di antara ketiga penyebab tersebut,sakit mendadak di skrotumcditemukan pada torsio testis.Pemeriksaan pada torsio testis akan ditemukan antara lain :
- Nyeri mendadak,unilateral,dan menetap.
- Reflek kremaster negatif.
- Testis yang mengalami torsi letak lebih tinggi,asimetris,dan posisi mendatar.
- Khas terjadi pada neonatus dan postpubertas.Namun ,dapat juga terjadi padaorang dewasa

Jawaban : C (The Merck Manual,18th ed,section: Genitourinary Disorders; Subject : Approach to the Genitourinary Patient)

21

22. Seorang wanita berusia 56 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan utama keluar cairan putih dari kemaluan.Keluhan ini telah dirasakan sejak satu bulan yang lalu.Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg.nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperature 36,0°C.Pasien didiagnosis dokter dengan keganasan mulut rahim.Setelah mengetahui penyakitnya,pasien termenung sambil bertanya berulang-ulang.’’Apakah benar saya menderita keganasan?’’Tindakan dokter adalah..
a.Rujuk ke psikiater d.Sarankan pasien banyakaktivitas
b.Tes psikologi e.konseling individu
c.Sarankan pasien perbanyak ibadah

Pembahasan :
Saat pertsama kali diberitahu dokter tentang penyakitnya,pasienterkejut dan tidak percaya.Hal ini wajar ketika ada sesuatu yang mengejutkan terjadi disangkal.Maka hal yang harus dilakukan seorang dokter adalah melakukan konseling untuk memberikan informasi yang jelas tentang penyakitnya dan prognosis kesembuhan kepada pasien berdasarkan pemeriksaan yang ada.Dokter juga bersikap empati kepada pasien dan memberikan motivasi untuk sembuh.

JAWABAN : E. (Ikhtisar dan kesimpulan pemeriksaan psikiatri)

22

22. Seorang wanita berusia 56 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan utama ke luar cairan putih dari kemaluan. Keluhan initelah dirasakan sejak satu bulan yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,0 C. Pasien didiagnosis dokter dengan keganasan mulut rahim. Setelah mengetahui oenyakitnya, pasien termenung sambil bertanya berulang-ulang, “Apalah benar saya menderita keganasan mulut rahim. Setelah mengetahui penyakit, pasien termenung sambil bertanya berulang-ulang, apakah “Apakah benar saya menderita keganasan?” Tindakan dokter adalah...
a. Rujuk ke psikiater d. Sarankan pasien banyak aktifitas
b. Tes psikologi
c. C. Sarankan pasien perbanyak ibadah e. Konseling individ

PEMBAHASAN:
Saat pertama kali diberitahu dokter tentang penyakitnya, pasien terkejut dan tidak percaya. Hal ini wajar ketika ada sesuatu yang mengejutkan terjadi disangkal. Maka hal yang harus dilakukan seorang dokter adalah melakukan konseking untuk memberikan informasi yang jelas tentang penyakitnya dan prognosis kesembuhannya kepada pasien berdasaskan pemeriksaan yang ada . Dokter juga bersikap empati kepada pasien dan memberikan motivasi untuk sembuh.
Jawaban : E. (ikhtisar dan kesimpulan pemeriksaan psikiatri)

23

23. Seorang laki-laki berusia 35 tahun yang ke UGD dengan keluhan nyeri pada perut kanan bawah yang hilag dan timbul sejak 3 jam yang lalu. Nyeri menjalar sampai ke biji kemaluan. Keluhan disertai muntah-muntah satu kali kemudian buang air kecil tidak ada kelainan, dandemam tidak ada. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHG, nadi 88 kali/menit, frekuesni nafas 20 kali/menit, dan temperatur 37,0®. Terapi yang diberikan kepada pasien ini adalah .....
a. spasmolitik dan USG
b. analgertik dan antiobiotik
c. analgetik dan BNO
d. Analgenetik dan USG
e. Spasmolitik dan Antibiotik

Pembahasan
Diagnosis banding (DD) yang ditegakan pada pasien ini berdasarkan keluhan nyeri perut kanan bawah yang hilang timbul pada rongga berlumen dan menjalar ke pinggang sampai biji kemaluan adalah :
Pada batu uretra, ada nyeri dengan keluhan menjalar hingga ke testis. Jika pada batu letak nya proksimal maka belum mengalami gangguan miksi. Gangguan miksi baru ada batu ureter denga keluhan mendadak. Pada batu buli, terdapat nyeri tekanan suprapublik karena ada infeksi lalu, pada pemeriksaan retentio urin dapat saja teraba masa dan ada keluhan tidak bisa BAK. Pada retensio urin pula bahkan nyeri hingga ke testis atau vulva, pda batu di ginjal ada keluhan rasa pegel pada CVA, bisa mengalami kencing berdarah,infeksi,nyeri, atau muntah. Keluhan nyeri ini dapat diterapi dengan simpatolitik. Selain itu, diharapakan dengan pemberian dioretik, batu dapat keluar sendiri. Kemudian, dilakukan operasi terbuka, operasi endoskopi, atau ESWL.
Untuk menyingkirkan beberapa kemungkinan diagnosis banding, diperlukan pemeriksaan penunjang, seperti foto BNO,IVP

24

24. Seorang laki-laki berusia 35 tahun dibawa ke UGD setelah mengalami luka bacok pada tangan kiri. Ia baru saja dijambret.Penderita tampak pucat dan ketakutan.Pada pemeriksaan fisik didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperature 36,5°C.Ia disarankan dirawat untuk observasi.Penyidik meminta visum et repertum pada dokter.Jenis laporan yang dimaksud adalah..
a.VeR sementara d.VeR tetap
b.VeR lanjutan e.VeR rawat jalan
c.VeR observasi

Pembahasan :
Berdasarkan tingkatannya,visum et repertum dibagi menjadi :
d.Visum et repertum langsung : Dokter pada pemeriksaan pertama sudah dapat menyimpulkan hasil pemeriksaan tersebut dalam visium et repertum.
e. Visum et repertum sementara : Dokter pada pemeriksaan pertama belum dapat menyimpulkan hasil pemeriksaannya.Tetapi,masih memerlukan pemeriksaan tambahan,seperti pemeriksaan laboratorium,rontgen,tindakan operasi,dan lain-lain.Visum et repertum sementara ini dibuat karena berkaitan dengan penahanan tersangka paling lama 20 hari (KUHP pasal 24).
f. Visum et repertum lanjutan (penghabisan) : Dokter telah dapat menyimpulkan hasil pemeriksaan,korban bisa sembuh sempurna,sembuh cacat,ataupun meninggal dunia.Terkadang,pada visum et repertum meninggal dunia.juga diperlukan visum et repertum sementara karena menunggu hasil laboraturium toksilogi atau PA yang memerlukan waktu.

JAWABAN : A (Visum et repertum dan Asphyxia,hal 15-17)

25

25. Seorang wanita berusia 25 tahunmengadu ke polisi setelah ia dianiaya suaminya.Wanita ini dianiaya dua hari yang lalu.Dian mengaku dipukul dan kepalanya dibenturkan ke dinding.Penyidik meminta visum pada dokter.Dasar visum pada pasien ini dituliskan pada visum et repertum adalah..
a.Pemeriksaan saat ini d.Anemnesis
b.Pemeriksaan dua hari yang lalu e.Anamnesis dan pemeriksaan fisik
c.pemeriksaan setelah perawatan

Pembahasan :
Pada kasus-kasus korban hidup atau pasien di gawat darurat,seperti penganiayaan,diduga keracunan,dan lain-lain tidaklah mungkin pada saat itu juga penyidik membuat permintaan visum.Sebab,kejadian tersebut tidak mungkin diketahui sebelumnya.Namun pada umumnya,dokter telah mengetahui kasus-kasus mana yang nantinya akan diminta visum et repertuum sehingga pada pemeriksaan,akan dicabut lebih teliti dan lengkap.
Pada kondisi seperti ini,permintaan visum dapat dibuat segera atau menyusul esok harinya.Namun,isi visum et repertum dari dokter adalah hasil pemeriksaan saat pasien atau korban datang pertama kali ke emergensi.Hal ini sudah berjalan sejak dulu dan dilakukan di rumah sakit-rumah sakit di Indonesia.Penjelasan ini adalah untuk menyikapi bahwa rahasiakedokteran akan terbuka apabila ada permintaan visum dari penyidik.Kepada dokter yang berpraktis secara pribadi,hal ini tidak berlaku jika dokter tersebut tidak memberikan pemeriksaan sebelum tanggal permintaan visum et repertum.Dia mempunyai hak berdasarkan hokum.Hal tersebut merupakan hak pribadi dokter untuk memberikan hasil pemeriksaan sebelum tanggal permintaan visum et repertum atau tidak.
Pada kasus ini,visum et repertum yang dibuat adalah pemeriksaan saat ini.Sebab,dua hari yang lalu,pasien belum datang untuk memeriksakan diri.

JAWABAN : A (Visum et Repertum dan Asphyxia,hal 7-9)

26

26. Seorang wanita berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhandiare terus-menerus yang disertai muntah.Keluhan terjadi setelah menyantap makanan saat acar resepsi pernikahan temannya tadi siang.Keluhan yang sama juga dialami oleh dua puluh orang lainnya.Pada pemeriksaan fisik didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperature 36,5°C.Tindakan yang dilakukan dokter setelah pengobatan adalah..
a.Ambil sampel d.Beri oralit
b.Rujuk ke RS e.Melacak tempat kejadian
c.Beri penyuluhan

Pembahasan :
Pada kasus ini,ada keluhan yang terjadi secara missal,yaitu terdapat dua puluh satu orang yang mengalami keluhan sama berupa diare dan muntah.Dari riwayat kejadian,diketahui hal ini terjadi setelah makan siang siang di sebuah resepsi pernikahan.Hal ini menyangkut kemingkinan adanya masalah sanitasi pada makanan yang mereka santap.
Setelah melakukan terapi pada pasien,selanjutnya mengambil sampel makanan.Hal tersebut untuk membuktikan kemungkinan adanya masalah pada makanan.Selain itu,juga dapat disebabkan karena makanan kurang higienis,basi,kemungkinan adanya racun,atau terkontaminasi.

JAWABAN : A (Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Komunitas,hal.270-272)

27

27.Seorang wanita berusia 25 tahun datang ke praktik dokter dengan keluhan mata kabur sejak satu minggu yang lalu.keluhan disertai rasa kelilipan,sakit mata,dan mata merah.riwayat pemakaian lensa kontak (+) selama tiga tahun tidak ada keluhan.pasien mengobati matanya dengan tetes mata yang dibeli sendiri ditoko.anamnesis tambahan yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis adalah?
a.ada kotoran mata lengket atau tidak
b.sakit menjalar ke kepala
c.keluhan mata merah sebelum kabur
d.nama obat tetes mata
e.cara perawatan lensa kontak

pembahasan: diagnosis banding dengan keluhan mata merah visus menurun adalah trauma,erosi,keratitis,ulkus,kornea,uveitis,dan glaukoma akut.adanya riwayat memakai lensa kontak adalah kemungkinan terjadi keratitis bakterialis.perawatan yang tidak benar dari lensa kontak dapat menimbulkan keratitis bakterialis.sangat penting bagi pemakai lensa kontak untuk mengetahui risiko pemakaian lensa kontak dan cara merawatnya.lensa kontak harus dibersihkan,didisinfeksi secara teratur,dan dirawat dikotak penyimpan lensa.hal ini diperlukan untuk menghindari risiko komplikasi kronik dan infeksi organisme,seperti pseudomonas dan acanthamoeba.setiap lensa kontak harus segera dilepas jika mata menjadi kurang nyaman atau meradang.kemungkinan pada kasus ini,pasien mengalami komplikasi kronik akibat pemakaian lensa kontak yang lama dan kurang memerhatikan perawatannya.oleh karena itu,dalam anamnesis,sangat penting dinyatakan pada pasien apakah mengetahui cara merawat lensa kontak (E)

28

28.Seorang laki-laki berumur 30 tahun datang kerumah sakit dengan keluhan utama bersin-bersin sejak tiga tahun yang lalu.keluhan disertai hidung gatal,mata gatal,dan telinga rasa penuh.pada pemriksaan fisik didapatkan,tekanan darah 120/80 mmhg,nadi 80 kali/menit,dan temperatur 36,5 derajat celcius.pada pemeriksaan fisik rinoskopi anterior didapatkan mukosa,edema,basah,dan pucat.diagnosisnya adalah?
a.rinitis alergi
b.rinitis vasomotor
c.rinitis akut simplek
d.rinitis akut
e.rinitis kronis

pembahasan: rinitis alergi adalah penyakit kelainan yang merupakan manifestasi klinis reaksi hipersensitivitas tipe 1 (Gell & Coombs) dengan mukosa hidung sebagai organ sasaran.

manifestasi klinis: . serangan bersin berulang lebih dari lima kali dalam satu serangan.rinorea yang encer dan banyak,hidung tersumbat ,hidung dan mata gatal,serta terkadang disertai lakrimasi.tidak ada demam dan gejala sering tidak lengkap.
.gejala spesifik lain pada anak-anak bila penyakit telah berlangsung lama (>2 tahun) adalah bayangan gelap di daerah bawah mata (allergie shiner) akibat stasisvena sekunder karena obstruksi hidung.anak sering menggosok-gosok hidung dengan punggung tangan (allergic salute).lama-lama akan mengakibatkan timbul garis melintang di dorsum nasi sepertiga bawah (allergic crease).
.sering disertai penyakit alergi lainnya seperti asma,urtikaria,dan eksim.
.pada rinoskopi anteriror didapatkan,mukosa edema,basah,pucat atau livid,dan disertai banyak sekret encer.diluar serangan,mukosa kembali normal,kecuali bila telah berlangsung lama.(A)

29

29.seorang wanita berusia 30 tahun mengeluh gatal pada jari-jari kakinya.keluhan gatal semakin berat jika selesai mencuci makanan. pada pemeriksaan vital sign didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekusensi nafas 20 kali/menit,dan temperatur 36,5 derajat celcius.pada pemeriksaan fisik,terlihat visikel pada sela jari kaki I dan II.pemeriksaan penunjang yang dilakukan didapatkan hypha (+). diagnosis yang tepat adalah?
a. kandidasis
b. tinea corporis
c. tinea pedis
d.tinea nigra
e.tinea manus

pembahasan: tinea pedis adalah infeksi dermatofit pada kaki,terutama di sela jari dan telapak kaki.terutama yang memakai kaus dan sepatu yang tertutup.keadaan lembab dan panas merangsang pertumbuhan jamur.tinea pedis yang tersering adalah interdigitalis.diantara jari IV dan jari V,telihat fisura yang dilingkari sisik halus dan tipis.dapat meluas kebawah jari (subdigital) dan telapak kaki.
kelainan kulit berupa kelompok vesikel sering terjadi maserasi pada sela jari,terutama sisi lateral berupa kulit putih dan rapuh berfisura,dan sering disertai bau.bila kulit yang mati dibersihkan,akan terlihat kulit baru(yang pada umumnya telah diserang jamur).betuk klinis ini dapat berlangsung bertahun-tahun dengan menimbulkan sedikit keluhan atau tanpa keluhan.jadi,pemeriksaan hiva (+) pada pasien tinea yang ditemukan adalah jenis hiva panjang(C)

30

30.Seseorang laki-laki berusia 65 tahun datang ke RS dengan keluhan sesak nafas sejak 30 menit yang lalu,sebelumnya,sewaktu makan pasien tersedak dan muntah,lalu sesak nafas secara tiba-tiba.si pasien memiliki riwayat stroke (+),ada kesulitan menelan,dan hemiparese sejak 2 tahun yang lalu.dari hasil pemeriksaan fisik didapatkan,tekanan darah 160/90 mmHg,frekuensi nadi 112 kali/menit,frekuensi pernapasan 40 kali/menit cepat dangkal,dan temperatur 37 derajat celcius.pemeriksaan fisik paru ditemukan ronkibasah dan kedua kaki sianosis.diganosis pasien ini
a.bronkitis akut
b.pneumonia aspirasi
c.neumonia atipik
d.bronkiekpasis
e.asam bronkiale

pembahasan: informasi yang perlu di cermati pada kasus ini yaitu adanya riwayat saat makan tersedak dan muntah.kemudian,pasien sesak nafas secara tiba-tiba.hal ini khas pada pneumonia aspirasi.pada pasien ini,sesak nafas dapat terjadi karena aspirasi makanan.hal ini ditunjang dengan frekuensi pernapasan 40kali/menit cepat dangkal dan ditemukan ronkibasah pada paru (B)

31

31. seorang laki-laki berusia 49 tahun datang ke klinik dengan keluhan utama demam disertai kulit kemerahan serta bercak yang menebal dan gatal di kedua siku dan kepala. Keluhan sudah sejak 6 bulan yang lalu. Pasein kedokter , diberi obat pel hijau kecil, pel kuning kecil, dan salap. Keluhan membaik tetapi muncul kalau obat habis, skerang berat badan bertambah,pusing, dan lemas. Penyakit yang sama pada keluarga disangkal. Faktor yang menaikan tensi darah dan berat badan pasien adalah....
a. kortikosteroid sistemik yang berkepanjangan
b. penyakit yang mendasari sebelumnya
c. pemakaian salap yang berulang
d. antihistamin berkepanjangan
e. obat topikal

Pembahsan :
Dengan keluhan utama demam disertai kulit kemerahan serata bercak yang menebal dan gatal dikedua siku dan kepala, akhirnya pasien mendapat obat pil hijau kecil, pil kuning kecil, dan salap. Bersdasarkan keluhan pasien tersebut dapat terjadi kemungkinan pada salah satu obat yang diberikan dokter ada obat yang mengandung kortikosteroid sebagai anti inflamasi. Kortikosteroid sistemik pada pemakaian jangka panjang dapat memberikan efek samping, seperti :
• Saluran cerna : hiperkeresi sam lambung, ulkus peltikum, pannkreatitis, dan kolitis ulseratif.
• SSP : Perubaha keperibadaian psikosisi,paranoid, dan nafsu makan bertambah
• Tulang : osteoporosis dan fraktur
• Pembuluh darah : penaikan tekanan darah.
• Mata : katarak subkapsular posterior dan galukoma
• Elektrolit : retensi NA dan kehilangan K
• Imunitas : menurun dan rentan terhadap infeksi.
Jawaban : A. (ilmu Penyakit kulit dan kelamin edisi 3 halaman. 315)

32

32. Seorang laki-laki berusia 22 tahun datang ke poliklinik umum dengan keluhan utama sasak napas, terutama pada malam hari. Keluhan disertai bersin-bersin pada pagi hari. Dalam dua minggu ini, terjadi dua kali serangan. Si pasien juga sering terbangun waktu tidur dan kejadian tidak setiap hari. Ia juga mengalami sejak hanya sebentar, batuk (=) kadang-kadang tanpa dahak, demam (-), dan rokok (-) pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg. Nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5 C. Diagnosis pasien ini adalah...
a. Asma kronis
b. Bronkritis akut
c. Bronkitis kronis
d. PPOK
e. TB paru

Pembahasan:
Asma merupakan gangguan inflamasi kronik jalan napas yang melibatkan berbagai sel inflamasi. Dasar penyakit ini adalah hiperaktivitas bronkus dalam berbagai tingkat, obstruksi jalan napas, dan gejala pernapasan (mengi dan sesak). Obstruksi jalan napas umumnya bersifat reversibel, namun dapat menjadi kurang reversibel bahkan relatif nonreversibel (tergantung berat dan lamanya penyakit).
Gejala yang timbul biasanya berhubungan dengan beratnya derajat hiperaktivitas bronkus. Obstruksi jalan napas dapat reversibel secara spontan maupun dengan pengobatan. Gejala-gejala asma antara lain:
1. Bising mengi(wheezing) yang terdengar dengan atau tanpa stetoskop
2. 2. Batuk produktif sering terjadi pada malam hari
3. 3. Napas produktif sering terjadi pada malam hari
Gejalanya bersifat paroksimal, yaitu membaik pada siang hari dan memburuk pada malam.






Tabel Klasifikasi Derajat Asma
Derajat Asma Gejala Gejala Malam Fungsi paru
INTERMINTEN MINGGUAN • Gejala

33

33. seorang wanita berusia 19 tahun datang ke puskesmas dengan keluahn utama demam tinggi. Demam disertai rasa mengggil. Keluhan ini dirasakan sejak satu minggu setelah pulang kampung. Demam tidak menuruun setelah minum obat penurunan panas. Sebagai dokter, anamnesis mengenai riwayat sebelumnya adalah ...
a. tempat kerja
b. kebiasaan jalan
c. daerah asal
d. riwayat penaykit serupa
e. tempat tinggal

pembahsan : dalam anamnesis, demam perlu ditanyakan mengenai tipe demam. Intensitasnya dan frekuesni terjadi. Suatu tipe demam kadang-kadang dapat dihubungkan dengan suatu penyakit tertentu, seperti tipe demam intermiten untuk malaria. Karenanya, untuk mendunkung diagnosis banding diperlukan riwayat daerah asal dan tempat tinggal, ataupun daerah yang didatangi sebelumnya.
Jawaban : C . (buku Ajar ilmu penyakit dalam jilid. 3 edisi 3, hal. 1697)

34


34. seorang laki-laki berusia 17 tahun ke UGD rumah sakit dengan pendarahan hidung kanan stelah jatuh dari motor. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 130/60 mmHG, nadi 80 kali/menit, frekuensi nafas 20 kali/menit dan temperatur 36,5 C. Dari pemeriksaan fisik didapatkan, hidung endema (Flash). Hipodermis( +), capung nasi hiperemis*(+), bekuan darah (+) dan pendarahan aktif pada naasofaring. Terapi yang harus diberikan dalah ....
a. tampon anterior 5 hari
b. tampon anterior 4 hari
c. tampon anterior dan posterior
d. tampon belloq 2-4 hari
e. tampon belloq 4 hari

pembahasan : pada pasien ini terdapat perdarahan aktif pada nasofaring sehingga perlu menata laksaan perdarahan bagi-bagian posterior. Untuk perdarahan posterior dilakukan pemsanagan tampon posterior yang disebut tampon belloq. Tampon ini harus tepat menutup koana. Tampon harus dilepas setelah 2-3 hari.
Jawaban : D. (Buku ajar Ilmu THT kepala leher edisi 5, hal. 127.

35

35. Seorang laki-laki berusia 54 tahun dating ke dokter praktik dengan membawa hasil pemeriksaan laboratorium, glukosa puasa 300 mg/dl. Sebagai dokter pelayanan primer yang harus di lakukan adalah…
a. Penjelasan patofisiologi DM d. Ubah sikap hidup pasien
b. Pantau gula darah e. Membesarkan hati pasien
c. Jelaskan komplikasi DM

PEMBAHASAN :
Langkah pertama dalam pengelolaan diabetes militus selalu dimulai dengan pendekatan non farmakologis. Yaitu berupa perencanaan makan/terapi nutrisi medik. Kegiatan jasmani dan penurunan berat badan, bila didapat berat beban lebih atau obesitas. Bila dengan langkah-langkah tersebut sasaran pengendalian diabetes belum tercapai maka di lanjutkan dengan penggunaan obat atau intervensi farmakologi.
JAWABAN : D. ( Buku Ajar Penyakit Dalam Jilid III, edisi 4, hal. 1860 )

36

36. Seorang bayi laki-laki berusia 10 bulan datang ke poliklinik dengan keluhan penis terlihat abnormal. Pada pemeriksaan fisik di temukan, dorsal penis hamper menempel ke kulit abdomen, tampak mukosa uretra pada dorsal penis dengan efek meluas dari skrotum sampai dengan glans penis, dan celah tulang pubis tampak melebar.
Apa diagnosis kerja pada pasien ini ?
a. Hipospadia penestratal d. Epispadia
b. Fisura seperovesikal e. Fistel rektouretra
c. Classic bladder

PEMBAHASAN :
Hipospadi adalah suatu keadaan abnormal dari perkembangan uretra anterior dimana meatus uretra eksterna terletak di bagian ventral dan letaknya lebih proksimal dari letak yang normal dan disertai adanya firosis pada bagian distal MUE yang menyebabkan bengkoknya penis (chordae). Pada keadaan terberat meatus terletak parineal dan skrotum terbeelah. Bila keadaan ini di sertai kriptorkismus, dapat terjadi kesalahan dalam menyatakan jenis kelamin seseorang.
JAWABAN : A. ( Buku Ajar Ilmu Bedah, edisi 2, hal. 747 )

37

37. Seorang laki-laki berusia berusia 30 tahun (merupakan koki di restoran terkenal) datang ke tempat dokter karena sakit. Dokter melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Kemudian, pasien didiagnosis hepatitis A dan dilarang masuk kerja oleh dokter. Larangan dokter tersebut disebut…
a. Isolasi d. Reverse isolation
b. Krantina e. Separasi
c. Restrict of activities

PEMBAHASAN :
Larangan dokter dengan meminta pasien untuk tidak masuk kerja dulu merupakan salah satu proses isolasi. Keadaan isolasi ini dilakukan untuk mencegah penularam penyakit di lingkungan kerjanya.
JAWABAN : A. ( Kamus Kedokteran Dorland, edisi 29, hal. 1126 )

38

38. Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri di pinggang bawah setelah mengangkat barang-barang kebutuhan pokok. Perkerjaanya selama ini adalah sebagai kuli di pasar. Nyeri menjalar ke tungkai kanan dan kesemutan pada tungkai tersebut. Nyeri bertambah jika ia batuk, bersin, dan mengejan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, freuensi napas 20 kali/menit, dan temperature 36,5°C. Topik lesi yang biasanya terkena adalah…
a. L1-L2 d. L4-L5
b. L2-L3 e. L5-S1
c. L3-L4

PEMBAHASAN :
Herniasi diskus lumbal atau hernia nukleus pulposus paling sering terjadi pada pria dewasa. Dengan insidens puncak pada decade keempat dan kelima. Kelainan ini lebih banyak terjadi pada individu dengan pekerjaan yang banyak membungkuk dan mengangkat. Karena ligamentum longitudinalis posterior pada daerah lumbal lebih kuat pada bagian tengahnya maka protrusi diskus cenderung terjadi kea rah posterolateral dengan kompresi radiks saraf. Lokasinya pada sela intervertebrata lumbal L4-L5 dan L5-S1 ( yang paling sering terkena, terutama L5-S1 ). Sedangkan L3-L4 merupakan urutan berikutnya.
Keluhan awal biasanya nyeri punggung bawah yang onsetnya perlahan-lahan, bersifat tumpul atau terasa tidak enak, sering intermiten walaupun kadang-kadang nyeri tersebut onsetnya mendadak dan berat. Nyeri ini terjadi akibat regangan ligmentum longitudinalis posterior. Sebab, diskus itu sendiri tidak memiliki serabut nyeri. Nyeri tersebut khas yaitu di perhebat oleh aktivitas atau pengerahan tenaga serta mengedan dan batuk atau bersin. Nyeri ini biasanya menghilang bila berbaring pada sisi yang tidak terkena dengan tungkai yang sakit di fleksikan. Sering terdapat spasme revleks otot-otot paravertebrata yang menyebabkan nyeri dan membuat pasien tidak dapat berdiri tegak secara penuh.
JAWABAN : E. ( Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2, edisi 3, hal. 54 )

39

39. Seorang laki-laki berusia 65 tahun datang dengan keluhan tidak bias BAK sejak delapan jam yang lalu. Tiga bulan yang lalu pasien pernah mengalami hal serupa. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. Pada pemeriksaan fisik ditemukan, prostate grade III, kenyal, rata, simetris, dan nyeri tekan (-). Diagnosis pasien ini adalah…
a. Prostatitis granulomatosa d. Batu prostat
b. Maligna prostat hipertropi e. Prostatitis kronis kongestif
c. BPH

PEMBAHASAN :
Proses pembesaran prostat terjadi secara perlahan-lahan sehingga perubahan pada saluran kemih juga terjadi secara perlahan-lahan.
Manifestasi klinis BPH
Biasanya gejala-gejala pembesaran prostat dikenal sebagai Lower Urinary Tract Symptoms ( LUTS ). Dibedakan menjadi iritatif dan obstruktif.
Gejala iritatif yaitu sering miksi (frekuensi), terbangun untuk miksi pada malam hari (nokturia), perasaan ingin miksi yang sangat mendesak (urgensi), dan nyeri pada saat miksi (dysuria). Sedangkan gejala obstruktif adalah pancaran melemah, rasa tidak lampias sehabis miksi, kalau mau miksi harus menunggu lama (hesitancy), harus mengedan (straining), kencing terputus –putus (intermittency), dan waktu miksi memanjang yang akhirnya menjadi retensio urine dan inkontinen karena overflow. Keluhan ini biasanya disusun dalam bentuk skor simtom. Terdapat beberapa jenis klasifikasi yang dapat digunakan untuk membantu diagnosis dan menentukan tingkat beratnya penyakit. Diantaranya, skor internasional gejala-gejala prostat WHO ( International Prostate Symptom Score – IPSS ) dan skor Madsen Iversen.
Pada perabaan colok dubur harus di perhatikan konsistensi prostat ( pada BPH konsistensinya kenyal ), adakah asimetri, adakah nodul pada prostat, serta apakah batas atas teraba ? kalau batas atas masih teraba secara empiris, besar jaringan prostat kurang dari 60 g.
JAWABAN : C. (Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2, edisi 3, hal. 329-330)

40

40. Seorang laki-laki berusia 60 tahun dengan diagnosis DM sejak 10 tahun yang lalu, berobat teratur tetapi gulah darah tetap tidak terkontrol. Sejak dua minggu yang lalu mengeluh tidak dapat konsentrasi, sulit tidur, serta ingin mati saja. Pemeriksaan tanda vital normal dan pasien terlihat murung. Keadaan emosional yang sesuai adalah…
a. Obsesi d. Stress
b. Frustasi e. Depresi
c. Anxietas

PEMBAHASAN :
Salah satu gangguan mood adalah depresi. Adapun gejala-gejala depresi adalah sebagai berikut :
• Gambaran emosi : sedih atau murung, iribilitas, anxietas, kehilangan minat dan semangat, ikatan emosi berkurang, menarik diri dari hubungan interpersonal, dan preopukasi dengan kematian.
• Gambaran kognitif : mengkritik diri sendiri, perasaan tidak berharga, rasa bersalah, pesimis, tidak ada harapan, putus asa, perhatiannya mudah teralih , konsentrasi buruk, tidak pasti dan ragu-ragu, keluhan somatic, gangguan memori, serta waham dan halusinasi.
• Gambaran vegetative : lesu, tidak bertenaga, insomnia atau hiperinsomnia, anoreksia atau hipereksia, penurunan atau penambahan bera badan, retardasi dan agitasi psikomotor, libido terganggu, serta variasi diurnal yang sering.
JAWABAN : E. (Buku Saku Psikiatri, edisi 6, hal. 49)

41

41. Seorang wanita berusia 65 tahun berobat ke puskesmas dengan keluhan utama sakit pada mata kanannya. Mata menjadi buram satu hari setelah masuk rumah sakit. Keluhan juga di sertai sakit kepala dan muntah dua kali. Penderita memiliki riwayat kencing manis. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. Pemeriksaan visus kanan=2/60 dan kiri=6/24. Tekanan bola mata kanan meningkat per palpasi dan tekanan mata kiri normal. Diagnosis yang mungin adalah…
a. Keratitis d. Uveitis
b. Endoptalmitis e. Konjungtivitis
c. Glaukoma

PEMBAHASAN :
Gejala klinis yang terjadi pada pasien ini adalah serangan akut glaucoma. Pada fase ini pasien mengeluh sakit kepala dan muntah-muntah. Nyeri dirasakan didalam dan sekitar mata. Penglihatan kabur yang terlihat hanya warna pelangi disekitar lampu. Pada pemeriksaan mata ditemukan kelopak mata bengkak, konjungtiva bulbi yang sangat hiperemik, kornea suram, bilik mata depan dangkal, dan pupil yang tampak melebar dan miring agak vertikal atau midriasis yang hampir total. Repleks pupil lambat atau tidak ada. Tajam penglihatan menurun sampai hitung jari. Tekanan bola mata meningkat.
JAWABAN : C. (Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal. 147)
PEMBAHASAN :
Gejala klinis yang terjadi pada pasien ini adalah serangan akut glaucoma. Pada fase ini pasien mengeluh sakit kepala dan muntah-muntah. Nyeri dirasakan didalam dan sekitar mata. Penglihatan kabur yang terlihat hanya warna pelangi disekitar lampu. Pada pemeriksaan mata ditemukan kelopak mata bengkak, konjungtiva bulbi yang sangat hiperemik, kornea suram, bilik mata depan dangkal, dan pupil yang tampak melebar dan miring agak vertikal atau midriasis yang hampir total. Repleks pupil lambat atau tidak ada. Tajam penglihatan menurun sampai hitung jari. Tekanan bola mata meningkat.
JAWABAN : C. (Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal. 147)
PEMBAHASAN :
Gejala klinis yang terjadi pada pasien ini adalah serangan akut glaucoma. Pada fase ini pasien mengeluh sakit kepala dan muntah-muntah. Nyeri dirasakan didalam dan sekitar mata. Penglihatan kabur yang terlihat hanya warna pelangi disekitar lampu. Pada pemeriksaan mata ditemukan kelopak mata bengkak, konjungtiva bulbi yang sangat hiperemik, kornea suram, bilik mata depan dangkal, dan pupil yang tampak melebar dan miring agak vertikal atau midriasis yang hampir total. Repleks pupil lambat atau tidak ada. Tajam penglihatan menurun sampai hitung jari. Tekanan bola mata meningkat.
JAWABAN : C. (Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal. 147)
PEMBAHASAN :
Gejala klinis yang terjadi pada pasien ini adalah serangan akut glaucoma. Pada fase ini pasien mengeluh sakit kepala dan muntah-muntah. Nyeri dirasakan didalam dan sekitar mata. Penglihatan kabur yang terlihat hanya warna pelangi disekitar lampu. Pada pemeriksaan mata ditemukan kelopak mata bengkak, konjungtiva bulbi yang sangat hiperemik, kornea suram, bilik mata depan dangkal, dan pupil yang tampak melebar dan miring agak vertikal atau midriasis yang hampir total. Repleks pupil lambat atau tidak ada. Tajam penglihatan menurun sampai hitung jari. Tekanan bola mata meningkat.
JAWABAN : C. (Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal. 147)
PEMBAHASAN :
Gejala klinis yang terjadi pada pasien ini adalah serangan akut glaucoma. Pada fase ini pasien mengeluh sakit kepala dan muntah-muntah. Nyeri dirasakan didalam dan sekitar mata. Penglihatan kabur yang terlihat hanya warna pelangi disekitar lampu. Pada pemeriksaan mata ditemukan kelopak mata bengkak, konjungtiva bulbi yang sangat hiperemik, kornea suram, bilik mata depan dangkal, dan pupil yang tampak melebar dan miring agak vertikal atau midriasis yang hampir total. Repleks pupil lambat atau tidak ada. Tajam penglihatan menurun sampai hitung jari. Tekanan bola mata meningkat.
JAWABAN : C. (Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal. 147)
PEMBAHASAN :
Gejala klinis yang terjadi pada pasien ini adalah serangan akut glaucoma. Pada fase ini pasien mengeluh sakit kepala dan muntah-muntah. Nyeri dirasakan didalam dan sekitar mata. Penglihatan kabur yang terlihat hanya warna pelangi disekitar lampu. Pada pemeriksaan mata ditemukan kelopak mata bengkak, konjungtiva bulbi yang sangat hiperemik, kornea suram, bilik mata depan dangkal, dan pupil yang tampak melebar dan miring agak vertikal atau midriasis yang hampir total. Repleks pupil lambat atau tidak ada. Tajam penglihatan menurun sampai hitung jari. Tekanan bola mata meningkat.
JAWABAN : C. (Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal. 147)

42

42. Seorang wanita berusia 18 tahun berobat ke dokter dengan keluhan utama mual-mual sejak dua minggu yang lalu. Pasien sudah sebulan tidak haid dan baru menikah dua bulan yang lalu. Saat anamnesis, pasien sering terdiam, tidak menjawab, dan selalu menunduk. Bagaimana pendekatan komunikasi yang tepat dilakukan dokter ?
a. Mengingatkan pasien belum mengatakan yang sebenarnya
b. Mengatakan agar datang lain waktu
c. Mengatakan banyak pasien menunggu
d. Mengatakan pada pasien apakah dapat menceritakan masalah yang sebenarnya
e. Mengatakan untuk datang bersama suami

PEMBAHASAN :
Anamnesis merupakan pintu pembuka atau jembatan untuk membangun hubungan dokter dengan pasiennya sehingga dapat mengembangkan keterbukaan dan kerjasama dari pasien untuk tahap-tahap pemeriksaan selanjutnya. Tantangan dalam anamnesis yaitu jika bertemu dengan pasien yang tertutup atau membisu. Pertama, membangun terlebih dahulu komunikasi antara dokter dan pasiennya. Lalu, meminta dengan sopan kepada pasien untuk terbuka dan menceritakan masalahnya. Jika saat itu masih tetap belum terbuka, barulah anamnesis dilakukan pada lain waktu. Bila diperlukan, bisa diminta untuk datang bersama suami atau keluarga yang lain untuk membantu dalam anamnesis.
JAWABAN : D. (Buku Panduan Diagnosis Fisik di klinik, hal. 10-12)

43

43. Seorang anak perempuan berusia 3 tahun datang ke unit gawat darurat dengan keluhan pucat. Pada pemeriksaan fisik, tekanan darah 100/70 mmHg, nadi 70 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. konjungtiva palpebral pucat. Hasil pemeriksaan laboratorium darah yaitu hemoglobin 4,8 g%, hematocrit 13,8%, MCV 53,2 fl, serta hair on end. Hasil pemeriksaan darah lain yang mungkin didapat adalah…
a. Penurunan retikulosit d. Penurunan haptoglobin
b. Penurunan ferritin e. Penurunan binding iron
c. Penurunan kadar besi serum

PEMBAHASAN :
Adanya keluhan pucat pada pasien ini merupakan gejala umum anemia. Hal ini juga di dukung dengan hasil pemeriksaan darah hemoglobin 4,8 g% dan hematokrit 13,8%. Info yang harus diperhatikan pada kasus ini adalah MCV 53,2 fl yang menunjukan kurang dari nilai normal sehingga pada pasien ini menderita anemia hipokromik mikrositer. Pada anemia jenis ini kadar besi serum menurun. Jika ferritin menurun dan TIBC meningkat maka anemia defisien besi. Jika TIBC menurun dan ferritin normal atau meningkat maka anemia akibat penyakit kronik.
JAWABAN : C. (Buku Ajar Penyakit Dalam Jilid II, edisi 4, hal. 625)

44

44. Seorang laki-laki berusia 32 tahun mengeluh kepada dokter bahwa ujung jari kaki kanannya kehitaman. Hal ini disertai dengan keluhan pada jari kakinya terasa hangat nyeri, sampai penderita sulit tidur. Pasien mengaku bahwa ia seorang perokok berat karena merokok dua bungkus perhari. Diagnosis yang mungkin adalah...
a. Obstruksi arteri kronis e.c. atherosclerosis
b. Gangren diabetik
c. Penyakit takayasu
d. Tromboangitis obliterans
e. Raynaud disease

Pembahasan :
Tromboangitis obliterans disebut juga penyakit buerger’s yang merupakan kelainan vaskular berupa inflamasi dan menyumbatan yang mengenai pembuluha darah ukuran sedang, kecil, dan vena distal ekstremitas atas dan bawah. Sering terjadi pada laki-laki dibawah umur 40 tahun. Penyebabnya belum diketahui pasti, tetapi berhubungan dengan kebiasaan merokok.
Gambaran klinis tromboangitis obliterans seringkali berupa trias: 1) klaudikasi yang melibatkan ektremitas; 2) fenomena Raynaud; 3) tromboplebitis vena superfisial yang berpindah-pindah.
Klaudikasio biasanya terjadi pada betis dan kaki atau pada lenga bawah dan tanngan. Sebab, memang berkaitan dengan pembuluh daerah darah distal. Yakni, berupa iskemik digital yang berat, perubahan kuku, ulkus yang nyeri, dan gangren pada ujung jari tumit. Pada pemeriksaan klinis, arteri brakialis dan poplitea normal. Namun, nadi dapat berkurang atau hilang pada arteri radialis, ulnaris, dan tibialis. Pemeriksaan ultrasonografi duplex dan arteriografi berupa gambaran khas perubahan lesi segmental pembuluh darah dari yang normal bertahap menjadi halus pembuluh darah distal.
Tidak ada pengobatan spesifik, kecuali berhenti merokok. Prognosis memburuk jika tidak berhenti merokok. Operasi pintas arteri dari pembuluh darah yang lebih besar mungkin ada gunanya pada keadaan tertentu.

Jawaban : D. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III, edisi 4, hal. 1676-1677)

45

45. Seorang laki-laki berusia 65 tahun dibawa keluarganya ke UGD dengan keluhan muntah darah sebanyak ?2 gelas (100ml) dua jam yang lalu. Penderita mengeluh mata mengering dan rambut mulai merontok. Riwayat penyakit kuning (-). Dari pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/70 mmHg, nadi 100 kali/menit, respiratory rate 24 kali/menit, kedua sklera subikterik, ginekomastia (+), serta jantung dan paru dalam batas normal. Pemeriksaan abdomen didapatkan tak teraba, lien schufner 2, pekak sisi meningkat, pekak berpindah, spider naevi (+), dan palmar eritem (+). Penyebab muntah darah adalah ...
a. Gastritis akut d. Gastropati
b. Pecah varises esofagus e. Kelainan darah
c. Ulkus peptik

Pembahasan :
Pada pasien ditemukan beberapa manifestasi klinis dari sirosis hepatis yaitu :
• Spider naevi/spiderangiomata/spider talengiektasi, suatu lesi vaskular yang dikelilingi vena-vena kecil.
• Palmar eritem, warna merah saga pada thenar dan hipothenar telapak tangan.
• Ginekomastia, ploriferasi benigna jaringan glandula mamae laki-laki.
• Hepatomegali.
• Splenomegali (pembesaran lien akibat hipertensi porta)
• Asites, penimbunan cairan pada rongga peritonium akibat hipertensi porta dan hipoalbuminemia.
• Fetor hepatiikum, bau khas pada pasien sirosis disebabkan peningkatan dimetil sulfid.
• Ikterus pada kulit dan membran mukosa. Jika bilirubin 2-3 mb/dl tidak terlihat. Warna urin gelap seperti teh.
• Manifestasi lain dari hipertensi porta adalah caput medusa dan varises esofagus. Pecahnya varises esofagus menimbulkan pendarahan pada 20-40% pasien sirosis. Tiap tahunnya 5-15% penderita sirosis mengalami varises oesophagus.
Penyakit lain dapat menimbulkan muntah darah, tetapi tidak disertai manifestasi klinis khas untuk sirosis hepatitis.
Jawaban : B. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I edisi 4, hal. 444-445, Harrison’s Principles of Internal Medicine ed., hal. 1976-1977)

46

46. Seorang laki-laki berusia 24 tahun datang dengan keluhan wajah bagian kiri tidak dapat digerakkan. Keluhan ini dirasakan sejak sehari yang lalu saat penderita menggosok gigi. Alis kiri tidak bisa diangkat, kerut dahi kiri tidak tampak, kelopak mata kiri tidak dapat ditutup, serta sudut mulut tertarik ke kiri. Diagnosis yang tepat adalah ..
a. Bell’s palsy d. Stroke sistem posterior
b. Trigeminal neuralgia e. Miastenia gravis
c. Stroke sistem anterior

Pembahasan :
Lesi LMN pada nervus fasialis dapat menimbulkan kelumpuhan yang dikenal dengan bell’s palsy. Bagian atas dan bawah dari otot wajah seluruhnya lumpuh. Dahi tidak dapat dikerutkan. Fisura palpebra tidak dapat ditutup dan pada usaha untuk memejamkan mata terlihat bola mata berbalik ke atas. Sudut mulut tidak dapat diangkat. Bibir dan platisma tidak dapat digerakkan. Karena lagoftalmus, air mata tidak dapat disalurkan secara wajar karena tertimbun di sana. Gejala-gejala pengiring seperti ageusia dan hiperakusis tidak ada karena bagian nervus fasialis yang terjadi di foramen stilomastoideum sudah tidak mengandung lagi serabut korda timpani dan serabut yang mensarafi stapedius.
Jawaban : A. (Neurolgi Klinis Dasar, hal. 162)

47

47. Seorang laki-laki berusia 45 tahun datang ke UGD karena mengalami buta mendadak setelah mandi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 160/110 mmHg, naadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. Diagnosis yang paling tepat adalah...
a. Retinopati d. Oklusi arteri
b. Katarak e. Uveitis
c. Perdarahan vitreus

Pembahasan :
Keluhan pada kasus ini adalah buta mendadak dengan tekanan darah 160/100 mmHg. Hilangnya penglihatan dapat disebabkan adanya lesi pada n. Optikus. Lesi dapat disebabkan karena adanya oklusi arteri di mata. Retina mendapat darah dari arteri sentralis. Arteri ini merupakan end-arteri. Oleh karena itu, lesi pada retina akibat penyumbatan arteri sentralis retinae tidak dapat diperbaiki oleh pendarahan kolateral. Arteri sentralis retinae adalah cabang arteri oftalmika. Pada trombosis arteri karotis, pangkal arteri oftalmika dapat ikut tersumbat.
Jawaban : D. (Neuralgi Klinis 121Dasar, hal.121 )

48

48. Seorang laki-laki berusia 55 tahun datang ke poliklinik umum dengan keluhan mengalami kehitaman pada uung jari kelingking kaki kanan. Pasien memiliki riwayat diabetes mellitus sejak 20 tahun yang lalu. Ia minum obat tidak teratur. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 140/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, temperatur 36,5°C, serta jaringan nekrotik pada digiti V ektremitas inferior dextra. Pemeriksaan glukosa sewaktu 345 mg/dl. Tindakan yang harus dilakukan pada pasien ini adalah...
a. Nekrotomi d. Amputasi
b. Debridemen e. Rujuk
c. Terapi DM lanjutan

Pembahasan :
Kaki diabetes merupakan salah satu komplikasi kronik DM yang paling ditakuti. Klafikasi kaki diabetes berdasarkan pada perjalanan alamiah kaki diabetes (Edmonds 2004-2005):
• Stage 1: Normal foot.
• Stage 2: High risk foot.
• Stage 3: Ulcerated foot.
• Stage 4: Infected foot.
• Stage 5: Necrotic foot.
• Stage 6: Unsalvable foot.
Untuk stage 1 dan 2, peran pencegahan primer sangat penting. Seperti pemberian informasi kepada pasien dan keluarga, minum obat teratur, ataupun memperbaiki faktor risiko aterosklerosis.
Untuk stage 3 dan 4, kebanyakan sudah memerlukan perawatan di tingkat pelayanan kesehatan yang memedai dan umumnya memerlukan pelayanan spesialistik. Perawatan luka sejak pasien datang seperti debridement yang baik dan adekuat sangat membantu mengurangi jaringan nekrotik.
Untuk stage 5 dan 6, jelas merupakan kasus rawat inap sehingga memerlukan tim dokter bedah vaskular, bedah plastik, dan rkontruksi. Pada stage ini bisa dilakukan nekrotomi dan amputasi.
Jawaban : A. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III, edisi 4, hal. 1911-1913)

49

49. Seorang wanita berusia 36 tahun mengalami gangguan kejiwaan untuk kedua kalinya. Penyebabnya karena dipindahkan dari sekertaris direksi menjadi operator. Ia sering tertawa dan bahagia berlebihan. Selain itu, curiga bila ada teman yang berbicara di dekatnya. Hal ini disebut...
a. Euforia d. Depresi
b. Eclasia e. Kompulsif
c. Ektasia

Pembahasan:
Pasien sering tertawa dan tampak bahagia berlebihan padahal baru saja dipindahkan dari sekretaris direksi ke pekerjaan yang lebih rendah yaitu sebagai operator. Keluhan ini sangat sesuai dengan keadaan afektif euphoria. Euphoria merupakan suatu keadaan kegembiraan atau rasa kesejahteraan dan kebahagiaan (well being) yang abnormal atau kurang normal. Kegembiraan yang diperlihatkan yang bersangkutan tidak sesuai dengan faktor-faktor objektif yang ada pada individu itu.
Jawaban : A. (Buku Pedoman Pengantar Ilmu Kedokteran Jiwa 1, hal. 13)

50

50. Seorang anak berusia 1 tahun datang dengann keluhan batuk. Wajah tidak biru jika batuk. Riwayat demam sering (+). Dari pemeriksaan didapatkan, murmur di tepi kiri bawah sternum. Pada foto thoraks ditemukan jantung melebar ke kiri dan kanan, apeks berada di atas diafragma, corakan paru bertambah, serta ruang retrosternal meluas sampai ke manubrium sterni. Diagnosis pada pasien ini adalah...
a. ASD d. MR
b. VSD e. PDA
c. ASD & VSD

Pembahasan:
Penyakit Jantung Bawaan (PJB) nonsianotik adalah kelainan defek septum ventrikel (Ventricular Septal Defect-VSD). Sedangkan, PJB sianotik salah satu contohnya tetralogi Fallot. Walaupun lebih sedikit, PJB sianotik menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi daripada PJB nonsianotik.
Manifestasi klinis defek septum atrio-ventikuler berupa gagal jantung, infeksi saluran napas berulang, dan gagal tumbuh. Prekordium tampak hiperaktif dengan thrill sistolik di tepi bawah strenum, bunyi jantung II keras, holosystolic regurgitasi murmur sepanjang tepi kiri bawah stenum, systolic murmur dari mitral regurgitasi terdengar di apeks, dan mid diastolik murmur di tepi kiri bawah sternum atau di apeks. Pada foto thoraks dengan kardiomegali dan corokan paru meningkat.
Jawaban : C. (Standar Penatalaksanaan Ilmu Kesehatan Anak RSMH; Bab Kardiologi, hal.15)

51

51. Seorang perempuan berusia 2 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan bengkak di sendi lutut. Keluhan disertai nyeri (+) sampai tidak bisa berjalan. Riwayat penyakit yang sama dalam keluarga tidak jelas. Muncul hematom di kedua paha dan hematrosis di sendi lutut. Disertai epitaksis. Pemeriksaan laboratorium darah hemoglobin 13 g/dl, leukosit 6000/mm3 , dan trombosit 100.000/mm3. Diagnosisnya adalah...
a. Hemofilia d. Henoch chonlein purpura
b. ITP e. DIC
c. Sindrom von Willebrand

Pembahasan:
Gejala klinis Idiopathic Trombocytopenic Purpura (ITP) dapat timbul mendadak terutama pada anak usia 2-8 tahun. Kelainan yang paling sering ditemukan adalah ptekia dan ekimosis yang tersebar di tubuh. Keadaan ini dapat dijumpai pada selaput lendir terutama hidung dan mulut sehingga dapat terjadi epitaksis dan perdarahan gusi. Gejala lain adalah perdarahan traktus genitourinarius, traktus digestivus, perdarahan mata, dan SSP. Pada ITP yang menahun, umumnya hanya ditemukan kebiruan atau perdarahan abnormal lainnya dengan remisi spontan dan eksaserbasi. Khas pada penyakit ini adalah trombositopenia. Anemia biasanya normositik. Leukosi biasanya normal, tetapi jika terjadi perdarahan hebat dapat terjadi leukositosisi ringan.
Jawaban: B. (Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 1, hal. 479-481)

52

52. Seaorang anak berusia 1 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan batuk-batuk sejak 2 minggu yang lalu. Batuk – batuk panjang disertai mual dan muntah. Prmrtiksaan vital sign normal. Pada pemeriksaan paru ditemukan inspirasi dalam. Pemeriksaan laboratorium ditemukan leukosit 63.000/mm3 dan trombosit 343.000/mm3. Diagnosis yang tepat adalah
a. Pretusis d. Asma bronkial
b. BP e. Bronkitis
c. Bronkiektasis

Jawab : A. Pretusis (Standar Penataleksanaan Ilmu Kesehatan Anak; Bab plumonologi,hal 8;Kamus Kedokteran Dorland,edisi 29,hal.652)

53

53. Seorang laki-laki berusia 35 tahun datang denga keluhan ada luka di kemaluan.Pada pemetiksaan fisik didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg, Nadi 80 kali/menit, frekuensi nafas 20 kali/permenit, dan temperatur 36,5oC. Pada pemeriksaan fisik ditemukan ulkus soliter,nyeri tekan(-),dasar bersih,dan tepi rata. Pemeriksaan penunjang yang dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosis adalah
a. IgM HSV d. Tes kamar gelap
b. IgG HSV e. Tes kulit ito-reenstierna
c. VDRL,TPHA

jawab : C. VDRL,TPHA (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin,edisi 3,hal. 369,377-379)

54

54. Seorang laki-laki berusia 65 tahun diantar keluarganya ke UGD. Ia mengeluh nyeri pada dadanya setelah beraktivitas dan akan sembuh setelah beristirahat selama 5 menit. Pada memeriksaan fisik didapatkn,tekanan darah 140/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi nafas 24 kali/menit,dan temperatur 36,5oC. Setelah 20 menit di EKG tampak ST deperesi di V1-V3. Satu jam kemudian,gambaran EKG normal. Diagnosis pasien ini adalah
a. Angina premenzel d. Miokard infark
b. Angina stabil e. Tenponade jantung
c. Angina tak stabil

jawab : B. Agina stabil (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III,edisi 4,hal.1611)

55

55. Seorang anak laki-laki berusia 3 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan benjolan di ujung alis sejak lahir. Akhir – akhir ini baru mulai membesar,tidak nyeri,tidak merah,kistik,dan mobile. Pada pemeriksaan,tanda vital normal. Diagnosisnya adalah
a. Lipoma c. Kista aterom e. Miliaria
b. Ateroma d. Kista dermoid

jawab :D. Kista dermoid (Buku Ajar Ilmu Bedah edisi 2 , hal. 321 dan 323)

56

56. Posyandu yang memiliki lebih dari 8 kegiatan ,lebih dari 5 kader,cakupan program umum >50%,dan ada kegiatan tambahan termasuk posyandu
a. Posbindu d. Mandiri
b. Purnama e. Madya
c. Pratama

Jawab : B. Purnama (Kesehatan Masyarakan Ilmu dan Seni,hal.11)

57

57. Metode pembelajaran yang paling tepat dalam memberikan penyuluhan tentang gizi buruk kepada ibu-ibu adalah
a. Konseling d. Roleplay
b. Ceramah e. Simulasi
c. Workshop

Jawab : A. Konseing (Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni,hal. 117)

58

58. Seorang wanita berusia 80 tahun berobat ke dokter umum dengan keluhan jantung berdebar-debar disertai sering berkeringat. Pada pemeriksaan,T4 bebas mengikat dan TSH mengikat. Kemudian ,dokter memutuskan dilakukan pemeriksaan penunjang lain yaitu pemeriksaan sidik troid. Gunannya pemeriksaan untuk
a. Menentukan ukuran kelenjar tiroid
b. Evakuasi nodul tiroid
c. Menentukan pembesaran kelenjar tiroid
d. Menyingkirkan diagnosis banding
e. Menentukan penatalaksanaan selanjutnya

Jawab : D.Menyingkirkan diagnosis banding (Buku Ajar Ilmu Bedah,edis 2,hal.369)

59

59. Di sebuah puskesmas kota terjadi wabah diare pada balita. Upaya pencegahan diare yang berkaitan dengan tempat tinggal adalah
a. Sumber air minum bersih dan tersedianya jamban
b. Memasak air minum terlebih dahulu
c. Membuat makanan bergizi
d. Terapi diare
e. Pemberian asi eksklusif

Jawab : A. Sumber air minum bersih dan tersedianya jamban (Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Komunitas,hal. 37)

60

60. Seorang laki-laki berusia 72 tahun datang ke UGD dengan keluhan nyeri mendadak di daerah perut atas dan pada kemaluan teraba kandung kemih penuh. Pada pemeriksaan fisik, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, temperatur 36,5°C. Tindakan segera yang harus dilakukan adalah....
a. Pasang kateter uretra
b. Terapi analgetik
c. Pasang iv line
d. BNO
e. Pasang oksigen

Pembahasan :
Pada pasien ini terdapat gejala dan tanda kelainan pada saluran kemih, yaitu adanya nyeri perut dan retensi urine. Retensi urine adalah keadaan pasien yang tidak dapat kencing padahal kandung kemih penuh saat diraba. Keadaan ini dapat disebabkan oleh sumbatan mekanis pada uretra atau gangguan fungsional kandung kemih dan sfingternya. Oleh kerana itu, tindakan segera yang harus dilakukan adalah memasang kateter uretra agar dapat mengeluarkan urine dalam kandung kemih.
Jawaban : A. (Buku Ajar Ilmu bedah, edisi 2, hal. 739)

61

61. Seorang wanita berusia 45 tahun mengidap kanker leher rahim stadium terminal dengan angka harapan hidup sangat kecil. Ia selalu merasa kesakitan dan fisiknya sering lemah. Dokter memberikan morfin (terapi minimal) untung penahan sakit. Pasien merasa secara sosial hidupnya tidak berguna lagi dan tidak sanggup menahan sakit. Ia meminta dokter menaikkan dosis morfinnya agar dapat meninggal dengan tenang. Dokter menolak permintaan tersebut. Dilema etik yang paling sesuai dialami dokter adalah....
a. Beneficence-otonomi
b. Otonomi-non malaficence
c. Non malaficence-beneficence
d. Justice-otonomi
e. Justice-non malaficence

Pembahasan :
Kedokteran berpegang teguh kepada empat kaidah dasar moral (moral principles), yaitu otonomi, beneficence, nonmaleficence, dan justice. Beneficence berarti setiap tindakan medis harus ditunjukan untuk kebaikan pasien. Nonmaleficence berarti setiap tindakan medis harus tidak boleh memperburuk keadaan pasien. Moral dilema masih mungkin terjadi apabila prinsip beneficence dihadapkan dengan nonmaleficence, misalnya apabila keinginan pasien (otonomi) ternyata bertentangan dengan prinsip beneficence atau nonmaleficence.

Jawaban : C. (Kode Etik Kedokteran Indonesia, hal. 47)

62

62. Seorang anak laki-laki berumur 10 tahun dibawa keluarganya ke rumah sakit setelah mobil yang ditumpanginya menabrak pohon dan dada anak tersebut membentur dashboard. Dari pemeriksaan fisik didapatkan, si pasien tampak gelisah, temperatur 39°C, respiratory rate 32 kali/menit, nadi 110kali/menit, dan tekanan darah 110/90 mmHg. Terdengar ronki di kedua lapangan paru, perkusi pekak, dan penurunan suara pernapasan pada thoraks kanan. Hasil rontgen dada terdapat konsolidasi di paru lobus kanan. Saturasi O2 pasien turun. Tiba-tiba, pasien mengeluh sesak napas yang timbul mendadak. Tindakan yang tepat untuk dilakukan adalah....
a. Pemeriksaan analgetik
b. Pemberian oksigenasi
c. Intubasi
d. Pungsi dada
e. Thoracosintesis

Pembahasan :
Pasien mengalami trauma dada dengan ronki di kedua lapangan paru, perkusi pekak, dan penurunan suara pernapasan di thoraks kanan. Hasil rontgen dada terdapat konsolidasi di paru lobus kanan. Diagnosis hemothoraks ditegakkan dengan adanya syok yang disertai suara napas menghilang dan perkusi pekak pada sisi dada yang mengalami trauma. Pada foto thoraks, terdapat bayangan pada paru. Terapi awal hemathoraks adalah dengan dipungsi dan penderita diberi transfusi. Pada pungsi, sedapat mungkin dikeluarkan semua cairan. Jika terus berlanjut, dipasang penyalir sekat air (chest tube).
Jawaban : D. (Buku Ajar Ilmu Bedah, edisi 2, hal.410-413)

63

63. Seorang wanita berusia 52 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan sering BAK, tetapi tidak sakit. Berat badan turun drastis dalam tiga bulan terakhir, padahal nafsu makan biasa. Ia juga mengeluh keputihan yang terasa gatal dan tidak sembuh-sembuh selama satu bulan ini. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 150/80 mmHg, respiratori rate 24 kali/menit, nadi 90 kali/menit, temperatur 37°C. Diagnosis yang tepat adalah....
a. Hipotiroid
b. Diabetes insipidus
c. Hipertiroid
d. Cushing synd
e. Diabetes mellitus

Pembahasan :
Manifestasi klinis yang perlu diperhatikan pada kasus ini adalah keluhan sering BAK, tanpa nyeri, berat badan turun drastis dalam tiga bulan terakhir, padahal nafsu makan biasa, dan terdapat luka di ujung jempol yang tidak sembuh-sembuh sudah satu bulan ini. Hal tersebut mengarah ke diagnosis diabetes mellitus.
Keluhan keputihan yang terasa gatal kemungkinan disebabkan oleh candida. Sebab, pasien dengan DM cenderung lebih rentan terkena kandidiasis.
Jawaban : E. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal. 103-105)

64

64. Seorang wanita berusia 28 tahun (hamil 32 minggu) datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri saat buang air kecil. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 78 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, temperatur 36,5°C, dan leukosit (+++), dan terdapat nyeri suprapubik. Dari pemeriksaanlaboratorium didapatkan, nitrit (+), leukosit (+++), dan nyeri CVA (-). Pengobatan untuk pasien ini adalah....
a. Kultur urine dan sefalosporin 250 mg 2x1 selama 3 hari
b. Kultur urin dan sefiksime 3x1 selama 7 hari
c. USGdan ampisilin 3 g
d. Kultur urine dan trimetoprim 200 mg selama 2 hari
e. USG dan sefalosporin 500 mg selama 5 hari

Pembahasan :
Pasien memiliki keluhan nyeri saat BAK dan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, leukosit (+++). Hal tersebut mengarah ke diagnosis infeksi saluran kemih (ISK). Pada wanita lebih sering menderita sistisis. Manifestasi klinisnya seperti sakit suprapubik, polakisuria, nokturia, disuria, dan stranguria.
Analisis urine rutin, pemeriksaan mikroskop urine segar tanpa putar, kultur urine, serta jumlah kuman/ml urine merupakan protokol standar untuk pendekatan diagnosis ISK. Kultur urine dilakukan untuk mengetahui mikroorganisme penyebeb yang berkaitan dengan pemilihan antimikroba.
The Infectious Disease Society of America menganjurkan satu dari tiga alternatif terapi antibiotik IV sebagai terapi awal selama 48-72 jam sebelum diketahui mikroorganisme penyebabnya:
• Fluorokuinolon
• Amiglikosida dengan atau tanpa ampisilin
• Sefalosporin dengan spektrum luas dengan atau tanpa aminoglikosida
Jawaban : A. (Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2, edisi 3, hal. 13)

65

65. Seorang anak diare. Lalu, keluarganya membawa ke dokter. Setelah itu, si pasien diberi obat dan diharapkan sembuh. Dokter mengatakan jika timbul tanda-tanda darurat harus ke dokter lagi. Apa yang dilakukan dokter selanjutnya?
a. Mengajak ibu mengenali kedaruratan pada anak
b. Meminta ibu mengingat obat-obatan untuk anaknya
c. Memberitahu ibu jika diare kembali segera beri oralit
d. Meminta ibu untuk kontrol ulang satu minggu lagi
e. Mengajak ibu untuk membawa ke UGD jika terjadi sesuatu

Pembahasan :
Hal yang harus dilakukan dokter selanjutnya adalah memberikan informasi mengenai tanda-tanda darurat pada anak agar ibu dapat segera mengenali dan membawa anak secepatnya ke dokter. Informasi ini merupakan hak pasien untuk mengetahuinya secara jelas.
Jawaban : A. (Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan , edsi 4, hal. 50)
66. Seorang wanita berusia 32 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan berdebar-debar. Keluhan ini muncul sejak pasien selalu merasa cemas. Setiap hari pasien khawatir nasib sial akan menimpanya. Keluhan juga disertai dengan tegang serta kepala selalu merasa berat dan pusing. Hal ini telah berlangsung selama dua bulan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 78 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. Diagnosisnya adalah....
a. Gangguan cemas
b. Gangguan cemas menyeluruh
c. Skizofren
d. Agorafobia
e. Reaksi stres akut

66

66. Seorang wanita berusia 32 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan berdebar-debar. Keluhan ini muncul sejak pasien selalu merasa cemas. Setiap hari pasien khawatir nasib sial akan menimpanya. Keluhan juga disertai dengan tegang serta kepala selalu merasa berat dan pusing. Hal ini telah berlangsung selama dua bulan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 78 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. Diagnosisnya adalah....
a. Gangguan cemas
b. Gangguan cemas menyeluruh
c. Skizofren
d. Agorafobia
e. Reaksi stres akut

Pembahasan :
Pedoman diagnostik gangguan cemas menyeluruh, yaitu :
? Penderita harus menunjukkan anxietas sebagai gejala primer yang berlangsung hampir setiap hari untuk beberapa minggu sampai beberapa bulan yang tidak terbatas atau hanya menonjol pada keadaan situasi khusus tertentu.
? Gejala-gejala tersebut biasanya mencakup unsur-unsur berikut:
a. Kecemasan seperti khawatir akan nasib buruk dan merasa seperti diujung tanduk.
b. Ketegangan motorik seperti gelisah, sakit kepala, gemetaran, dan tidak bisa santai.
c. Overaktivitas otonomik seperti berkeringat, jantung berdebar-debar, sesak napas, kepala terasa ringan, keluhan lambung, pusing, dan mulut kering.
Jawaban : B. (Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa Rujukan Ringkas dari PPDGJ III, hal. 74)

67

67. Seorang wanita berusia 24 tahun datang dengan keluhan demam sejak 6 hari yang lalu. Demam meningkat pada malam hari. Pada pemeriksaan fisik, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5 °C. Dokter mendiagnosis pasien dengan demam tifoid dan merawat inap di rumah sakit. Tiba-tiba, pasien ilusi, gelisah, mau mencabut infus, dan keluar kamar. Yang terjadi pada pasien disebut....
a. Skizofren
b. Delirium
c. Waham
d. Koma
e. Demensia

Pembahasan :
Delirium menyerupai sindrom psikiatrik yang sementara (transient). Keadaan ini disebabkan gangguan difus yang bersifat metabolik pada kedua belah hemisferium bersama fungsi kompensasi seluruh korteks serebri. Secara klinis memperlihatkan daya kognitif yang menurun secara global dengan derajat kesadaran yang kurang. Orang awam mengenal gambaran klinisnya sebagai ‘ngacau’.
Delirium bangkit secara mendadak atau perlahan. Ada gelisah motorik serta daya pikir kacau karena adanya ilusi dan hausinasi. Pada umumnya, delirium timbul sebagai gejala pengiring penyakit infeksi sistemik seperti malaria, pneumonia, demam tifoid, demam rhematoid, demam puerperalis, dan ensefalitis.
Jawaban : B. (Neurologi Klinis Dasar, hal. 210)

68

seorang laki-laki berusia 60tahun, pengguna narkoba suntik datang ke poliklinik umum kaarena merasa cepat lelah. Terkadang di sertai sesak nafas. Pada pemeriksaan fisik di dapatkan tekanan darah 130/80mmHg, nadi 80kali/menit, frekuensi napas 30kali/menit, dan temperature 36,5C. dari pemeriksaan jantung di dapatkan, iktus kordis pada sela iga 5 dan murmur sistolik di sela iga 4 parasternal kiri. Pada pemeriksaan radiologis foto thoraks terdapat kardiomegali dengan pembesaran ventrikel kanan. Diagnosis pasien ini adalah…
a) Regurturasi mitral
b) Regurgitasi pulmonal
c) Regurtirasi aorta
d) Regurtigasi tricuspid
e) Prolaps mitral

PEMBAHASAN :
Pasien dengan regurgitasi tricuspid datang dengan keluhan mencolok mudah lelah/fatig dan anoreksia. Ada riwayat sesak napas pada latihan progresif dan batuk darah. Pada keadaan berat, timbul keluhan bengkak tungkai(asites), perut membesar, dan hepatomrgali, biasa pada fase awal dapat teraba pulsasi sistolik di permukaan hati. Pada auskultasi dapat terdengar s3 dari ventrikal kanan yang terdengar lebih keras pada inspirasi dan bila di sertai hipertensi pulmonal, suara p2 akan mengeras. Bising pansistolik dengan nada tinggi terdengar paling keras di sela iga 4 garis parasternal kiri dan dapat pula sampai ke sibxifoid. Adanya kenaikan aliran melalui katup tricuspid dapat menimbulkan bising diastolic pada daerah parasternal kiri. Pada gambaran radiologis, adanya kardiologi yang mencolok akibat pembesaran ventrikel kanan.
JAWABAN: D

69

seorang ibu berusia 50tahun yang akan naik haji, datang ke puskesmas meminta vaksin. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 130/80mmHg, nadi 80kali/menit, dan temperature 36,5C. dari hasil peeriksaan, ibu dinyatakan sehat oleh dokter,ibu ini di beri vaksin apa…
a) Meningitis dan pneumococcus
b) Influenza dan meningitis
c) Meningitis dan demam kuning
d) Influenza dan kanker serviks
e) Meningitis dan kanker serviks

PEMBAHASAN:
Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 442/Menkes/SK/VI/2009 dan UU No.13 Tahun 2008 tentang “Penyelenggaraan Ibadah Haji”, maka prioritas jenis imunisasi saat ini ada imunisasi meningitis tetravalent bagi semua jemaah haji dan influenza sesuai dengan musim haji bagi petugas dan jemaah haji usia lanjut
JAWABAN: B

70

70 seorang laki-laki berusia 30 tahun dibawa UGD setelah mengalami kecelakaan lalu lintas. Pasien. ditabrak motor dari samping ketika menyebrang jalan. Kesadaran pasien menurun serta mulut dihidung penuh darah.Tindakan pertama kali saat pasien tiba di UGD adalah......
a.Evaluasi jalan napas
b. Beri oksigen
c. Pasang kateter uretra
d. Pasang pulse oximetri
e.E valuasi tanda vital

PEMBAHASAN:
Pengelolaan penderita yang terluka parah memerlukan penilain yang cepat dan pengelolaan yang tepat guna menghindari kematian. Pengelolaan penderita berupa primary survey yang cepatan dan kemudian resultasi, secondary survey, dan akhirnya terapi definitif. Peroses ini merupakan ABC-nya trauma dengan berpatokan pada urutan berikut:
A: Airways, Menjaga airways (jalan napas) denagn kontrol servikal (cervical spine control ).
B: Breathing, Menjaga pernapasan dengan ventilasi.
C: Circulation, dengan kontrol pendarahan (hemorrhage control)
D: Disability, status neurologis
E: Exposure/environ control. Buka baju penderita tetapi cegah hipotermi.
JAWABAN: A (Advanced Trauma Life Support for Doctor,hal,14-15)

71

71 Pada suatu daerah yang terdiri atas 32 kecamatan dan 188 desa, memiliki 35 puskesmas, 68 puskesmas pembantu,dan 62 orang bidan desa. Pada puskesmas D terdapat data 2 perdarahan post partum, 1 kematian ibu, 1 kematian bayi, dan 2 balita gizi buruk dengan K1=90% dan K4=50%. Apa arti K4=50%?
a. Puskesmas cukup
b. Puskesmas perlu ditambah sebanyak setengahnya
c. Tempat puskesmas pembantu dengan keberhasilan 50%
d. Puskesmas lebih
e. Kunjungan anteriatal keempat ibu hamil hanya 50%

PEMBAHASAN:
Dalam rangka munurunkan angka kematian ibu di indonesia yang masih tinggi , kementrian kesahatan melakukan berbagai upaya, seperti program peningkatan deteksi dan penanganan ibu hamil resiko tinggi. Yakni, Pada peningkatan cakupan persalinan, di tolong atau didampingi oleh tenaga peningkatan sarana dan prasarana puskesmas beserta jajarannya (dalam deteksi dan penanganan resiko tinggi).
Cakupan K4 yang merupakan indikator tingkat perlindungan ibu hamil dalam program pelayanan atenatal pada kunjungan keempat ternyata belum mencapai harapan. Terutama di wilayah kerja puskesmas D yang baru mencapai 50%.
JAWABAN: E. (Dasar-Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedoteran Komunitas FK Unsri).

72

72 Upaya kesehatan pengembangan yang paling mungkin diselenggarakan adalah.......
a. Kesehatan lingkungan
b. Promosi kesehatan
c. KIA-KB
d. P2M
e. UKS

PEMBAHASAN:
Program kesehatan ibu dan anak (KIA) merupakan salah satu prioritas utama pembangunan kesehatan di indonesia. Program ini bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, ibu melahirkan, dan bayi neonatal. Salah satu tujuanprogram ini adalah menurunkan kematian dan kejadian sakit di kalangan ibu.

JAWABAN: C(Dasar-Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran komunitas FK UNSRI)

73

73 Intervensi yang menjadi prioritas utama adalah?
a. Penyuluhan
b. Tambah SpOG
c. Dukun bersalin
d. Menambah jumlah puskesmas
e. Maksimalisasi bidan-bidan desa di puskesmas

PEMBAHASAN:
Program KIA erat kaitnya dengan bidan-bidan desa yang menjdi tenaga teknis dalam pelayanan KIA pada masyarakat. Untuk itu, bidan-bidan desa perlu di optimalkan fungsinya.
JAWABAN: E.(Dasar-Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komunitas FK UNSRI).

74

74 Seorang wanita 16 tahun dateng ke tempat praktik dokter dengan keluhan adanya benjolan pada payudara kiri. Ia baru menyadari ada benjolan selama tiga minggu belakangan karena tidak terasa nyeri selama ini. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80kali/menit, frekuensi napas 20 kal/menit,dan temperatur 36,5C. Pada pemeriksaan fisik juga di temukan massa padat kenyal di payudara dan mudah di gerakkan. Pembasaran kelenjer getah bening tidak ada. Diagnosis yang mungkin adalah.......
a. Fibroadenoma
b. Ca mamma
c. Galactocele
d.Cystoma pyloides
e. Abses payudara

PEMBAHASAN:
Pada pasien ini ditemukan manifestasi klinis,seperti benjolan di payudar kiri dengan massa pada kenyal, tanpa nyeri, dan mudah digerakkan. Hal tersebut mengarah ke diagnosis fibrodenoma.
Fibrodenoma merupakan neoplasma jinak yang utamanya terdapat pada wanita muda. Teraba sebagai benjolan bulat atau benjolan-benjolan dengan simpai licin dan konsistensi kenyal padat. Tumor ini amat mudah digerakkan. Biasanya tidak nyeri, tetapi kadang dirasakan nyeri bila ditekan. Pada masa adolesns,fibroadenoma bisa dalam ukuran besar. Pertumbuhan bisa cepat sekali selama kehamilan dan laktasi.
JAWABAN: A.(Buku Ajar Ilmu Bedah,edisi 2,hal 392).

75

75 Seorang wanita berumur 28 tahun GPA datang ke UGD ingin melahirkan ibu melahirkan dengan normal dibantu oleh dokter pada pemeriksaan fisik ibusetelah petugas didapatkan tekanan darah 110/70,denyut nadi 72 kali/menit, frekuensi napas 24 kali/menit, dan suhu 36,9 C. Dokter memberitahukan kepada ibu bahwa telah melahirkan anak dengan spina bifida. Kekurangan zat apakah pada masa kehamilan yang dapat menyebabkan hal tersebut?
a. Asam askorbat
b. Asam nicotinat
c. Riboflavin
d. Asam folat
e. Cynacobalamin

PEMBAHASAN:
Bentuk aktif asam folat adalah tetrahydrofolic acid, yaitu suatu koenzim yang mentransfer gugusan bunyi formyl,hydroxilmethyl, methylene, dan formimine. Proses reaksi ini juga bersangkutan dengan sintesis purine, mehionnin, serini,dan katabolisme histidine. Asam folat diperlukan untuk pertumbuhan dan kehamilan serta berperan dalam hematopiesis. Pada defisiensi asam folat terhambat karena hambatan sintesis yang berakibat terjadinya prekursor eritrosit megaloblastik. Pada masa kehamilan dengan defisiensi asam folat dapat menyebabkan spina bifida pada anak di daerah tropik ,defisiensi asam folat banyak pada wanita yang sedang hamil anak-anak di bawah umur 3 tahun.
JAWABAN: D (Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan profesi jilid 1,hal 156-157).

76

76 seorang wanita berusia 41 tahun mendatangi puskesmas terdekat dengan keluhan luka di kaki kiri yang tidak kunjung sembuh. Keluhan ini telah berlangsung sejak enambulan yang lalu. Pasien merupakan seorang guru sekolah dasar,menikah,memiliki lima orang anak,dan memiliki kontrapersi oral. Dari hasil pemeriksaan fisik di dapatkantinggi badan 162 cm, berat badan 78kg, ditemukan ulkus supratroklear medial sisnitra,basah,dan kulis sekitar kehitaman.diagnosis yang tepat untuk pasien adalah........
a.Ulkus diabetikum
b.Ulkus kronik e.c sumbatan aorata
c. Ulkus varikosum
d. Ulkus e.c lupus
e. Ulkus e.c trombosis vena

PEMBAHASAN:
Pasien memiliki riwayat memakai kontrasepsi oral. Pada kontrasepsi ini biasanya terdiri atas komponen eksterogen dan progesteron, atau salah satu dari komponen tersebut. Efek samping berat yang di khawatirkan dari otak adalah tromboemboli, termasuk tromboemboli pada wanita yang memakai kontrasepsi pil akan lebih besar apabila ada faktor predisposisi, seperti merokok,hipertensi, dibetes melitus,dan obesitas.
JAWABAN: E(Ilmu kandungan,edisi 2,hal.548)

77

77 Seorang wanita berusia 48 tahun datang dengan keluhan bengkak kaki sejak dua bulan yang lalu. Keluhan disertai rasa tidak enak di perut,mual,dan sesak napas. Pasien mengaku telah menjalani diet selama satu bulan. Berat badan pasien turun drastis. Pada pemeriksaan fisik,didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit, temperatur 36,5 C Diagnosis yang tepat adalah.......
a.Obstruksi vena
b. Sindroma nefrotik
c. Sirosis hepatis
d. Gagal jantung
e.Malnutrisi

PEMBAHASAN:
Informasi yang harus di perhatikan pada kasus ini adalah adanya riwayat menjalin diet selama satu bulan. Hasil pemeriksaan fisik normal. Salah satu efek kekurangan asupan protein adalah terjadinya oedem. Malnutrisi merupakan terjaddi penurunan berat badan lebih dari 10% dari berat badan sebelumnya dalam tiga bulan terakhir.
JAWABAN: E(Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Propesi Jilid 1,hal.86;Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid 1,edisi 4,hal, 312)

78

78. Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dibawa ke UGD karena mengalami luka. Terlihat abrasi kulit karena jatuh dari sepeda pada tanah yang banyak dilalui kuda. Pasien pernah mendapat boster DPT pada usia 5 tahun. Sediaan yang tepat untuk mengobati pasien ini adalah..
a. TT d. TT dan tetanus lagi
b. DT e. tetanus lagi
c. Boster DPT

Pembahasan :
Pada fase awal terapi, mencangkup pembersihan luka dengan debridement dan antibiotic serta pemberian antitetanus serum. Imunisasi toksoid lengkap diberikan untuk mencegah serangan tetanus.
Indikasi pemberian imunisasi pada tetanus, yakni:
1. Jika riwayat imunisasi sebelumnya tidak ada atau tidak pasti maka ada luka bersih diberikan seri lengkap toksoid tetanus(TT). Sedangkan, pada luka kotor diberikan seri lengkap TT dan ATS
2. Jika telah mendapat 1 kali imunisasi difteri-tetanus(DT) atau difteri-tetanus-perusis(DPT) maka pada luka bersih diberikan seri lengkap toksoid tetanus(TT). Sedangkan, pada luka kotor diberikan seri lengkap TT dan ATS
3. Jika telah mendapat 2 kali imunisasi difteri-tetanus(DT) atau difteri-tetanus-perusis(DPT) maka pada luka bersih diberikan seri lengkap toksoid tetanus(TT). Sedangkan, pada luka kotor diberikan seri lengkap TT dan ATS
4. Jika telah mendapat 3 kali imunisasi difteri-tetanus(DT) atau difteri-tetanus-perusis(DPT) atau lebih maka luka tidak mendapat TT, kecuali boster yang terakhir sudah 10 tahun yang lalu atau lebih. maka Sedangkan, pada luka kotor tidak diberikan TT kecuali boster yang lalu sudah 5 tahun yang lalu atau lebih.
Jawaban : D.( buku ajar ilmu bedah edisi 2, hal. 24)
79. Seorang anak perempuan berusia 2 tahun dibawa orangtuanya ke tempat praktik dokter dengan keluhan mencret-mencret sejak dua minggu yang lalu. Ibunya menggeluh berat badan sianak semakin menurun. Pada pemeriksaan fisik ditemukan asites dan hepotomegalii. Dari pemeriksaan laboratorium didapatkan, hemoglobin 6.0 g/dl protein total 4.4 mg/dl dan albumin 2.6 mg/dl. Penyebab edema anasarka pada anak ini adalah..
a. Tekanan onkotik vaskuler rendah
b. Tekanan hidrostatik vaskuler rendah
c. Prekursornya menurun
d. Kurang asam amino esensial
e. Kegagalan hepar sintesis albumin
Pembahasan
Edema didefinisikan sebagai penumpukan cairan interstisial yang berlebihan. Edema dapat terlokalisir atau generalisata. Penyebab edema selalu berkaitan dengan perubahan kekuatan pada hokum straling yang mengatur distribusi cairan antara kapiler dan ruang interstisial. Dengan demikian, edema dapat disebabkan oleh tekanan hidrostatik kapiler yang meningkat, tekanan osmotic koloid yang menurun, permeabilitas kapiler yang meningkat atau obstruksi aliran limfatik.
Jawaban : A. (patofisiologi konsep klinis proses-proses penyakit volume 1, edisi 6. Hal 333)

79

79. Seorang anak perempuan berusia 2 tahun dibawa orangtuanya ke tempat praktik dokter dengan keluhan mencret-mencret sejak dua minggu yang lalu. Ibunya menggeluh berat badan sianak semakin menurun. Pada pemeriksaan fisik ditemukan asites dan hepotomegalii. Dari pemeriksaan laboratorium didapatkan, hemoglobin 6.0 g/dl protein total 4.4 mg/dl dan albumin 2.6 mg/dl. Penyebab edema anasarka pada anak ini adalah..
a. Tekanan onkotik vaskuler rendah
b. Tekanan hidrostatik vaskuler rendah
c. Prekursornya menurun
d. Kurang asam amino esensial
e. Kegagalan hepar sintesis albumin

Indikasi pemberian imunisasi pada tetanus, yakni:

80

80. Seorang bayi ditemukan meninggal dalam keadaan luka lecet di leher serta tampak lebam di mulut. Tes apung paru (+). Penyebab kematian bayi adalah...
a. Kematian wajar
b. Abortus
c. penelantaran bayi
d. Infantisid
e. Mati karena kelainan paru

PEMBAHASAN:
Hasil tes apung yang positif menunjukan adanya udara di dalam paru-paru sehingga dapat disimpulkan bahwa bayi pernah hidup sebelumnya atau lahir hidup. Luka-luka yang ditemukan pada bayi dapat dikaitkan dengan penyebab kematiannya. Cara yang paling banyak dijumpai untuk melakukan tindakan pembunuhan anak adalah yang menimbulkan keadaan mati lemas (asfiksia), seperti penjeratan, pencekikan,pembekapan, serta membenamkan ke air. Dalam kasus ini, pada pemeriksaan ditemukan luka lecet dan lebam di mulut. Dari pemeriksaan tersebut diduga kasus pembunuhan anak atau dikenal dengan infantisid
JAWABAN: D, (Pedoman Ilmu Kedokteran Forensik, edisi 1, hal. 262-263)

81

81. Seorang anak berumur 3 tahun diantar orangtuanya datang ke puskesmas dengan keluhan demam sejak tiga hari yang lalu.Keluhan demam disertai pilek.Riwayatnya sering demam dan batuk.Dari pemeriksaan jantung ditemukan bising pansistole grade 4/6 pd ICS 45 linea mid clavicula.Apa yang harus dilakukan kepada pasien?
a. Merujuk ke spesialis jantung anak
b. Diberikan terapi selama seminggu lalu kontrol ulang
c. Melakukan ekg
d. Membiarkan karena akan sembuh sendiri
e. Diobati

Pembahasan:
Pasien memiliki riwayat demam,batuk,dan pilek.Dari pemeriksaan jantung ditemukan bising pansistole grade 4/6 pd ICS 4-5 linea clavicula.Diagnosis bandingnya penyakit jantung rematik atau penyakit jantung bawaan.Untuk diagnosis pasti sebaiknya dokter segera merujuk ke dokter spesialis jantung anak.
JAWABAN: A (Etika kedokteran dan Hukum Kesehatan,edisi 4)

82

82. Seorang laki-laki berusia 31 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas dilarikan ke UGD dengan luka di kepala dan kaki kana.Pada pemeriksaan fisik didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 28kali/menit,dan temperatur 36,5°C.Dari bising napas pada supraklavikula.Tiba-tiba,pasien mengalami henti napas.Apa yang harus segera dilakukan?
a. DC shock d. Pemasangan infus
b. Resusitasi jantung paru e. Pemasangan ventilator
c. Pemasangan EKG

PEMBAHASAN:
Ketika pasien trauma mendadak mengalami henti napas maka tim medis harus segera melakukan resusitasi jantung paru untuk menyelamatkan jiwa pasien.
JAWABAN: B (Advanced Caridovascular Life Support,hal.9)

83

83. Seorang anak berusia 17 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan muncul kemerahan di seluruh tubuh.Pada riwayat sebelumnya,pasien pernah menderita psoriasi.Pada pemeriksaan fisik tekana darah 110/70 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperatur 36,5°C.Dari pemeriksaan tampak bercak merah,lesi generalisata,permukaan bersisik,dan tanpa disertai gatal.Kemungkinan diagosis adalah.....
a. Eritema nodosum d. Tinea corporis
b. Eritroderma e. Dermatitis medikamentosa
c. Drug eruption

PEMBAHASAN:
Eritroderma adalah terdapatnya eritema di seluruh tubuh atau hampir seluruh tubuh yang biasanya disertai skuama.Eritriderma dapat disebabkan oleh bermacam-macam penyakit lain di samping alergi karena obat.Seperti meluasnya dematosis yang sudah ada,misalnya psoriasis serta penyakit sistemik termasuk keganasan pada sistem limfokular (penyakit hodgkin dan leukimia).Pada eritroma karena alergi obat,terlihat eritema tanpa skuama.Skuama baru timbul pada stadium penyembuhan.
JAWABAN: B (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin,edisi 3,hal,141)

84

84. Pegawai laboratorium kimia berumur 30 tahun datang ke UGD dengan keluhan kulit melepuh padajari telunjuk dan tengah.Kulit terasa perih dan panas.Pada pemeriksaan vital sign didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperatur 36,5°C.Pada pemeriksaan fisik ditemukan,pada kulit terdapat lesi vesikel-bula berisi cairan beningg setelah terkena zat kimia di tempat kerjanya.Diagnosis pasien ini adalah....
a. Dermatitis kontak alergi d. Allergic drug eruption
b. Dermatitis kontak iritan e. Liken simpleks
c. Luka bakar

Pembahasan
Dermatitis kontak iritan akut biasanya karena kecelakaan.Kulit terasa pedih atau panas dengan eritema,vesikel,atau bula.Luas kelainan umumnya sebatas daerah yang terkena dan berbatas tegas.Pada umumnya,kelainan kulit muncul segera,tetapi ada sejumlah bahan kimia yang menimbulkan reaksi akut lambat,misalnya podofilin,antralin,dan asam fluorohidrigenat.
JAWABAN: B (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin,edisi 3,hal.128)

85

85. Seorang laki-laki berumur 66 tahun datang dengan keluhan sulit BAK selama dua bulan ini.BAK sedikit,namun sering.Frekuensinya semakin lama semakin meningkat.BAK merasa tidak puas,kadang-kadang kencing berwarna merah,dan tanpa rasa nyeri.Pada pemeriksaan fisik didapatkan,tekanan darah 130/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperatur 36,5°C.Pada pemeriksaan juga teraba masa suprapubik fluktuatif.Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah.....
a. Tumor intra abdomen d. Tumor buli
b. Bekuan darah e. Batu vesika urinaria
c. Retensi urine

PEMBAHASAN:
Gejala klinis pada pasien ini adalah BAK sedikit,tetapi sering,frekuensinya semakin lama semakin meningkat,kencing merasa tidak merasa tidak puas,kadang-kadang kencing berwarna merah,dan tanpa rasa nyeri.Diagnosis yang mungkin alah tumor kandung kemih.
Tumor kandung kemih memiliki gejala utama hematuria makroskopik atau mikroskopik.Biasanya intermitten dan seringg tanpa rasa nyeri.terdapat gejala iritasi,yakni disuria,tidak dapat menahan kemih,dan polakisuria.Pemeriksaan bimanual sangat berguna untuk menetukann infiltrasi.Kemudian,pada sistografi dan pielografi intravena,tampak lesi defek isian dalam kandung kemih.
JAWABAN: D (Buku Ajar Imu Bedah,edisi 2,hal.780)

86

86. Seorang wanita berusia 21 tahun datang ke tempat praktik dokter karena selalu merasa cemas.Dia merasa bersalah karena telah melukai adiknya yang berusia tujuh tahun.Dia merasa terganggu.Dia tahu tidak baik mempunyai perasaan seperti itu,tetapi perasaan tersebut terus muncul.Pasien sering merasa ototnya gemetaran,pusing,susah tidur,dan sulit kosentrasi.Terapi apakah yang sebaiknya diberikan kepada pasien ini?
a. Haloperidol d. CPZ
b. SSRI e. Estazolam
c. Diazepam

PEMBAHASAN:
Pasien pada kasus di atas memiliki gangguan cemas (anxietas).Karenanya,yang diperlukan adalah antaxietas.Gejala sindrom anxietas adalah:
Ketegangan motorik:Kedutan otot atau rasa gemetar,otot tegang/kaku/pegal,tidak bisa diam,dan mudah menjadi lelah.
Hiraktivitas otonomik:Napas pendek atau terasa berat,jantung berdebar-debar,telapak tangan basah-dingin,mulut kering,kepala pusing atau rasa melayang,mual,mencret,perut tidak enak,sering BAK,dan sukar menelan.
Kewaspadaan berlebihan dan penangkapan berkurang:Perasaan jadi peka atau mudah tersinggung,mudah kaget,sulit kosentrasi,dan sukar tidur.
Pengglongan antianxietas terdiri atas:
• Benzodiazepine:Diazepam,chlordiazepoxide,lorazepam,clobazam,bromazaepam,oxazolam,alprazolam,dan prazepam.
• Non-benzodiazepine: Sulpiride,buspirone,dan hidroxyzine.
JAWABAN: C (Panduan Praktis Penggunaan Klinis Obat Psikotropik,hal.37-38)

87

87. Seorang laki-laki berusia 23 tahun dibawa ke rumah sakit karena selalu suka keluyuran.Dia mengaku kenal baik dengan presiden dan presiden selalu meminta saran kepadanya sebelum membuat kebijakan.Dia merasa sebagai asisten pribadi yang terpecaya.Dia juga mengaku sering melihat banyak wanita cantik yang memujanya.Orangtuanya mengatakan pasien pernah mengamuk karena dilarang keluar rumah enam bulan yang lalu.Tetapi setelahnya,tidak pernah mengamuk kembali.Pada pemeriksaan fisik didapatkan,tekanan darah 120/80 mmHg,nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,temperatur 36,5°C,waham (+),halusinasi visual (+).Terapi sebaiknya diberikan adalah.....
a. Chlorpromazine d. Amitriptilin
b. Lorazepam e. Nitrazepam
c. Diazepam

PEMBAHASAN:
Pada kasus ini terdapat manifestasi klinis yaitu selalu keluyuran,mengamuk,waham kebesaran,serta halusinasi visula yang mengarah ke sindrom psikosis dengan diagnosis skizofrenia paranoid.Oleh sebab itu,diperlukan antipsikosis.Obat antipssikosis digolongkan menjadi dua yaitu:
1. Obat antipsikosi tipikal: Phenothiazine (chlorpromazine,levomepromazine,perphenazine,
trifluoperazine,thioridazine),bultyrophenone(haloperidol),dan dipheny-butyl-piperidine
(pimozide).
2. Obat antipsikosis atipikal: Benzamide (sulpiride).dibenzodiazepine(clozapine,olanzapine,
quetiapine),dan benzisoxazole(risperidon).
JAWABAN: A ( Panduan Praktis Penggunaan Klinis Obat Psikotropik,hal.15)

88

88. Seorang anak berusia 18 bulan dibawa keluarganya ke UGD karena kejang. Keluhan disertai BAB mencret dengan lender dan darah, serta demam tinggi. Dari pemeriksaan fisik didapatkan, kejang general, tonik-klonik, dan suhu 38,7?C, mikroorganisme paling tepat sebagai penyebab keadaan diatas adalah..
a. E.coli d.clostridium
b. Salmonela e.shigella
c. Staphylococcus

Pembahasan:
Infeksi shigella pada manusia dapat menyebabkan beberapa keadaan, seperti diare ringan tanpa demam, disentri hebat tanpa demam, toksisi, kejang(terutama pada anak), tenesmus, serta tinja berlendir dan berdarah. Golongan shigella yang sering menyerang manuasia adalah s. dysentri.
Manifestasi klinis yang ditemukan pada pasien ini adalah kejang general, tonik-klonik, BAB mencret berlendir dan berdarah, serta demam tinggi sesuai dengan diare yang disebab kan oleh shigella
Jawaban : E (buku kuliah ilmu kesehatan anak 1, hal 308)

89

89. seorang pasien berudia 25tahun datang ke dokter umum. Sebelumnya, pasien mengalami demam, batuk, pilek, dan makan obat yang dibeli nya sendiri di wa89rung. Pemeriksaan fisik dilakukan didaptkan, tekanan darah 150/90mmHg, padahal biasanya 110/80mmHg. Kandungan obat yang menyebabkan kenaikan tekanan darah adalah..
a) Paracetamol
b) Fenilpropanolamin
c) Pseudoefedrin
d) Bromhexim
e) Klorfeniramin maleat

PEMBAHASAN:
Dalam oabat bebas flu, biasanya terdapat kandungan parasetamol, pseudoefedrin, klorfeniramin maleat, dan fenilpropanolamin. Fenilpropanolamin mempunyai efek meningkatkan tekanan darah. Karenanya, hal tersebut akan kontra indikasi bagi pasien hipertensi. Jadi, dosis fenilpropanolamin yang di berikan harus di bawah 15mg.
JAWABAN: B

90

90. seorang pasien berusia 45tahun datang ke dokter umum dengan keluhan kedua tungkainya membengkak. Pasien memilik riwayat hiprtensi grade II dan di beri obat HCT serta nifedipine. Setelah tujuh bulan mengkonsumsi obat tersebut, munul keluhan bengkak pada kedua tungkai. Penyebab bengkak pada kedua tungkai adalah…
a) ESO HCT
b) ESO nifrdipin
c) ESO HCT & nifedipin
d) Akibat diet rendah garam
e) Berkurangnya fungsi ginjal

PEMBAHASAN:
Kedua obat yang digunakan pasien diindikasikan untuk penatalaksanaan hipertensi. Nifedipin termasuk golongan Calsium Canal Blocke, sedangkan HCT adalah golongan deuretika thiazide. Nifedipin memiliki efek samping sakit kepala atau perasaan tertekan di kepala, flushing, pusing, gangguan lambung, mual, lemas, palpitasi, hipertensi, hipertensi ortostatik, edema tungkai, tremor, kram pada tungkai, kongesti nasal, takikardia, tinnitus, dan reaksi dermatologi. Efek samping HCT adalah hipotensi postural dan gangguan saluran cerna yang ringan, impotensi(reversible bila obat dihentikan), hipokalimia, hipomagnesemia, hipoatremia, hiperkalsemia, alkalosis, hipoloremik, hiperurisemia, pirai, hiperglikemia, dan peningkat kadar kolestrol plasma
JAWABAN: B

91

91. seorang wanita berusia 28tahun yang sedang hamil tujuh bulan, datang ke poliklinik umum. Ia mengeluh nyeri di kemaluan, terdapat vesikel, erosi, krusta, di labia mayor dan minor, serta vagina. Hasil tzanc ditemukan, sel datia berinti banyak. Terapi yang sebaiknya diberikan kepada pasien adalah…
a) Asiklovir topical
b) Asiklovir IV 3x10mg/kgBB 7-10hari
c) Asiklovir oral 5x800mg 5-10hari
d) Cotrimoxazol
e) Vamsiklovir 1x500mg

PEMBAHASAN:
Gejala klinis yang ditemukan pada pasien terdapat vasikel, erosi, krusta di labia mayor dan minor, serta vagina. Hasil tzanc test ditemukan, sel datia berinti banyak. Manifestasi klinis yang ditemukan yang sesuai dengan herpes zoster. Pengobatan yang diberikan adalah obat antviral yang sebaiknya di berikan dalam tiga hari pertama sejak lesi muncul. Antiviral yang dianjurkan adalah asiklovir 5x800mg sehari yang biasnya diberikan tujuh hari atau diberikan valasiklovir 3x1000mg sehari. Jika lsi baru masih tetap timbul, obat tersebut masih dapat diteruskan dan dihentikan sesudah dua hari sejak lesi baru tidak timbul lagi. Indikasi pemberian kortikosteroid untuk sindrom ramsay hunt. Biasanya diberikan prednisone 3x20mg sehari.
JAWABAN: C

92

92.seorang wanita berusia 32tahun, hamil 6bulan berobat ke puskesmas dengan keluhan nyeri ulu hati sejak hari hari yang lalu. Nyeri ulu hati disertai rasa terbakar, tidak berkurang dengan makan, disertai mual dan muntah. Pasien kemudian makan antacid, tetapi keluhan belum berkurang. Pada pemeriksaan fisik, didapatkan nadi 80kali/menit, tekanan darah 100/65mmHg, respiratory rate 22kali/menit, dan termperatur 36C. apakah tujuan terapi yang paling tepat?
a) Mengatasi hiperasiditas
b) Mengatasi rasa nyeri sesuai patofisiologi
c) Menyembuhkan ulkus peptic
d) Mencegah pembentukan asam lambung
e) Mengtasi infeksi bakteri yang mungki menjadi penyebab

PEMBAHASAN:
Keluhan pasien adalah nyeri ulu hati disertai rasa terbakar, tidak berkurang dengan makan, disertai mual dan muntah. Keluhan-keluhan sebjektif tersebut mengarah ke diagnosis kerja tukar gaster. Selanjutnya, pasien makan antasida. Antasida sering digunakan untuk menghilangkan keluhan rasa sakit (dyspepsia). Antagonis reseptor H2(simetidin, ranitidine, dan lainnya) digunakan sebagai inhibisi pengeluaran asam lambung. Prostaglandin untuk menburangi sekresi asam lambung dan memperbaiki mukosa. PPI dapat mencegah pengeluaran asam lambung dari sel kanalikuli.
JAWABAN: B

93

93.. tujuan utama terapi pada kasus no. 92 di atas yang paling tepat adalah…
a) Mengatasi kelebihan asam lambung
b) Mengtasi nyeri
c) Menyembuhkan ulkus peptic
d) Mencegsh pembentukan asam lambung
e) Mengtasi infeksi bakteri

PEMBAHASAN:
Diagnosis kerja adalah tukak gaster atau ulkus pepticum. Tujuan terapi yang dilakukan adalah:
1) Menghilangkan keluhan atau symptom
2) Menyembuhkan atau memperbaiki tukak
3) Mencegah kekambuhan tukak
4) Mencegah komplikasi
JAWABAN: C

94

94. seorang kepala puskesmas menekankan kepada staf untuk memberikan vitamin A untuk anak malnutrisi di daerahnya. Penyakit yang paling mungkin dicegah adalah...
a. diare d. DHF
b. Measles e. malaria
c. tifoid

PEMBAHASAN:
Penatalaksanaan morbili dengan pembrian vitamin A:
- Usia 1 tahun: 200.000 IU hari Ke-1,2, dan 14.
JAWABA: B. (standar Penataklasaan ilmu Kesehatan Anak; Bab infeksi, hal. 21)

95

95. sebagai seorang kepala puskesmas di daerah terpencil yang banyak kasus gizi buruk dengan pendudukan islam dan fanatik. Prioritas pendekatan promosinya adalah...
a. Ibu ibu d. Pemuka agama
b. Bapak bapak kepala keluarga e. Camat setempat
c. Kades

PEMBAHASAN:
Informasi yang perlu dicermati dalam kasus ini adalah pendudukan beragama islam dan fanatik. Untuk itu, orang yang paling dapat memengaruhi dan menjadi pantan pendudukan adalah pemuka agama disana. Promosi kesehatan yang di lakukan sebaiknya mendekati permuka agam terlebih dahulu. Hal ini di lakukan agar pendekatan kepada masyarakat menjadi lebih mudah.
JAWABAN: d. (kesehatan masyarakat ilmu dan seni, hal. 114)

96

96. seorang bayi laki laki berusaha gestasi 35-36 minggu memiliki bbl 2400g, pb 45cm, dan APGAR 7/9. Dari pemeriksaan si bayi, tampang gsater, intestin,, dan hepar terburai tali pusat, di sertai selput amnion yang sudah pecah. Diagnosa yang tepat adalah?
a. trauma lahir d. Malrotasi usus
b. Gastrosksis e. Trisomi 17
c. Omfalokel

PEMBAHASAN :

GASTROSCHIZIS OMPHALOCELE
• Usus sudah berada di luar sejak dalam kandung. Tali pusat berada di samping defek
• Usus di lapisi selaput tebal, kaku,saling melekat, dan edema.
• Perawatan operasi dengan menutup degan kulit saja. Bila defek kecil fascia, bisa di tutup langsung
• Untuk mencega tekanan intra abdomen yang tinggi. Dapat dilakukan dengan memasukan usus secara bertahap menggunakan kantong silastic atau kantong darah • Daerah umbilicus hanya di tutupi peritonium dan lapisan amnion yang avaskuler
• Kantong bisa berisi usus, hati, dan limpa
• Tali pusat berada di puncak kantong
• Otot rectus dan dinding abd. Lainnya utuh cavum abd. Sangat kecil
• Di bagi: kecil diameter 5 cm
• Kecil: berisi sedikit usus diterapi dengan membuang kantong, menjahit fascia dan perotinium , serta memotong tali pusat dan menutup kulit
• Besar: sering berisi usus dan liver, lebih sulit di terapi dan lebih konserfatif
• Kecil dan besar dapat dilakukan terapi konserfatif, terdiri atas bitadin, taburi srbuk sulfanilamide/ nebacetina, dan tutup kasa steril
• Perawatan awal, yaitu menjaga bayi tetap hangat , membuat kantong tetap bersih, dan tidak dehidrasi.
• Kompelikasi tanda obstruksi, infeksi kantong omphalocele, serta kantong pecah

JAWABAN: C. (buku ajar ilmu bedah, edisi 2, hal. 520-521)

97

97. seorang prempuan 35 tahun dateng ketemapat prakter dokter dengan keluhan pertama pusing berputar. Keluhan di sertai mual, nyeri kepala, dan penurunan fungsi seksual. Keluah ini dirasaka setalh pasien minum obat untuk mengatasi neurosis. Anamnesis yang lama di lakukan arah pembicaraan pasien menjadi tidak jelas. Pasien tampak bingung dan tidak konsentrasi. Obta yang mungkin menyebabkan keluhan timbul adalah...
a. haloperidol d klordiazepoksid
b. Diazepam e. Karbamazepin
c. Lithium

PEMBAHASAN:
lithium memiliki efek samping nyeri kepala, kadang-kadang bicara tidak jelas, bingung,mual,muntah, diare, tremor kasar, ataxia berat, delirium, kejang, dan koma
JAWABAN: c.(buku saku prikiatri, edisi 6, hal. 274-275)

98

98. seorang berusia 28 tahun yang sedang hamil 8 bulan datang ke klinik dengan keluhan kram dan kelakuan mendadak pada jari-jari tanganya sehingga mengecup dan terasa nyeri. Pasien tidak pernah mengonsumsi susu sebelum maupun selama kehamilan. Dari pemeriksaan fisik didapatkan. Hemoglobin 8 g/dl, apusa darah tepi dengan anemia mikrositik hipokrom, dan hipokalsemi. Anjuran yang paling tepat adalah...
A. konsumsi suplemen zat besi
b. Olahraga teratur
c. Konsumsi daging dengan jumlah cukup dan teratur
d. Konsumsi susu yang dibuat khusus untuk ibu hamil
e.konsumsi ikan teri tawar dalam jumlah cukup secara teratur

PEMBAHASAN:
anemia lebih sering di jumpai dalam kehamilan. Seorang wanita hamil yang memiliki hb kurang dari 10g/dl barulah disebut menderita anemia dalam kehamilan. Karenanya, wanita hamil dengan Hb antara 10 sampai 12g/dl tidak menderita anemia patologik, tetapi anemia fisiologik.

99

99. seorang anak laki laki berusia 12 ulan di bawa ke ugd karena mengalami kejang di rumah. Kejang seluruh tubuh, berlangsung 2-3 menit. Satu hari sebelumnya, pasien mengalami diare 3 kali disertai demam. Sebelum kejang, anak sadar dan setelah kejang anak tertidur selama 5 menit. Setelah itu, bangun dan menangis. Riwayat kejang pada keluaga (-) baik dengan demam atau tidak. Suhu badan pasien 38c diagnosis pasien ini adalah...
A. KDS d. meningitis
b. KDK e. epilepsy
c. Hipernatemi

PEMBAHASAN:
kejang di bagis dua, yaitu kejang sederahan dan kejang demam kompeks. Kejang demam sederhana adalah kejang demam yang berlangsung singkat, kurang dari 15 menit, dan umumnya akan berhenti sendiri. Kejang berbentuk tonik-klonik, tanpa gerak fokal. Kejang tidak berulang dalam waktu 24jam. Kejang demam sederhana merupakan 80% di antara seluruh kejang demam.
Pasien memiliki gambaran klinik KDS. Walapun pasien sebelumnya ada riwayat diare tiga kali, tetapi hal tersebut belum masuk kategori diare.
JAWABAN: A. (konsesus panataklasaan kejang demam, hal 2)

100

100. seorang prempuan berusia 40 tahun datang ke poliklinik dengan keluha sakit saat BAK. Keluhan disertai sering BAK, ada nyeri suprapubik, tidak ada demam, dan nyeri kostovertebra (-). Pada pemeriksaan urine apa yang di lakukan?
a. urine di kumpulkan dalam 24jam
b. Ambil dengan kateter
c. Pungsi suprapubik
d. Mengunakan adhesive bagian untuk mencegah kontaminasi
e urine porsi tengah dengan metode clean catch

PEMBAHASAN:
Pasien memiliki gambaran klinis ke arah ISK. Oleh karena itu, di perlukan pemeriksaan penunjang urine. Digunakan urine prosi tengah untuk mendapatkan gambaran letaknya radang/infeksi atau lesi lain. Urine 24 di gunakan untuk penetapan kuanti- tatif suatu zat dalam urine.
JAWABAN: E. (penentuan laboratorium klinik, hal 70)

101

101. Seorang laki-laki berumur 55 tahun datang ketempat praktik dokter untuk kontrol hipertensi. Pasien sering merasa jantung berdebar dan otot lemas. Pasien sering mengonsumsi obat perangsang kencing. Pemeriksaan radiologi didapatkan, pembesaran jantung dan kelainan EKG. Apa efek obat yang dikonsumsi pasien ini?
a. Hipokalemi
b. Hiponatremi
c. Hipokalsemi
d. Hipomanesemi
e. Defisiensi asam folat

JAWABAN: A.
Pembahasan:
Informasi yang dicermati pada kasus ini adalah pasien yang sering mengonsumsi perangsang kencing. Ada riwayat hipertensi. Efek obat menimbulkan jantung berdebar dan otot lemas. Obat yang dapat merangsang BAK adalah diuretik. Penggunaan diuretik tiazid, furosemide, dapat menyebabkan hipokalemi. Hipokalemia merupakan efek sampingyang dapat meningkatkan resiko aritmia jantung. Gangguan lainnya kelemahan otot, pusing, dan muntah.

102

102. Seorang anak usia 5 tahun datang kepuskesmas terdekat dengan keluhan nyeri perut dan diare sejak satu hari yang lalu. Diare terlihat seperti cucian beras dan sangat banyak. Keluhan ini datang tiba-tiba. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, turgor kulit yang kembali sangat lambat, kulit kering, dan mata cekung. Kuman penyebabnya adalah...
a. Enteroinvasivec E.coli
b. Entero toxigenc E.coli
c. Helicobacter jejuni
d. Yersinia enterocolica
e. Campylobacter

JAWABAN: B.
Pwmbahasan:
Keluhan pada kasus ini adalah diare seperti cucian beras dengan nyeri perut. Pemeriksaan fisik didapatkan turgor kulit yang sangat tebal, kulit kering, dan mata cekung. Pasien ini telah mengalami dehidrasi berat akibat diare akut yang disebabkan infeksi bakteri noninvasif.
Patogenesis diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri terbagi menjadi:
1. Bakteri noninvasif (enterooksigenik)
Pada diare ini disebabkan oleh bakteri yang memproduksi enteroksi yang bersifat merusak mukosa. Bakteri noninvasi misalnya v.cholerae, enterotoxigenic E.coli (ETEC), s.aureus, b.cereus, aeromonas spp. Secara klinis ditemukan diare berupa air seperti cucian beras dan meninggalkan dubur secara deras dan banyak (voluminous).
2. Bakteri enteroinvasif
Diare ini disebut juga diare inflammatory. Bakteri yang termasuk golongan ini adalah Enteroinvasive E.coli, salmonella spp, shigella spp, c.jejuni, v.parahaemolyticus, yersinia, c.perfringens tipe c, entamoeba histolytica, p.shigolleides, c.difficile, dan campylobacter spp. Diare disebabkan kerusakan dinding usus berupa nekrosis dan ulserasi. Sifat diarenya sekretorik eksudatif. Cairan diare tercampur dengan lendir dan darah.

103

103. Seorang wanita berusia 30 tahun datang dengan keluhan utama demam sejak lima hari yang lalu. Keluhan disertai dengan nyeri kepala, nyeri sendi, nyeri otot, mual, muntah, tidak nafsu makan, dan kencing sedikit. Satu minggu yang lalu rumah yang ditinggali pasien kebanjiran. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 65 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, temperatur 38,5oC, serta hepatomegali. Pada pemeriksaan darah, leukosit 9000/mm3. Pada urine ditemukan proteinuri. Pada mikroskopik urine ditemukan kuman yang berbentuk spiral dengan kedua ujungnya berkait. Apa diagnosis yang paling mungkin?
a. Treponematosis
b. Shigellosis
c. Salmonelosis
d. Leptospirosis
e. Buselosis

JAWABAN: D.
Pembahasan:
Gambaran klinis yang ditemukan demam, nyeri kepala, nyeri sendi, nyeri otot, mual, muntah, tidak nafsu makan, kencing sedikit, bradikardi, hepatomegali, dan leukositosis. Pada urine ditemukan proteinuri. Pada mikroskopik urin ditemukan kuman yang berbentuk spiral dengan kedua ujungnya berkait. Hal-hal tersebut sesuai dengan gambaran klinis khas leptospirosis.

104

104. seorang wanita berusia 30 tahun datang dengan keluahan demam sejak satu minggu yang lalu. Demam disertai dengan mata menjadi kuning, badan lesu, dan lemas. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 78 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5oC. Dari pemeriksaan laboratorium ditemukan, IgM anti-HAV (+), HCV(-), anti-Hbe(-), HCV(-), dan anti-HDV(-). Diagnosis pada pasien ini adalah...
a. Hepatitis A
b. Hepatitis B
c. Hepatitis C
d. Hepatitis D
e. Hepatitis E

JAWABAN: A.
Pembahasan:
pada kasus ditemukan manifestasi klinis dari hepatitis virus.gejala hepatitis akut terbagi menjadi:
• Fase pra ikterik (prodromal) berlangsung 5-10 hari ditandai dengan timbulnya keluhan malaise umum, mialgia, atralgia, medah lelah, gejala saluran napas, mual, muntah, dan anoreksia. Demam umumnya terjadi. Urine menjadi lebih cokelat. Nyei abnomen di kuadran kanan atas atau epigastium.
• Fase ikterus, iketus muncul setelah 5-10 hari. Mula-mula terlihat pada sklera, kemudian pada kulit seluruh tubuh. Tinja mungkin bewarna kelabu atau mungkin kuning kecoklatan. Keluhan-keluhan berkurang, tetapi pasien masih lelah, anoreksia, dan muntah.
• Fase pascaikretik ((konvalesen). Diawali dengan menghilangnya ikretus dan keluhan lain. Nafsu makan kembali. Keadaan akut membaik dalam 2-3 minggu. Pada hepatitis A perbaikan klinis dan laboratorium terjadi lengkap dalam 9 minggu dan 16 minggu untuk hepatitis B.
Hepatitis A jika ditemukan gejala klinis hepatitis dan pemeriksaan serologis didapatkan IgM anti-HAV (+), HbsAg (-), dan IgM anti-HBc (-).
Hepatitis B jika ditemukan gejala klinis hepatitis dan pemeriksaan serologis didapatkan IgM anti-HAV (-), HbsAg (+), dan IgM anti-HBc (-).

105

105. seorang perempuan berusia 25 tahun hamil 35 minggu, melahirkan bayi laki-laki. Apgar 6/8, BBL (Berat Badan Lahir) 2000 gram, PB (Panjang Badan) 45 cm, dan LK (Lingkar Kepala) 33 cm. Saat usia tiga hari, tubuh menjadi kuning diwajah, dada, dan perut sampai ambilikus. Pemeriksaan labolatorium yang perlu dilakukan adalah...
a. Hb, eritrosit, leukosit, dan trombosit (darah lengkap)
b. Darah lengkap, bilirubin total, dan bilirubin indirek
c. Darah lengkap, bilirubin total, bilirubin direk, dan bilirubin indirek
d. Darah lengkap dan golongan darah
e. Bilirubin total, bilirubin direk, bilirubin indirek, dan golongan darah

Pembahasan:
Gejala klinis pada pasien adalah tubuh menjadi kuning di wajah, dada, perut, sampai ambilikus pad usia tiga hari. Ikterus yang terjadi pada bayi disebabkan adanya peningkatan bilirubin. Pemeriksaan penunjang yang perlu dilakukan untuk mencari penyebab ikterus dalah darah lengkap, kadar bilirubin, golongan darah ibu dan bayi, uji coombs, serta enzin G6PD atau biopsi hepar jika perlu.

106

106. seorang perempuan berusia 40 tahunP6A0 datang ke klinik kebidanan untuk kontrol. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 78 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5oC. Hasil pap smear didapatkan selalu low grade squamous lesion. Tindakan yang tepat adalah...
a. kolposkopi d. Histeroskopi
b. Papsmear e. Histerektomi vaginal
c. Konsiasi

JAWABAN: A (Kanker Ginekologi Klasifikasi dan Penunjuk penatalaksanaaan Praktis, hal 14)
PEMBAHASAN :
Petunjuk pemeriksaan pap smear (penapisan)
• Kelompok yang diskrining biasanya antara 25-65
• Skrining dihentikan apabila umus > 65 tahun atau 10 tahun hasil pap smear (-)
• Slrining dilakukan secara rutin untuk pap smear normal
• Diskariosis ringan atau perubahan nukleus yang borderline, ulangi 6 bulan. Jika tiga kali hasilnya tetap, lakukan kolposkopi
• Bila diskriosis sedang atau berat, dilakukan kolposkopi
Hasil pemeriksaan pap smear adalah low grade squamous lesion. Maka, dilakukan kolposkopi

107

107 Seorang perempuan berusia 28 tahunn P4AO datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan benolan pada kemaluan sejak beberapa bulan terakhir. Riwyat keputihan (+). Dari hasil pemeriksaan tanda vital tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, dan temperatur tubuh 36,5 C. Pada pemeriksaan didapatkan, benjolan di libia mayora arah jam 5 ukuran 5 x 6 cm, kistik, tanpa radang, dan mobile. Diagnosis ini adalah...
a. Endosmetriosis d. Kista bartolini
b. Mioma e. Kista gartner
c. Kista ovarium

JAWABAN: D (Ilmu Kandungan, edisi 2, hal. 272 dan 330)
PEMBAHASAN:
Gambaran klinis yang ditrmukan pada pasien:
• Benjolan di labia mayor arah jam 5 ukursn 5x6cm, kistik, tanpa tanda radang, serta mobile
• Riwayat keputihan (+)
Berdasarkan letaknya maka diagnosis yang mungkin adalah kista bartolini. Kista bartolini terjadi akibat radang menahun vulva. Biasanya tidak ada keluhan, tetapi dirasakan sebagao benda berat dan menimbulkan kesulitan saat koitus. Kista gartner biasanya terdapat pada vulva dekat uretra. Endomentriosis, mioma, kista ovarium terjaid pada organ dalam sehingga benjolan tidak akan nampak sampai ke labia mayora.

108

108. Seorang ibu berusia 28 tahun membawa bayi perempuan usia 3 bulan. Pasien memberi ASI eksklusif tanpa susu botol dan belum pernah menstruasi. Metode kontrasepsi yanng tepat adalah...
a. Suntikan 1 bulan
b. Lactacion amenorhea method (LAM) sampai dengan bayi umur 6 bulan
c. Pil estrogen
d. Pil estrogen + progesteron
e. Patch estrogen + progesteron

JAWABAN: B (Ilmu kandungan , edisi 2)
PEMBAHASAN:
Pasien hendak melanutkan ASI eksklusif. Hal itu juga dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami.

109

109. Seorang laki-laki berusia 10 tahun didiagnosis talaesmina. Dokter menyarankan terapi harus transfusi darah, tetapi keluarga menolak karena bertentangan dengan agama. Konflik yang terjadi adalah....
a. Paternalisme dan nonmalafiency
b. Paternalisme dan otonom
c. Otonomi dan non malaficency
d. Beneficency dan otonomi
e. Beneficency dan kerugian

JAWABAN: D (Kode etik kedokteran indonesia 2007,hal.47)
PEMBAHASAN:
Kedokteran berpegang teguh kepada empat kaidah dasar moral (moral principles), yaitu otonomi, benefience, nonmalafience, dan justice. Otonomi berarti setiap tindakan medis harus memperoleh persetujuan dari pasien (atau keluarga terdekatnya, dalam hal ia tidak dapat memberikan persetujuannya). Benefience berarti setiap tindakan medis harus ditunjukan untuk kebaikan pasien. Nonmalifience berarti setiap tindakan medis harus tidak boleh memperburuk keadaan pasien. Justice berarti bahwa sikap atau tindakan medis harus bersifat adiil, terutama dilihat dari segi distributive-justice.
Dilema moral masih mungkin terjadi jika prinsip moral otonomi dihadapkan dengan prinsip moral lainnya. Atau, jika prinsip benefience dihadapkan dengan nonmalefience, misalnya apabila keinginan pasien (otonomi) ternyata bertentangan dengan prinsip benefience atau nonmalafience

110

110. Seorang perempuan 30 tahun P2AI datang kepada dokter mengeluh keluar cairan urine dari jalan lahir sejak satu minggu terakhir. Dari riwayat diketahui, pasien melahirkan satu bulan yang lalu dengan vakum, BBL=4000 gram, terdapat defek sebesar korek api di 1/3 proximal vagina anterior dan edema pada vagina (+). Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan , tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur tubuh 36,5°C. Terapi yang tepat pada pasien ini adalah .....
a. Antibiotik d. Analgetik
b. Dibiarkan akan sembuh sendiri e. Kolposkopi anterior
c. repair vagina langsung

JAWABAN : C. ( Sinosis Obstetri Jilid 1, edisi 2, hal. 111 – 112 )
PEMBAHASAN :
Pada pasien ditemukan defek sebasar batang korek api 1/3 proximal vagina anterior, edema pada vagina (+), dan riawayat melahirkan dengan vakum. Pasien kemungkina mengalami ruptur perinei yaitu robekan akibat persalinan. Oleh sebab itu, dilakukan perbaikan dengan dijahit dan diberi antibiotik. Pada luka perineum lama (old perineal tear), lakukan perionaplasti dengan membuat luka baru, dan menjahit kembali sebaik-baiknya.

111

111. seorang remaja ingin menjadi subjek penelitian ca paru karena ayahnya meninggal ca paru . bentuk bias yang mungkin terjadi adalah...
a. Recall bias
b. Berksum bias
c. Misclasification bias
d. Neyman bias
e. Volunteer bias

Jawaban: E.(validitas Internal Penelitian)
Pembahasan:
Bias terbagi menjadi dua :
1. Bias seleksi: terjadi jika sampel tidak mencerminkan populasi target.
- Terjadi jika kasus yang terkumpul pada sampel tidak mewakili kasus di populasi: competing risk bias, healthcare access bias, neyman bias, berkson’sbias,over matching, dan volunteer bias
- Kerangka sampel yang kurang akurat: nonrandom sampling bias dan telephone random sampling bias
- Prosedur diagnostik yang berbeda: detection bias.
- Missing subject/Variables.

112

112. Ada 125 orang datang ke puskesmas karena mencret, muntah(+), dan demam(+). Keluhan ini muncul setelah mereka makan-makan. Pada pemeriksaan feses didapatkan E. Coli tetapi, yang tidak ikut makan tidak sakit. Penyakit tersebut adalah ?
A. milk borne disease
B. Tick borne
C. Food borne
D. Louse borne
E. vehicle borne

Jawaban: C.( Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Komunitas , hal.275)
Pembahasan:
Kasus ini menujukkan adanya kontaminasi mikroorganisme pada makanan. Hal ini terlihat dari kemunculan keluhan setelah makan bersama dan ditemukkannya E. Coli pada pemeriksaan feses. Penyakit-penyakit yang dapat di tularkan melalui makanan disebut sebagai food borne diseases.

113

113. Seorang laki-laki berusia 51 tahun datang dengan keluhan lemas sejak 10 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan fisik di dapatkan, tekanan darah 100/70 mmHg, nadi 80 kali/menit,frekuensi napas 20 kali/menit,temperatur 36,5®. Lalu, pemeriksaan laboratorium ditemukkan, hemoglobin 9,2 g/dl,hematokrit 27% trombosit 242000/mm3, MCV 66 fl, dan MCH 23 pg. Hasil pemeriksaan apusan darah tepi adalah...
A. Anemia hipokromik mikrositer
B. Anemia normokromik normositer
C. Anemia makrositer
D. Anemia mikrositer
E. Anemia hipokromik

Jawaban: A.(Buku Ajar Ilmu penyakit dalam jilid/1 edisi 4, hal.622)
Pembahasan:
Klasifikasi anemia berdasarkan gambaran morfologi dengan melihat indeks eritrosit atau apusan darah tepi terdiri atas:
1. Anemia hipokromik mikrositer, bila MCV 95 fl
Pada kasus ini didapatkan, MCV 66 fl dan MCH 23 pg maka termasuk anemia hipokromik mikrositer.

114

114. Seorang wanita berusia 40 tahun ke tempat praktik dokter dengan keluhan batuk yang tidak kunjung sembuh. Berat badan pasien menurun dalam empat bulan terakhir. Keluhan juga disertai cepat lelah dan meriang pada malam hari. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuesi napas 24 kali/menit, dan temperatur 37,1®C. Pada pemeriksaan paru ditemukan, suara paru amforik. Dari hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan, anemia. Pemeriksaan darah tepi eritrosit didapatkan normokom normositer. Kelainan laboratorium lain yang akan ditemukan adalah?
A. Leukosit normal E. Hitung jenis bergeser ke kanan
B. LED meningkat
C. Hemoglobin menurun
D. Trombosit meningkat

Jawaban : B(Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II, edisi 4, hal. 990-991)
Pembahasan:
Manifestasi klinis yang di temukan pada pasien ini adalah
1. Keluhan batuk yang tidak kunjung sembuh
2. Gejala malaise
3. Berat badan pasien menurun dalam empat bulan terakhir
4. Suara paru amforik
5. Dari hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan anemia
6. Pemeriksaan darah tepi eritrosit didapatkan normokom normositer
Dari manifestasi tersebut dapat disimpulkan , pasien ini menderita TB paru. Pada laboratorium akan ditemukan jumlah leukosit sedikit meninggi, hitung jenis bergeser ke kiri, dan jumlah limfosit masih di bawah normal. Laju endap darah mulai meningkat. Bila penyakit mulai sembuh, jumlah leukosit kembali normal. Laju endap darah mulai turun ke arah normal lagi

115

115. Seorang laki-laki berusia 32 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan lemas sejak satu minggu yang lalu. Keluhan disertai mual dan nyeri di ulu hati. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20kali/menit, dan temperatur 36,5®C. Dari pemeriksaan fisik didapatkan, konjungtiva palpebra pucat, hepar teraba 4 jari. Dan lien schufner II. Pada pemeriksaan laboratorium ditemukan bilirubin meningkat, lalu, hasil pemeriksaan morfologi eritrosit akan di temukan?
A. sferosit
B. sel target
C. Ring cell
D. Ciger cell
E. Pencil cell

Jawaban: A.(Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam jilid II, Edisi 4, hal.653)
Pembahasan:
Manifestasi klinis yang ditemukan pada pasien ini adalah:
1. Keluhan lemas, mual , dan nyeri ulu hati
2. Konjungtiva palpebra pucat
3. Hepar teraba 4 jari , lien schufner II
4. Pemeriksaan laboratorium ditemukan bilirubin meningkat
Pada pasien terdapat gejala umum anemia, seperti keluhan lemas, mual, nyeri ulu hati, dan konjungtiva palpebra pucat. Gejala spesifik adalah ditemukannya splenomegali dan peningkatan bilirubin yang khas untuk anemia hemolitik. Anemia hemolitik biasanya normositik dengan ditemukannya retikulosis , sferosit, dan peningkatan bilirubin tidak terkonjungasi. Kemudian, sel target, ring cell, ciger cell, dan, pencil cell ditemukan pada anemia defisiensi besi

116

116. seorang laki-laki berusia 34 tahun mengeluh mata merah sejak dua hari yang lalu. Keluhan ini tidak disertai nyeri dan sekret mukopurilen. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur tubuh 36,5?C. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, visus baik dan ada sekret purulen pada konjungtiva tarsal. Diagnosis pasien ini adalah...
a. Konjungtivitis d. Keratifitis
b. Iritis e. Uveitis
c. Glaukoma akut

JAWABAN : A. (Ilmu Penyakit Mata untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal.60)
PEMBAHASAN :
Pasien ini memiliki keluhan mata merah, tidak disertai nyeri, sekret mukopurilen, visus tetap baik, dan ada sekret purulen pada konjuntiva tarsal. Hal ini mengarah pada konjungtivitis purulen dengan gambaran konjungtiva tarsal hiperemi.

117

117. seorang laki-laki berusia 12 tahun datang dengan keluhan mata gatal sejak dua hari yang lalu. Keluhan disertai dengan keluhan mata berair, dan terasa berpasir. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur tubuh 36,5?C. Pada pemeriksaan slimp lam ditemukan cobble stone. Diagnosis pasien ini adalah...
a. Konjungtivitis fliktenularis d. Keratitis herpes
b. Konjungtivitis vernal e. Keratitis jamur
c. konjungtivitis folikularis

JAWABAN : B. (Sari Ilmu Penyakit Mata, hal. 28, 30, dan 35)
PEMBAHASAN:
Pada konjungtivitis vernal terdapat dua bentuk klinis. Pada bentuk palpebra terutama mengenai konjungtiva tarsal superior, terdapat papil yang besar (cobble stone) yang diliputi sekret yang mukoid. Sedangkan, pada bentuk limbus terutama mengenal daerah limbus berupa penonjolan abu-abu seperti lilin (tantras dot).
Konjungtivitis atopik pada kulit kelopak tampak kering dan deskuamsi. Tampak edema konjungtiva, papil-papil yang halus di daerah tarsul bawah, disertai sekret yang mukoid.
Keadaan yang khas pada konjungtivitis flikten jika kornea ikut terlibat adalah adanya fotopobia.pada pemeriksaan tampak tonjolan bulat, kuning atau kelabu, jumlahnya satu atau lebih, dan di sekelilingnya terdapat pelebaran pembuluh darah konjungtiva (hiperemi)`

118

118. seorang anak perempuan berusia 3 tahun ke tempat praktik dokter dengan keluhan pucat seluruh badan. Keluhan disertai lemas, lesu, tidak mau makan, dan tidak mau minum susu. Pada pemeriksaan vital sign dalam batas normal. Berat badan 10 kg dan tinggi badan 90 cm. Dari pemeriksaan fisik ditemukan, konjungtiva palpebra pucat, telapak tangan dan kaki pucat, tidak ikterus, dan tidak ada pembesaran kelenjaar getah bening. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan, hemoglobin 6 g/dl, leukosit 10000/mm3, trombosit 200.000/mm3, MCV=76, MCH=25, MCHC=30, dan RDW=15%. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah...
a. Anemia aplastik d. Anemia defisiensi folat
b. Anemia hemolitik e. Anemia karena pendarahan
c. Anemia defisiensi besi

JAWABAN : C. ( Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 1, hal. 435)
PEMBAHASAN :
Manisfestasi klinis yang ditemukan adalah :
• Keluhan pucat seluruh badan disertai lemas, lesu, tidak mau makn, dan tidak mau minum susu.
• Konjungtiva palpebra pucat, telapak tangan, dan kaki pucat.
• Tidak ikterus dan tidak ada pembesaran kelenjar getah bening.
• Hemoglobin 6 g/dl, leukosit 10000/mm3, trombosit 200.000/mm3, MCV=76, MCH 25, MCHC 30, dan RDW 15%.
Hal-hal tersebut merupakan gejala klinis dari anemia defisiensi besi yaitu dengan ditemukannya gejala umum anemia, kadar Hb

119

119. seorang bayi lahir dengan berat badan 3200 gram dan panjang badan 50 cm. Bayi ini lahir dari ibu yang sehat. Lima jam kemudian, bayi mengalami sesak napas yang semakin lama menjadi semakin berat. Dari pemeriksaan fisik didapatkan, ictus teraba paling kuat di ICS 3-4 linea sternalis kanan, perkusi paru kanan menurun, dan hepar teraba. Diagnosisnya adalah...
a. Transportasi great artery d. Stenosisi aorta
b. Dekstrokardia e. Pneumothoroaks sinistra
c. PDA

JAWABAN : B. (Kamus kedokteran Dorland, edisi 29, hal. 601)
pembahasan :
pada pemeriksaan didapatkan, ictus teraba paling kuat di ICS 3-4 linea sternalis kanan, perkusi paru kiri menurun, dan hepar teraba. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa letak jantung berada pada hemithoraks dextra, dengan apeks menunjuk ke dextra, dan ditemukan bersamaan transposisi isi perut atau tanpa transposisi.

120

120. Seorang anak laki-laki berusia 5 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan demam tinggi sejak
Lima hari yang lalu. Pemeriksaan laboratorium pada urine pasien didapatkan, bakteri penuh dan leukosit 100000/mm3. Pasien juga mengeluh tidak mau makan-minum. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, gejala-gejala klinis dehidrasi berat. Penatalaksanaan yang sebaiknya diberikan adalah...
a. Berikan amoxicilin dan mulai rehidrasi oral
b. Ceftriakson IM, besok kontrol lagi
c. Ceftriakson IV, besok kontrol lagi
d. Pasang infus untuk antibiotik IV dan rehidrasi
e. Antibiotik

JAWABAN : D. (Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 2, hal. 830)

PEMBAHASAN :
Hal yang perlu diperhatikan adalah pasien mengalami dehidrasi dan infeksi pada saluran kemih. Hal ini ditemukannya pada urine didapatkan bakteri penuh dan leukosit 100000/mm3. Penatalaksanaan yang dilakukan adalah pemasangan IV line untuk terapi dehidrasi dan untuk memasukkan antibiotik.

121

121. Seorang wanita berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluahan demam tinggi sejak lima hari yang lalu. Dari pemeriksaan fisik didapatkan, suhu 39°Cmisalgia torniket 20/2,5 cm², hepar dua jari bawah arkus kosta, dan nyeri tekan (+). Darihasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur tubuh 38,5°C. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan, hemoglobin 13 g/dl, hematokrit 41%, leukosit 5.000/mm³, dan trombosit 4800/mm³. Pemeriksaan lanjutan yang dilakukan adalah...
a. Apusan darah tepi d. Widal
b. Apusan darah tebal e. ASTO
c. Serologi dengue

PEMBAHASAN:
Berdasarkan kriteria WHO 1997, diagnosis demam berdarah dengue ditegakkan jika terdapat hal-hal dibawah ini:
• Demam atau riwayat demam akut antara 2-7 hari. Biasanya bifasik.
• Terdapat minimal satu dari manifestasi pendarahan, seperti uji bendung positif, ptekiem ekimosis atau purpura, pendarahan mukosa (epitaksis atau perdarahan gusi), serta hematemesis atau melena.
• Trombositopenia (jumlah trombosit 20% dibandingkan dengan standar sesuai umur dan jenis kelamin.
- Penurunan hematokrit > 20% setelah mendapat terapi cairan, dibandingkan dengan nilai hematokrit sebelumnya.
- Tanda kebocoran plasma, seperti efusi pleura, asites, hipoproteinemia.

Pasien ini terdapat gejala-gejala klinis sesuai dengan kriteria diagnosis demam berdarah dengue.
Pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah pemeriksaan darah rutin. Kemudian, dilakukan pemeriksaam serologi untuk diagnosis pasti dengan mendeteksi antibodi spesifik terhadap dengue berupa antobodi total, IgM, maupun IgG.
JAWABAN: C. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III, Edisi 4, hal. 1709-1713)

122

122. Seorang laki-laki berusia 25 tahun jatuh dari motor. Laki-laki ini diantar penduduk ke UGD terdekat. Wajah pasien terlihat berdarah. Pasien masih sadar. Ketika disuruh membuka mulut ataupun berbicara, pasien sukar membuka mulut. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, freakuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. Pada pemeriksaan CT scan tidak ditemukan kelainan. Fraktur yang terjadi pada pasien adalah...
a. Simfisis mandibula d. Ramus mandibula
b. Corpus mandibula e. Temporo mandibular
c. Angulus mandibula

PEMBAHASAN:
Fraktur mandibula yang sering ditemukan biasanya disebabkan oleh trauma langsung. Fraktur umumya akan disertai dislokasi fragment tulang, sesuai dengan tonus otot yang berinsersi ditempat tersebut.
Gejala klinis pada pasien adalah tidak dapat membuka mulut. Karenanya, fraktur terjadi pada angulus mandibula.
JAWABAN: C. (Buku Ajar Ilmu Bedah, Edisi 2, hal. 337-338)

123

123. Seorang anak yang ingin mengetahui gigi-giginya tumbuh baik atau tidak, sebaiknya melakukan rontgen...
a. Periapekal d. Ginggival
b. Lateral e. Cranium
c. Oklusal

PEMBAHASAN:
Foto yang dilakukan untuk pemeriksaan gigi pada anak adalah dengan foto periapekal.
JAWABAN: A. (Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 2, hal. 889)

124

124. Seorang laki-laki berusia 35 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas. Pada kaki kanan terdapat luka terbuka. Laki-laki ini tidak dapat menggerakan kakinya karena kesakitan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80mmHg, nadi 80 kali/menit, freakuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5°C. Luka berukuran 6 cm. Fraktur tidak ada. Kemudian, diberikan penatalaksanaan luka dijahit. Ternyata, mennjadi infeksi dan bernanah. Jika akan debridement setelah dikasih antibiotik berapa jam?
a. 4—6 jam d. 3 hari
b. 24 jam e. 1 minggu
c. 24—72 jam

PEMBAHASAN:
Managemen pada luka terkontaminasi
Kontaminasi yang dapat ditolerir: 105 org/gram/jaringan. Kalau lebih akan memicu terjadinya infeksi luka.
Petunjuk untuk manajemen dari luka terkontaminasi akut:
1. Pada umumnya luka-luka biasa dapat ditutup secara primer setelah melakukan debridement yang adekuat.
a. Adekuat debridement
1. Secara mekanis ? tajam.
2. Irigasi ? lavage (masif dan tanpa antibiotik)
b. Terkecualian
1. Gigitan manusia (heavy bacterial inoculum).
2. Melewati batas waktu (golden period) ? relatif.
3. Crushed tissue ? kontusi yang hebat, avulsi jar.
4. Penderita yang mendapat steroid yang tinggi.
5. Obesitas.
2. Antibiotik.
Pemberian antibiotik sistemik hanya dipakai bila level trapeutik akan tercapai dalam waktu 4 jam/pada waktu debriment.
Pemberian lokal instilasi antibiotik masih dipertanyakan.
3. Penjahitan luka
a. Hindarkan ikatan dalam luka yang berlebihan karena sebagai benda asing yang memicu infeksi.
b. Penggunaan benang monofilamen lebih baik dibandingkan dengan benang lain karena kecil kemungkinan untuk perkembangan bakteri.
c. Pemakaian plester yang porous.
4. Follow up dilakukan setelah 48 jam penjahitan luka. Ada atau tidaknya manifestasi luka, dapat diobservasi.
A. Bila dicurigai ada infeksi lebih baik, lakukan delay closure
a. Debridement yang adekuat lagi.
b. Tunggu sampai jumlah bakteri 24 jam, luka bakar yang tidak akut, varikose, ulkus vaskuler. Umumnya jaringan granulasi sudah tumbuh.
2. Penting dilakukan debridement seperti pada luka yang akut.
a. Secara mekanis ? pisau atau gunting.
b. Secara mekanis ? dengan mengganti balutan yang sering.
c. Enzimatik.
3. Pemberian antibiotik sistematik tidak hanya berguna karena tidak dapat menembus fibrous bed pada luka granulasi
4. Pemberian antibakterial krem.
a. Kontak yang terus-menerus dengan permukaan.
b. Mempunyai kekuatan penetrasi yang baik
5. Biological dressing (allograft, xenograft, dan membran amnion) akan membersihkan luka, mengurangi kehilangan serum, menurunkan jumlah bakteri, serta memungkinkan autograft berhasil.
6. Penutupan luka yang terkontaminasi kronis dapat dengan cara delay wound closure atau skin graft. Keberhasilannya tergantung dengan jumlah bakteri per gram jaringan.
Pemberian antibiotik sistemik hanya dipakai bila level trapeutik akan tercapai dalam waktu 4 jam/pada waktu debridement.
JAWABAN: C. (Kumpulan Kuliah Ilmu Bedah)

125

125. Seorang anak perempuan berusia 12 bulan, dibawa orangtuanya ketempat praktik dokter dengan keluhan utama muntah-muntah. Anak sudah beberapa hari susah BAB. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, dalam batas normal, termasuk berat badan dan tinggi badan normal. Tidak ditemukan tanda-tanda dehidrasi. Jadi, diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah...
a. Stenosis pylorus d. Refluk gastro-esofagus
b. Asteria duodenal parsial e. Fistula trakeo-esofagus
c. Hipotiroid

PEMBAHASAN :
Tiga gejala pokok stenosis pilorik :
1) Muntah projektil dimulai pada umur 2-3 minggu. Muntah tidak pernah hijau.
2) Kegagalan pertumbuhan dan kehilangan berat badan. Hal ini disebabkan karena masukan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan karena banyak muntah. Pada fase akut hal ini belum terjadi.
3) Obstipasi
Astresia esophagus (tidakmuntahhijau)
• Saliva.
• Sesak napas.
• Muntah segera.
• Ngt tidak masuk/berbalik.
Atresia duodenum
• Muntah menyemprot dalam beberapa jam.
• Muntah hijau.
• Kembung tidak jelas terletak di epigastrium.
JAWABAN : A. (Kumpulan Kuliah lmu Bedah FKUI, hal. 95)

126

126. seorang anak perempuan berusia 8 tahun datang diantar keluarganya ke rumah sakit karena mengalami kejang. Kejang sering terjadi dan hilang timbul disertai dengan demam. Keluhan juga disertai nyeri kepala. Setalah kejang, pasien sadar. Pada pemeriksaan fiik ditemukan kaku kuduk dan tanda brudzinski. Dari pemeriksaan LSC ditemukan xantochrome, nonne dan pandy(+), sel 10/LPB,protein 150mg/dl, dan glukosa 15mg/dl. Diagnosis pada pasien ini adalah...
a. kejang demam sederhana d. Meningtis bakterial akut
b. Meningitis TB e. Pseudotumor
c. Meningitis virus

Jawaban: D (kapita Selekta Kedokteran jilid 2, edisi 3, hal. 437)
PEMBAHASAN:
Pada orang dewasa, meningitis kadang-kadang memberikan gambaran klasik. Terdapat demam,menggigil,muntah,dan nyeri kepala. Kadang-kadang gejala pertama adalah kejang, gelisah,dan gangguan tingkah laku. Penurunan kesadaran dapat terjadi. Tanda klinis yang biasa didapatkan adalah kaku kuduk serta tanda brudzinksi dan kering. Saraf kranial yang sering mengalami kelainan adalah N IV,VII dan IV. Bila terdapat trombosis vaskular, dapat timbul kejang dan hemiparesis.
Fungsi lumbal dilakukan pada setiap pasien dengan kecurigaan meningitis. Meskipun hasilnya normal, observasi pasien dengan ketat hingga keadaanya kembali normall, fungsi lumabl dapat diulang setelah 8 jam bila diperlukan. Selama fase akut, sel yang dominan adalah PMN sampai sekitar 95%. Dengan perjalanan penyakit, ada kenaikan bertahap limfosit dan sel monoklear. Selain itu terdapat kenaikan kadar protein sampai diatas 75% dan punurunan kadar glukosa sampai dibawah 20%. Pengobatan antibiotik sebelumnya dapat mengacaukan gambaran cairan serebrosional.

127

127. seorang anak berusia 1,5 tahun dibawa kepuskesmas dengan keluhan sesak nafas sejak satu hari yang lalu. Sesak nafas disertai dengan menggil. Sejak tiga hari yang lalu menderita batuk. Dalam keluarga ada dua orang anggota keluarga mengalami sakit serupa. Semakin lama keadaan makin memburuk. Dari pemeriksaan fissik didapatkan, frekuensi nafas 35 kali/menit, nafas cuping hidung (+), retraksi dinding dada (+), perkusi hipersonor, serta pada auskultasi ditemukan wheezing inspirasi dan ekspirasi. Diagnosis pada pasien ini adalah...
a. Bronkiolitis d. Bronkitis
b. Croup e. Rinofaringitis akut
c. Asma bronkial

JAWABAN : A. (buku kuliah ilmu kesehatan anak 3, hal 1233)
Pembahasan :
Bronkiolitis akut merupakan sindrom obstruksi. Bronkiolitis yang sering diderita anak-anak kurang dari 2 tahun. Gambaran klinisnya sebagai berikut sebagai berikut:
Bronkiolitis biasanya didahului oleh infeksi saluran pernapasan bagian atas disertai batuk dan pilek untuk beberapa hari. Biasanya tanpa disertai kenaikan suhu atau hanya subfebris. Anak ulai mengalami sesak napas, makin lama makin cepat, pernapasan dangkal dan cepat disertai dengan serangan batuk. Terlihat juga pernapasan cuping hidung disertai retraksi interkosal dan suprasternal serta anak gelisah dan sianotik. Pada pemeriksaan terdapat suara perkusi hipersonor dan ekspirasi memanjang di sertai wheezing. Ronki nyaring halus kadang-kadang terdengar pada akhir ekspirasi atau pada permulaan ekspirasi.

128

128. seorang anak laki-laki berusia 2 tahun dibawa ke dokter dengan keluhan mengalami panas tinggi. Demam telah dua hari, disertai batuk dan pilek. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, pasien gelisah, sianosis, frekuensi pernapasan 60kali/menit, dan ada stridor inspirasi. Mendadak pasien mengalami distress pernapasan dan retraksi subkosta. Tindakan paling tepat yang harus segera dilakukan dokter adalah...
a. Usap tenggorok d. Strabilisasi jalan nafas
b. Infus + analisa gas darah e. Beri O2
c. Ro thoraks

JAWABAN : D. (Advanced Trauma Life Support for Doctors, Hal 274)
Pembahasan :
Dalam kasus ini terdapat tanda-tanda kegawat daruratan pada anak. Untuk itu perlu dilakukan penatalaksanaan primer. Hal pertama adalah evaluasi dan penanganan airway. Ketidakmampuan dalam memperbaiki dan atau menjaga jalan napas yang baik dengan kegagalan oksigenasi dan ventilasi adalah penyebab utama yang tersering dari cardiac arrest pada anak.

129

129. seorang bayi perempuan berusia 3 hari dibawa ibunya datang ke klinik dengan keluhan utama banyak kotoran dan nanah di kedua mata sejak usia satu hari yang lalu. Riwayat persalinan normal didukun bersalin. Riwayat keputihan bau saat hamil (+). Pada pemeriksaan mata ditemukn sekret putih kekuningan purulen banyak. Bakteri penyebab yang paling memungkinkan adalah...
a. Neisseria gonorrhoea d. Clamidia
b. Adenovirus e. Staphilococcus
c. Pneumococcus

JAWABAN: A (ilmu penyakit mata untuk dokter umum dan mahasiswa kedokteran, hal. 60-61)
PEMBAHASAN :
Konjungtivis purulen ditandai dengan adanya sekret purulen, kadang-kadang disertai adanya pseudo membran sebagai massa putih di konjungtiva purulen ada dua kemungkinan penyebab, yaitu infeksi golongan neisseria atau kamidia. Konjungtivitis gonorre terjadi infeksi pada waktu lahir, berassal dari uretritis gonore ibunya. Masa inkubasinya satu sampai tiga hari dan biasanya mengenai kedua mata.

130

130. seorang anak perempuan berusia 6 tahun dibawa ke puskesmas dengan keluhan mendadak menjadi pucat. Keluhan ini disertai gelisah, kulit dingin, dan sesak napas setelah lima menit sebelumnya mendapat obat injeksi. Obat yang paling tepat diberikan pertama kali pada pasien ini adalah...
a. Kortikosteroid d. Oksigen
b. Antihistamin e. Adrenalin
c. Antiinflamasi

JAWABAN : E. (buku ajar ilmu bedah edisi 2, hal 121 dan 124)
PEMBAHASAN :
Adanya riwayat mendapat obat injeksi sebelum muncul keluhan pucat , gelisah, kulit dingin, dan sesak napa. Hal ini terjadi akibat reaksi hipersensitivitas sehingga terjadi syok anafilaksis. Syok anafilaksis memerlukan tindakan segera. Terapi yag diberikan adalah 1 ml larutan adrenalin 1/1000 secara subkutan untuk menimbulkan vasokontriksi.

131

131. Seorang anak perempuan berusia 6 tahun dibawa orang tuanya ke puskesmas dengan keluhan demam dan kejangnyang hilang timbul. Hasil pemeriksaan labolatorium cairan serebsorpinalis ditemukan, sel darah putih 100 mm3 (limfosit), pewarnaan gram negatif, protein 150 mg/dL, dan glukosa 15 mg/dL. Diagnosis paling mungkin adalah...
a. KDS
b. Mingitis TB
c. Miningitis viral
d. Miningitis bacterial
e. Pseudotumor

JAWABAN: D.
Pembahasan:
Pada anak yang cukup besar, miningitis kadang-kadan gmemberikan gambaran klasik. Terdapat demam, menggigil, muntah, dan nyeri kepala. Kadang-kadang, gejala pertama adalah kejang, gelisah, dan gangguan tingkah laku. Penurunan kesadaran dapat terjadi. Tanda klinis yang biasa didapat adalah kuku kuduk serta tanda brudzinski dan kernig. Saraf kranial yang mengalami kelainan adalah N VI, VII, dan IV. Bila terdapat trombosis vaskular, dapat timbul kejang dan hemiparesis.
Fungsi lumbal dilakukan pada setiap pasien dengan kecurigaan meningitis. Meskipun hasilnya normal, observasi psien dengan ketat sampai keadaannya kembali normal. Fungsi lumbal dapat diulang setelah 8 jam bila diperlukan. Selama fase akut, sel yang dominan adalahPMN sampai sekitar 95%. Dengan perjalanan penyakit, ada kenaikan bertahap limfosit dan sel mononuklear. Selain itu, terdapat kenaikan kadar protein sampai diatas 75% dan penurunan kadar glukosa sampai dibawah 20%. Pengobatan antibiotik sebelumnya dapat mengacaukan gambaran cairan serebrospinal.

132

132. Seorang anak lelaki berusia 6 tahun dibawa ke UGD karena pingsan beberapa saat setelah jatuh dari ayunan. Pendarahan dari telinga, hidung, atau tenggorokan tidak ada. Pemeriksaan fisik dilakukan didapatkan penurunan kesadaran, kejang fokal, dilatasi pupil unilateral, dan hemiplegia. Pemeriksaan penunjang yang paling tepat untuk dilakukan adalah...
a. Lumbal fungsi
b. CT scan
c. Rontgen kepala
d. USG
e. Oftalmiskopi

JAWABAN:
Pembahasan:
Trauma kepala dan kejang-kejang yang timbul segera setelah tauma kapala lebih sering terjadi kepada anak-anak dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Aktivitas kejang berulang memerlukan pemeriksaan dengan CT scan. Anak-anak cenderung memiliki lebih sedikit lesi fokal dibandingkan dengan orang dewasa. Tetapi, pengisisan tekanan intrakranial terhadap pembengkakan serebral lebih sering. Emergensi CT scan menjadi sangat vital untuk identifikasi.

133

133 Seorang wanita berusia 19 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan terdapat bercak perdarahan pada pakaian dalamnya. Dari anamnesis diketahui HPHT dua bulan yang lalu. Riwayat haid teratur. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi nafas 20kali/menit, dan temperatur 36,5 c. Dari pemeriksaan ginekologi didapatkan, tifus pertengahan pusat-simfisis, balotement (-), DJJ (-), dan HCG (+). Pemeriksaan laboratorium darah yaitu, Hb 10g/dl` hasil pemeriksaan USG ditemukan vesikel intrauterin` rencana penatalaksanaan selanjutnya adalah
A. Observasi
B. Fungsi cavum douglas
C. Kuret hisap
D. Progesteron
E. USG 4D

JAWABAN: C (ilmu kebidanan, edisi 3, hal 142 dan 800)
PEMBAHASAN:
Berdasarkan manifestasi klinis yang terapat pada pasien, diagnosis curiga mola hidatinosa. Hal ini terlihat dari tinggi fundus uteri lebih dari umur kehamilan. Pemeriksaan HCG (+) tetpi tidak ada denyut jantung janin (djj)` pemeriksaan USG dengan snow storm apperance. Penatalaksanaan yang dilakukan adalah abortus dengan kuret hisap.

134

134 Penelitian dilakukan pada ibu merokok selama hamil dan berpengaruh terhadap kecerdasan anak SD. Seorang ibu lupa, berapa batang rokok per hari yang dikonsumsi. Bias yang terjadi disebut
A. Recall bias
B. Barkson bias
C. Misclassification bias
D. Neyman bias
E. Volunteer bias

JAWABAN: A.(konsep desain penelitian)
PEMBAHASAN:
Recall bias termasuk bias informasi. Bias karena individu diminta untuk mengingat tentang apa yang pernah dialaminya terpapar faktor risiko pada masa lampau. Bias tersebut dikenaldengan “recall bias”.

135

135 Seorang wanita berusia 22 tahun datang dengan keluhan ada bintik merah pada kulit kelopak mata. Keluhan ini disertai nyeri. Demam tidak ada. Pada pemeriksaan vital sign in didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi nafas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5 c. Pada pemeriksaan fisik ditemukan, tumor setempat, merah, pada palpebra, berkilat, nyeri tekan (+), dan konjungtifa tidak ada kelainan. Diagnosa yang mungkin adalah
A. Hordeolum internum
B. Blefaritis
C. Hordeolum eksternum
D. Kalazion
E. Meibomitis

JAWABAN: C. (oftalmologi umum, edisi 14, hal.81-82)
PEMBAHASAN
Hordeolum adalah infeksi kelenjar pada palpebra. Bila kelenjar meibom yang terkena maka timbul pembengkakan besar yang disebut hordeolum ekterna lebih kecil dan lebih superfersial akibat ada infeksi di kelenjar zeis atau moll. Sakit, merah, dan bengkak adalah gejala utamanya. Hordeolum interna dapat memcah kearah kulit atau ke permukaan konjungtiva. Hordeolum eksterna selalu pecah ke arah kulit.
Kalazoin merupakan radang granulomatosa menahun. Steril dan idopatik pada kelenjar meibon. Ditandai dengan pembengkakan setempat serta tanda-tanda radang akut`

136

136 Seorang wanita berusia 40 tahun datang ke UGD dengan keluhan lepuh pada kulit kepala, wajah, badan, dan kaki sejak dua bulan lalu. Pada pemeriksaan fisik terdapat bula ganeralisata dan dinding tegang di atas kuliit eritematosa dan edematosa. Bula mudah pecah. Pada pemeriksaan PA didapatkan, vesikel sub epitel dan imunoflurosensi IgG pada membran basal epidermis. Dignosis pada pasien ini adalah
A. Pemfigoid bulosa
B. Pemfigus vulgaris
C. Penyakit duhring
D. Impetigo vesikobulosa
E. Lupus

JAWABAN: A.(ILMU PENYAKIT KULIT DAN KELAMIN, EDISI 3, HAL. 186-188)
PEMBAHASAN:
Pemfigus vulgaris memberi gejala khas, yaitu:
• Keadaan umum penderita biasanya buruk
• Pembentukan bula yang kundur pada kulit yang mudah pecah,lesi generalisata
• Pada penekanan, bula tersebut meluas (tanda nikolsky positif)
• Akantolisis selalu positif
• Adanya antibodi tipe IgG terhadap antigen interselular di epidermis yang dapaat ditemukan dalam serum maupun terikat diepidermis
Diagnosis bandingnya dermatitis herpetiformis dan pemfigoid bulosa. Dermatis herpetiformis dapat mengenai anak dan dewasa, keadaan umumnya baik, keluhannya sangat gatal, ruam polimorf, dinding vesikel/bula tegang dan berkelompok, serta mempunyai tempat predileksi. Pada pemfigoid bulosa keadaan umumnya baik, dinding bula tegang, lesi generalisata, letaknya di subepidermal, dan terdapat IgG linear.

137

137 Seorang laki-laki berusia 22 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan sering sesak napas. Sesak napas selalu terjadi jika cuaca dingin. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 28 kali/menit, dan temperatur tubuh 36,5 c. Pada pemeriksaan fisik paru ditemukan wheezing (+). Pasien didiagnosis dokter menderita asma bronkial. Bila gambaran paru masih dalam batas normal maka tindakan pencegahan selanjutnya adalah
A. Beritahu pasien tidak ada gangguan
B. Teruskan obat asma
C. Periksa MRI dan CT
D. Periksa fungsi paru
E. Nasehati pasien agar tidak stres

JAWABAN: B.(buku ajar ilmu penyakit dalam jilid 1, edisi 4, hal.48)
PEMBAHASAN:
Pasien pada kasus ini didiagnosis asa bronkial. Pengobatan asma menurut GINA ada empat komponen, yaitu:
1. Penyuluhan kepada pasien. Pasien dan keluarga diharapkan memahami penyakitnya, tujuan pengobatan, serta obat-obat yang dipakai serta efek sampingnya
2. Penilaian derajat beratnya asma
3. Pencegahan dan pengendalian faktor pencetus serangan
4. Perencanaan obat-obat jangka panjang

138

138 Seorang laki-laki berusia 23 tahun, korban tabrak lari dibawa ke UGD dengan keadaan umum tidak sadar. Kaki kanan hancur sehingga harus segera diamputasi. Saat itu, pihak keluarga tidak dapat dihubungi karena pasien tidak memiliki identitas. Setelah beberapa hari dirawat, pasien sadar dan dokter menjelaskan apa yang terjadi. Mengetahui keadaan dirinya, pasien menjadi kecewa. Apa kaidah bioetik yang dilakukan dokter
A. Informed consent
B. Dokter mengembalikan hak hukum pasien
C. Dokter melakukan tindakan yang terbaik
D. Dokter menolong pasien emergensi
E. Dokter meminimalisasi akibat buruk

JAWABAN: D (etika kedokteran dan hukum kesehatan, edisis 4, hal. 23 dan 75)
PEMBAHASAN:
Berdasarkan kode etik kedokteran pasal 13, dinyatakan bahwa setiap dokter wajib melakukan pertolongan darurat sebagai suatu tugas perikemanusiaan, kecuali bila ia yakin ada orang lain bersedia dan mampu memberikannya. Dalam kasus ini,pasien dalam keadaan darurat dan tidak dapat memberikan persetujuan tindakan medik (informed consent).Bentuk informed consent yang dilakukan dokter adalah implied consent. Jenis ini bila pasien dalam keadaan gawat darurat (emergency), sedangkan dokter memerlukan tindakan segera. Sementara, pasien dalam keadaan tidak dapat memberikan persetujuan, keluarganya pun tidak ditempat, dokter dapat melakukan tindakan medik terbaik menurutnya (permenkes no. 585 tahun 1989, pasal 11). Jenis ini disebut sebagai presumed consent.

139

139 Seorang laki-laki berusia 25 tahun dibawa ke UGD dalam keadaan tidak sadar. Pada pemeriksaan vital sign didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,5 c. Dari pemeriksaan fisik ditemukan, luka terbuka didahi dan paha kanan, masih keluar darah, jelas di perut ke atas, retraksi suprastenal dan epigastrium, dan ada snoring. Evaluasi resusitasinya adalah
A. Teraba a.radialis
B. Teraba a.femoralis
C. Teraba a.carotis
D. Pasien bernapas spontan
E. Pasien sadar

JAWABAN: D. (advanced trauma life support for doctors, hal.44)
PEMBAHASAN:
Dalam keadaan darurat, resusitasi dapat diakhiri bila terdapat salah satu dari berikut ini:
1. Telah timbul kembali sirkulasi dan vertilasi spontan yang efektif
2. Ada orang lain yang mengambil alih tanggung jawab
3. Penolong terlalu capai sehingga tidak sanggup meneruskan resusitasi
4. Pasien dinyatakan mati
5. Setelah dimulai resusitasi, ternyata kemudian diketahui bahwa pasien berada dalam stadium terminal suatu penyakit yang tidak dapat disembuhkan atau hampir dipastikan bahwa fungsi serebral tidak akan pulih, yaitu sesudah ½-1 jam terbukti tidak ada nadi pada normotermia tanpa RJP.
Resusitasi dikatakan berhasil bila pasien dapat bernapas kembali dengan spontan. Jadi, evaluasi resusitasi dari kasus di atas adalah pasien bernapas spontan.

140

140 Seorang laki-laki berusia 28 tahun datang dengan mengeluh sering nyeri tenggorokan. Dia seorang pemakai narkoba suntik (+). Pada pemeriksaan vital sign didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napa 20 kali/menit, dan temperatur 36,5 c. Dari pemeriksaan fisik ditemukan plak putih pada orofaring. Pada pemeriksaan laboratorium ditemukan HIV (+). Jamur penyebab pada pemeriksaan adakan terlihat sebagai
A. Mikro dan makro hifa
B. Hifa bersegmen coklat/hitam
C. Hifa bersepta yang seragam
D. Budding yeast hifa semu
E. Budding yeast oval + pseudokista

JAWABAN: D. (ilmu penyakit kulit dan kelamin, edisi 4, hal 103-105)
PEMBAHASAN:
Pasien ini mengarah ke diagnosis kandidiasis. Kandidiasis disebabkan candida albicans. Biasanya mengenai mulut, vagina, kulit, kuku, bronki, dan paru. Kadang-kadang dapat menyebabkan septikemia, endokarditis, atau meningitis. Pada pemeriksaan dengan KOH 10% atau dengan pewarnaan gram, terlihat sel ragi, blastospora, atau hifa semu.

141

141. Seorang wanita berusia 23 tahun datang ke pukesmas dengan keluhan gatal di belakang tinga kiri sejak 1 bulan yang lalu. Pada telinga kiri terdapat plak. Pasien mengobati sendiri, namun plak bertambah luas. Pada pemeriksaan vital sing didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur 36,50 C. Dari pemeriksaan fidik ditemukan plak hiperemis pada area batas rambut di belakang telinga disertai pengelupasan kulit. Rencana terapi yang akan di berikan pada pasien ini adalah...
A. Glukokortikoid topikal
B. Neomisin topikal
C. Hidrokortison topikal
D. Ketokonazol topikal
E. Povidon iodin topikal

JAWABAN: C.(Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin,edisi 4,hal .322-323)
PEMBAHASAN:
Pasien memiliki keluhan gatal dengan plak pada telinga kiri. Pada pemeriksaan fisikditemukan, plak hiperemis pada area batas rambut di belakang telinga disertai pengelupasan kulit. Penatalaksanaan yang diberikan adalah antiinflamasi dengan kortikosteroid topikal.

142

142. Seorang laki-laki datang ketempat praktik dokter untuk berkonsultasi karena akan berpergian ke daerah endemi malaria.Dari hasil pemekrisaan tanda vital tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit , frekuensi napas 20 kali/menit, dan temperatur tubuh 36,50C. Dokter pun memberikan terapi profilaksis. Dosis klorokuin profilaksis yang diberikan sebelum kedaerah malaria adalah ketika...
A. Dua hari sebelum s/d satu minggu sesudah
B. Dua hari sebelum s/d satu minggu sesudah
C. Enam hari sebelum s/d 3 minggu sesudah
D. Tujuh hari sebelum s/d 4 minggu sesudah
E. Empat belas hari sebelum s/d 5 minggu sesudah

JAWABAN: D.(Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid,edisi 4,hal .1744)
PEMBAHASAN:
Tindakan pencegahan infeksi malaria sangat penting individu yang nonimun. Bila akan digunakan kemoprofilaksis, perlu di ketahui sensivitas plasmodium ditempat tujuan. Bila daerah dengan klorokuin sensitif, cukup profilaksis dengan 2 tablet klorokuin 250 mg tiap minggu ( 1 minggu sebelum berangkat dan 4 minggu setelah kembali ). Profilaksiss ini dipakai juga pada wanita hamil dan individu yang imuntasnya rendah ( sering terinfeksi oleh malaria ). Pada daerah dengan resisten klorokuin dilanjutkan doksisikin 100 mg/hari, mefloquin 250//minggu,atau klorokuin 2 tablet/minggu. Ditambah dengan proguanil 200 mg/hari.

143

144. Seorng bayi laki-laki berusia 5 hari dibawa kepuskesmas dengan keluhan kejang berulang. Dari anamnesis didapatkan bahwa bayi lahir cukup bulan dan tidak menangis. Dari pemeriksaan fisik didapatkan,kaku kuduk (-), jantung tidak ada kelainan, refleks moro simetris lemah, unbun-ubun besarar menonjol, kesadaran menurun, dab BB 2200 gram. Tindakan yang dilakukan adalah...
A. Lubal pungsi
B. Rawat inap di puskesmas
C. Memberi obat dan rawat jalan
D. Memberi antikejang dan merujuk
E. Mengajurkan CT scan kepala

JAWABAN: D. (Kapita Selekta Kedokteran Jilid, hal. 437-438)
PEMBAHASAN:
Meningitis pada bayi baru lahir memilii gambaran klinis sangat kabur dan tidak khas. Demam hanya terjaadi hanya setengah jumlah khusus. bBiasanya, pasien tampak lemah, malas, tidak mau minum, muntah-muntah, kesedaran menurun dan ubun-ubun membesar, tegang dan membonjol. Kemudian leher lemah, respirasi tdidak teratur, kadang-kadang disertai dengan ikterus sepsis. Bila didapatkan sepsis pada bayi baru lahir, harus dicurigai adanya meningitis. Pungis lumbal dilakukan pada setiap pasien dengan kecurigaan meningitis. Penatalaksanaan yang dilakukan adalah dengan cairan intravena, mengatasi kejang, pemberian kortikosteroid, dan antibiotik. Di puskesmas, tidak memungkinkan untuk mellakukan pungsi gumbal. Oleh sebab itu, pasien di rujuk ke rumah sakit dengan mengatasi kejang terlebih dahulu.

144

145. Seorng bayi laki-laki berusia 2 hari dibawa ibinya ke praktek dokter umum dengan keluhan terdapat benjolan dikepala. Dari alloanamesis didapatkan,bayi lahir di bidan,cukup bulan dan langsung menangis. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, keadaan umum baik dan terdapat benjolan lembek sebesartelor ayam melewati sutura. Diagnosis pada pasien adalah...
A. Craniotabes
B. Cephalohematoma
C. Caput suksadenum
D. Meningoencephalitis
E. Perdarahan subaponeurosis

JAWABAN: C. (Ilmu Kebidanan,edisi 3, hal. 717)
PEMBAHASAN:
Caput suksadaenum biasanya ditemukan pada presentasi kepala, sesuai dengan posisi bagian bersangukatan. Pad bagian tersebut terjadi edema sebagai akibat pengeluaran serum dari pembuluh darah. Caput suksadaneum tidak memerlukan pengobatan khusus dan biasanya menghilang setelah 2-5 hari.

145

146. Seorang ank laki-laki berumur 9 tahun dibawa ke dokter umum mengeluh penglihatannya kabur. Kalau dikelas, ia duduk dielakang. Namun, karena tidak dapat melihat tulisandi papamn tulis, ia selalu di pindahkan gurunya agar duduk di depan. Anak tersebut mengeluh kabur kalau melihat jauh. Diagnosis pada anka ini adalah...
A. Hipermetropi
B. Miopi
C. Presbiopi
D. Astigmatisme
E. Katarak kongenital

JAWABAN: B. (Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran, hal. 22-25)
PEMBAHASAN:
Pasien tidak dapat melihat jauh sehingga salalu duduk di depan. Gejala ini merupakan gejala miopi. Pada miopi, sinar-sinar berjalan sejajar dengan sumbu mata tampa akamodasi di bias depan retina. Terapi yang diberikan adalah lensa negatif (S-) agar tanpa akamodasi dapat melihat dengan baik.
Hipermetorapi merupakan kelainan tidak dapat melihat jarak dekat. Biasanya, terdapat keluahan lelah dan sakit kepala. Jika proksimum letaknya jauh dari jarak baca seseorang di namakan prebiopi. Astigmatismus dengan gejala subjektif tidak dapat melihat sinar atau garis sejajar.

146

147. Sesuai hasil skiring STDs diketahui bahwa persentase HIV-AIDS pada tahun 2009 di kota Z adalah sebesar 20%. Dengan penderita laki-laki sebanyak 50% dari total penderita HIV-AIDS. Hasil penelitian juga pada laki-laki yang tidak menderita penyakit tersebut didapatkan riwayat menggunakan kondom pada saat berhubungan seks. Pencegahan yang dilakukan pda laki-laki tersebut termasuk...
A. Health promotion
B. Spesific propection
C. Early diagnosis
D. Disabilility limited
E. Rehabilitas

JAWABAN. B.(Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni, hal.111-112)

PEMBAHASAN:
Pelayanan kesehatan berdasarkan lima tingkat pencegahan penyakit dari Leavell dan Clark, sesuai dengan pemanfaatannya, yaitu:
a. Promosi kesehatan (health promotion). Pada tingkat ini dilakukan tingkatan umum untuk menjaga keseimbangan proses bibit penyakit-pejamu-lingkungan. Dengan begitu, menguntungkan manusia dengan cara meingkatkan daya tahan manusia dan memperbaiki lingkungan. Tindakan ini dilakukan pada orang sehat. Contohny, penyuluhan cara hidup sehat dan kesehatan olahraga.
b. Perlindungan khusus (specific protection). Tindakan yang dilakukan masih dimaksudkan untuk pencegahan penyakit, tetapi sudah terarah pada peyakit tertentu. Dilakukan pada orang sehat yang memiliki risiko terkena penyakit tertentu. Contohya pada imunisasi, keluarga berencana, dan penggunaan kondom.
c. Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and promt treatment), merupakan tindakan menemukan penyakit sedini mungkin dan melakukan menatalaksanaan segera dengan terapi yang tepat.
d. Pembatan cacat (diasability limitation). Dilakukan penatalaksanaan yang adekuat pada pasien penyakit yang telah lanjut. Hal tersebut untuk mencegah penyakit mejadi berat, meyembuhkan pasien, dan mengurangi kemungkinan cacat yang timbul.
e. Rehabilitasi (rehabilitation). Tindakan ini dimaksud untuk dikembalikan pasien kemasyarakat agar dapat hidup dan bekrja secara wajar atau tidak menjadi beban orang lain.

147

148. Seorsng anak laki-laki berusia 4 tahun di antar ke dokter dengan keluhan utama sakit Pada telinga kanan sejak kemarin. Keluhan disertai pendengaran terganggu , demam(+), dan batuk pilek (+) sejak 5 hari yang lalu. Ibu pasienmembli obat batuk putih diwarung. Setelah mengosumsi obat demam, batuk dan pilek mereda. Pada pemeriksaan fisik ditemukan, suhu tubuh 36,6°C. Pada otoskopi telinga kanan ditemukan, cairan mukopurulen keliar dari propesi sentral membran timpani. Diagnosis yang tepat pada pasien ini adalah...
A. Otitis media akut
B. Otitis media serosa
C. Otitis ekterna bulosa
D. Miringitis bulos
E. Otitis media perforate

JAWABAN: E. (Buku Ajar Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala, Leher, edisi 5, hal. 51-53)
PEMBAHASAN:
Otitis media akut memiliki beberapa stadium :
1. Oklusi tuba eustachius : adanya gambaran retraksi membran timpani . kadang-kadan membran temprani tampak normal dan berwarna keruh pucat. Pengobatan padda stadium ini bertujuan untuk membuka tuba eustrachius maka di berikan HCl efedrin 0,5 % dalam larutan fisiologis untuk usia 12 tahun dan orang dewasa .
2. Hipermis (presupurasi) : tampak tumbuh darah yang melebar di membran tempani sehingga tampak hiperemmis dan adema . sekret yang terbentuk mungkin masih bersifat eksudat yang serona sehingga sukar dilihat . tetapi pada stadium ini adalah antibiotik , obat tetes hidung , dan analgetik . antibiotik yang dianjurkan penisilin , ampisilin , amoksilin , atau aritromisin , hal tersebut di lakuka jika membaran timpran sudah terlihat hiperemiis difus
3. Supurasi : terlihan membran tempani menonjol (bulging) ke arah telinga luar . pasien tampak kesakitan , nadi dan suhu meningkat sehingga nyeri di telinga tambah hebat , pada stadium ini , disamping diberikan antibiotik , sebaiknya di sertai dengan miringotomi bila membran timpani masih utuh . dengan mirikotomi , gejala gejala klinis lebih cepat dan hilang dan tempreratur dapat dihindari.
4. Perporasi : terajadi ruptur membran tipani dan nanah keluar mengalir dari telinga tengah ke liang telinga luar. Saat stadium ini, suhu badan menurun. Pengobatan yang di berikan adalah obat cuci telinga H202 3% selama 3-5 serta anti biotik yang adekuat. Biasanya, sekret akan hilang dan ferporasi akan dapat menutup kembali dalam waktu 7-10 hari.
5. Resolusi : Bila membran timpai tetap utuh maka perlahan-lahan akan normal kembali. Bila telah terjadi perforasi maka sekret akan berkurang dan akhirnya kering. Resolusi terjadi bila daya tahan baik atau virulensi kuman rendah (waalaupun tampa pengobatan). Bila tidak terjadi resolusi, biasanya akan tampak sekret mengalir di liang telinga luar melaluai perforasi pada membran timpani. Keadaan ini disebabkan berlanjutnya edema mukos telinga tengan. Padaa keadaan demikian, antibiotik dapat dilanjutkan sampai tiga minggu. Bila setelah tiga minggu sekret masih tetap banyak, kemungkinan terjadi mastoiditis.
Pada kasus ini, terdapat manifestasi klinis OMA stadium perforasi.

148

149. Seorang perempuan berusia 15 tahun datang ke puskesmas karena tidak haid pada bulan ini. Haid pertama satu tahun yang lalu, tidak teratur, sedikit, selama ± 2 minggu. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas nafas 20 kali/menit, dan temperatur tubuh 36,5°C. Hasil pemeriksaan obstetric didapatkan vulva dan vagina tidak ada kelainan, dan fluksus (+). Tindakan yang tepat selanjutnya adalah…
a. Melakukan tes kehamilan d. Melakukan terapi kontrasepsi oral
b. Melakukan biopsi endometrium e. Melakukan skrining hemostasis
c. Melakukan USG pelvis

PEMBAHASAN:
Pasien datang dengan keluhan tidak haid dalam bulan ini. Hal yang dilakukan setelah menanyakan riwayat haid sebelumnya secara lengkap adalah melakukan tes kehamilan untuk menyingkirkan diagnosis hamil.
JAWABAN: A. (Kapita Selekta Kedokteran Jilid 1, edisi 3, hal. 254)

149

150. Seorang anak laki-laki berusia 10 tahun dibawa ke puskesmas karena bahu kanan diserang dan digigit anjing. Dokter melakukan perawatan luka dengan mencuci dan membersihkan luka. Anjing berhasil ditangkap dan diawasi. Tindakan selanjutnya yang dilakukan puskesmas adalah…
a. Mencari anjing
b. Memberi vaksin rabies
c. Memberi vaksin rabies dan serum antirabies
d. Observasi cermat anak tersebut
e. Melapor kejadian tersebut ke dinas kesehatan

PEMBAHASAN:
Pengobatab pada rabies terdiri atas :
1. Pengobatan local dengan memcuci luka gigitan menggunakan sabun dan detergen.kemudian, luka dibersihkan kembali dnegan alcohol 40-70%. Kalau perlu diberikan ATS atau antibiotik.
2. Pengobatan khusus dengan memberikan vaksinasi terapi profilaksis dengan vaksin rabies, hal ini dilakukan apabila hewan yang menggigit mati. Untuk itu, anjing harus dicari, ditangkap, dan diawasi.
Kejadian rabies ini perlu dilaporkan ke dinas kesehatan stempat sebagai salah satu program survailans.
JAWABAN: E (Standar Penatalaksanaan ILmu Kesehatan Anak RSMH; Bab Infeksi, hal. 31)

150

151. Seorang wanita berusia 60 tahun dirwat di ICU. Dari hasil pemeriksaan didapatkan, batang otak sudah mati dan jantung masih berdenyut. Keluarga meminta pasien dibiarkan saja. Lalu, tindakan dokter selanjutnya adalah…
a. Tetap membiarkan alat-alat bantu di ICU terpasang pada pasien
b. Membiarkan pasien meninggal
c. Otonomi pasien sendiri
d. Melepas alat-alat bantu di ICU
e. Tetap membiarkan terapi kepada pasien

PEMBAHASAN:
Permintaan keluarga termasuk dengan euthanasia. Euthanasia adalah dengan sengaja tidak melakukan sesuatu untuk memperpanjang hidup seorang pasien atau sengaja melakukan sesuatu untuk memperpendek hidup atau mengakhiri hidup pasien. Hal ini dilakukan untuk kepentingan pasien sendiri.
Kitab Undang-Undang Hukum Pidana mengatur seseorang dapat dipidana atau dihukum jika ia menghilangkan nyawa orang lain dengan sengaja ataupun karena kurang ketahi-hatian. Ketentuan ini berkaitan langsung dengan euthanasia aktif yang terdapat pada Pasal 344 KUHP:
Barangsiapa yang menghilangkan jiwa orang lain atas permintaan orang itu sendiri, yang disebutnya dengan nyata dan dengan sungguh-sungguh, dihukum penjara selama-lamanya dua belas tahun.
Pada pasal 345 KUHP dinyatakan:
Barangsiapa denga sengaja menghasut orang lain untuk membunuh diri, menolongnya dalam perbuatan itu, atau memberikan daya upaya itu jadi bunuh diri, di hokum penjara selama-lamanya empat tahun.
Pasal ini mengingatkan dokter untuk jangankan melakukan euthanasia, menolong atau member harapan kearah perbuatan itu saja pun sudah mendapat ancaman pidana.
JAWABAN: C (Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan, edisi 4, hal. 118-121)

151

152. Seorang laki-laki berusia 58 tahun berobat ke doter untuk meminta periksa laboratorium karena kakak dan ayahnya menderita DM. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 160/90 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, suhu tubuh 36,5°C. Pemeriksaan penunjang yang diperiksa untuk menunjang diagnosis adalah…
a. Glukosa darah sewaktu, puasa, cholesterol total, trigliserida
b. Glukosa darah sewaktu, puasa, HDL, LDL, dan TG
c. Glukosa darah puasa, cholesterol total, dan TG
d. Glukasa darah puasa, HDL

PEMBAHASAN:
Diagnosis klinis DM umumnya akan dipikirkan bila ada keluhan khas berupa poliuri, polifagia, dan penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya. Hasil pemeriksaan kadar gula puasa ?126 mg/dl, digunakan sebagai patokan diagnosis DM. pemerikasaan kadar gula darah sewaktu ? 200 mg/dl, sudah cukup untuk menegakan diagnosis DM. faktor-faktor predisposisi DM juga perlu diperiksa.
JAWABAN: E. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III,edisi 4, hal.1857)

152

153. Seorang bayi berumur 2 minggu dibawa keluargaya dengan keluhan ada benjolan di antara kedua matanya. Dari pemerikasaan fisik terdapat benjolan ukuran 3 cm, kenyal, kistik, dan tidak terdapat serabut saraf. Diagnosis yang tepat adalah…
a. Spina bifia d. Ensefalocele
b. Meningocele e. Chiari malformation
c. Myelomeningocele

PEMBAHASAN:
Meningokel biasanya terletak di garis tengah. Meningokel biasanya terdapat di daerah servikal atau daerah torakal atas. Kantongnua hanya berisi selaput otak, sedangkan korda tetap dalam korda spinalis. Tidak terdapat gangguan sensorik dan motorik.
Meningomielokel biasanya terletak pada daerah lumboskral. Kantong ditutupi oleh selaput neuroepitelium tipis dan pembuluh darah yang tidak normal. Kantong berisi korda spinalis atau serabut saraf. Lalu, 75% dari bayi ini akan menderita hidrosefalus.
Spina bifida merupakan anomaly perkembangan yang ditandai defek penutupan selubung tulang pada medulla spinalis sehingga medula spinalis dan sekabut menigen dapat menonjol keluar.
Ensefalokel biasanya terdapat di daerah oksipital kantong berisi cairan, jaringan saraf, atau sebagian dari otak. Ensefalokel di daerah oksipital ini sering berhubungan dengan kelainan mental yang berat dan mikrosefal.
JAWABAN: B. (Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 3, hal. 1136-1137)

153

154. Seorang wanita berusia 18 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan keluar cairan berwarna kuning dari vagina dan kadang-kadang disertai gatal. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan suhu tubuh 36,5°C. Pada pemeriksaan mikroskopik ditemukan serbukan leukosit. Etiologi keluhan pada pasien ini adalah…
a. N. gonore d. U. ureolitikum
b. Chlamydia trachomatis e. G. vaginalis
c. Candida albicans

PEMBAHASAN:
Keluhan pada kasus ini adalah keluar cairan berwarna kuning dari vagina, gatal, dan yang khas pada pemeriksaan mikroskopik ditemukan serbukan leukosit. Hal ini spesifik untuk infeksi genital nonspesifik yang disebabkan oleh chlamydia tranchomatis. Pemeriksaan pada N. gonore, akan didapatkan diplokokus gram (-). Lalu, C. albicans akan ditemukan hifa semu pada pemeriksaan KOH.
JAWABAN: B. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal. 342)

154

155. Seorang wanita berusia 20 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan keluar cairan berwarna putih kekuningan dari kemaluan. Cairan warna putih yang keluar dari vagina, tidak ada keluhan gatal hebat. Pasien juga tidak memiliki riwayat terkait penyakit IMS. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan suhu 36,5°C. Jadi, etiologi keluhan pasien adalah…
a. Serviks gonore d. Vaginosis kandida
b. Serviks klamidia e. Trikomoniasis vaginalis
c. Vaginosis gonore

PEMBAHASAN:
Informasi spesifik pada kasus ini adalah tidak ada riwayat terkait penyakit IMS sehingga opsi pilihan a, b, c, dan e tersingkirkan. Pada vaginosis kandida fluor, albusnya berwarna kekuningan. Tanda yang khas adalah disertai gumpalan-gumpalan sebagai kepala susu berwarna putih kekuningan. Gumpalan tersebut berasal dari massa yang terlepas dari dinding vulva atau vagina yang terdiri atas bahan nekrotik, sel-sel epitel, dan jamur.
JAWABAN: D. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal. 104)

155

156. Seorang wanita berusia 20 tahun tergeletak di jalan setelah terempas 2 meter tidak sadarkan diri dan berlumuran darah karena mengalami kecelakaan tabrak lari. Tindakan yang harus dilakukan segera adalah…
a. Head tilt, chin lift d. Panggil bantuan
b. Jaw thrust e. Pemeriksa denyut a. carotis
c. Evaluasi pernapasan

PEMBAHASAN:
Penatalaksanaan primer yang pertama kali dilakukan adalah pertolongan airway. Evaluasi pernapasan untuk mengetahui adanya sumbatan airway dengan cara:
1. Lihat (look), apakah penderita mengalami agitasi? Lihat adakah retraksi dan penggunaan otot-otot napas?
2. Dengar (listen), adakah suara-suara abnormal? Dengarkan dan rasakan adakah aliran napas?
3. Rasa (feel), rasakan adakah aliran napas? Raba local trakea dengan cepat, apakah trakea berada di tengah?
Bila penderita mengalami penurunan tingkat kesadaran, kemungkinan lidah jatuh kebelakang dan menyumbat hipofaring. Bentuk sumbatan ini dapat dilakukan dengan melakukan jaw thrust jika di khawatirkan ada faktur servikal.
JAWABAN: C. (Advanced Trauma Life Support for Doctors, hal 46-47)

156

157. Seorang bayi berusia 18bulan dibawa ke rumah sakit dengan keluhan lebam-lebam pada tubuh. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, bengkak pada lutut dan lebam lengan bawah. Dari hasil pemeriksaan laboratorium darah ditemukan: hemoglobin, leukosit, dan trombosit normal. Kemudian diketahui, clotting time memanjang, bleeding time normal, aPTT memanjang, dan PT normal. Diagnosis pada pasien ini adalah...
a. Syndrom Bernand Sollier d. Tromboastenia
b. Hemofilia e. Disfibrinogenemia
c. Von Willebrad Disease

Jawaban: B. (Buku Kuliah Ilmu Keseharan Anak 1, hal. 464)
Pembahasan: Manifestasi klinis yang terdapat pada pasien mengarah ke diagnosis hemofilia, yaitu bengkak pada lutut dan lebam lengan bawag. Dari hasil pemeriksaaan lab darah ditemukan Hb, leukosit dan trombosit normal, clotting time memanjang, bleeding time normal, aPTT memanjang, dan PT normal.

157

158. Seorang anak laki-laki berusia 11 bulan dibawa ibunya ketempat praktik dokter dengan keluhan sesak napas dari pagi hari. Terdapat riwayat batuk, pilek, dan demam sejak dua hari yang lalu. Pasien tidak pernah sesak sebelumnya. Pada pemeriksaan disik didapatkan, pasien compos mentis, BB dan TB sesuai umur, respiratory rate 60 kali/menit, temperatur axilla 38,5oC, terdapat rhinorrhea, retraksi interkostal, takikardi, wheezing (+), ronki (+) kasar difus pada kedua paru, dan ekspirasi memanjang. Tindakan awal yang harus diberikan kepada pasien adalah...
a. Pemberian cairan adekuat d. Pemberian antivirus
b. Pemberian long acting ? agonis e. Pemberuan kortokosteroid
c. Pemberian imunoglobulin

Jawaban: B (Buku Kuliah Ilmu Keseharan Anak 3, hal. 1217)
Pembahasan: Pada pasien didaptkan, keluhan sesak napas, riwayat batuk, pilek, dan demam. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, respiratory rate 60 kali/menit, temperatur axilla 38,5 oC, terdapat rhinorrhea, retraksi interkostal, takikardi, wheezing (+), ronki (+) kasar difus pada kedua paru, dan ekspirasi memanjang. Diagnosis bandingnya adalah bronkopneumonia, bronkiolitis, atau asma bronkia;. Dari pilihan jawab , penatalaksaan sesak yang disebabkan oleh asma adalah dengan pemberian ? agonis.

158

159. Seorang anak laki-laki berusia 5 tahun diantar ke puskesmas dengan keluahn mata bengakak sejak lima hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik ditemukan, edema pada palpebra dan kedua tungkai. Dari hasil pemeriksaan urin didaptkan albumin (+4), RBC=0-1/LP, leu-0-2/LP, epitel=1-2/LP, dan bakteri (-). Penyebab bengkak pada pasien adalah...
a. Menurunnya GFR
b. menurunnya asupam dan sintesis protein
c. Menurunnya tekanan onkotik plasma
d. Menurunnya absorbsi air dan garam
e. Menurunnya curah jantung dan volume sekuncup

Jawaban: C (Patofisiologi Konsep Klinis Proses-proses Penyakit Volume 1, ed. 6, hal. 333)
Pembahasan: Edema didefinisika sbagai penumpukan cairan interstisial yang berlebihan. Edema dapat terlokalisir atau generalisata. Penyebab edema selalu berkaitan dengan perubahan kekuatan pada hukum Sraling yang mengatur distribusi cairan anatra kapiler dan ruang interstisial. Dengan demikian, edema dapat disebabkan oleh tekanan hidrostatik kapiler yang meningkat, tekanan osmotik koloid yang menurun, permeabilitas kapiler meningkat, atau obstruksi aliran limfatik.

159

160. Seorang anak laki-laki umur 11 tahun dibawa etempat praktik dokter karena menderita batuk sejak 4 hari yang lalu. Keluhan disertai demam secara terus-menerus. Setelag diberi terapi suntik ampicillin IM, pasien menjadi hipotensi dan akral dingin. Dokter segera memberi adrenalin. Tujuan pemberian terapi adrenalin ini adalah...
a. Meningkatkan tekanan darah d. Melebarkan bronkus
b. Menigkatkan perfusi ginjal e. Meningkatkan oksigen
c.. Menurunkan alirana darah

Jawaban: A (Standar Penatalaksaan Ilmu Kesehatan Aak RSMH; Bab PICU, hal. 8)
Pembahasan: Syok anafilaksis terjadi pada pasien ini. Syok ini terjadi akibat adabta reaksi alergi yang ditandai vasodilatasi masif dan penibgkatan permeabilitas kapiler. Adrenalin diberikan pada pasien dengan perfusi sistemik buruk atau hipotensi non hipovolemik. Dosis rendah 3mgc/kg/menit menyebabkan peningkatan tekanan darah sistolik dan diastolik serta menyempitkan tekanan nadi.

160

161. Seorang bayi berumur 6 bulan belum dapat mengangkat kepala. Untuk mengukur apakah bayi ini memiliki perkembangan yang baik atau belum, perlu digunakan...
a. Denver II d. Tes IQ
b. Bailey e. Tes EQ
c. Kurva pertumbuhan CDC

Jawaban: A (Tabel Denver II)
Pembahasan: Untuk mengetahui tumbuh kembang anaka dapat digunakan tabel denver II. Dengan denver, akan dapat diketahui perkembangan motor kasar, bahasa, adaftif-motorik-halus dan perkembangan personel anak.

161

162. Seorang bayi perempuan berumur 11 jam menderita kunig diseluruh tubuh. Pada comb test (+). Golongan darah anak O Rh (+), ibu golongan darah O Rh (-), dan ayah golongan darah O Rh (+). Kuning pada bayi tersebut disebabkan oleh...
a. Hemolisis d. Infeksi virus
b. Perdarahan e. Kelainan heper
c Sepsis

Jawaban: A (Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 3, hal. 1105-1107)
Pembahasan: Ikterus fisiologis timbul pada hari ke 2-3 dan akan menghilang pada hari ke 4-5. Ikterus yang timbul pada 24 jam pertama disebabkan oleh:
• Inkompabilitas darah rhesus, ABO, atau golongan lain.
• Infeksi intrauterine (oleh virus, toksoplasma, leus, dan kadanga-kadang bakteri)
• Kadang-kadang juga oleh defisiensi G6PD.
Pada Inkompabilitas darah Rhesus, ABO terjadi hemolisi sehingga bilirubin meningkat akibat produksinya yang berlebihan.

162

163. Seorang wanita berusia 23 tahun datang ke puskesmas terdekat dengan keluhan deam hilang timbul sejak beberapa bulan terakhir. Keluhan ini disetai nyeri pada tangan, lengan dan lutut simetris. Ia juga tidak dapat ikut olahraga karena jika kena sinar matahari langsung ambruk dan rambut rontok. Diagnsos pada pasien ini adalah...
a. Arthritis rematoid d. Eritematosis sitemik
b. Arthritis reaktif e. Fibromialga
c. Gout

Jawaban: A (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II, ed. 4, hal. 1176)
Pembahasan: Manifestasi klinis yang terdapat pada pasien mengarah SLE. Akan tetapi, foku yang ditanyakan pda kasus ini ada pada keluhan nyeri tanga, lengan dan lutut. Salah satu kriteria SLE adalah danya Arthritis rematoid. Ada tujuh kriteria ARA untuk Arthritis rematoid, yaitu:
i. Kaku pagi hari pada persendian.
ii. Arthritis pada tiga daerah persendia atau lebih.
iii. Arthritis pada persendian tangan.
iv. Arthritis simetris.
v. Nodul reumatoid.
vi. Faktor rheumatoid serum positif.
vii. Perubahan gambaran radiologis.
Pasien akan dikatakan menderita Arthritis rematoid jika memenugi sekurang-kuragnya kriteria 1-4 yang diderita sekurang-kurangnya 6 minggu.

163

164. Seorang wanita 20 tahun datang ketempat praktik dokter dengan nyeri pada telingan kanan. Nyeri disertai dengan demam dan flu sejak dua hari yang lalu. Dari hasil pemeriksaan tanda vital, didapatlan tekana darah 110/70mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan suhu 36,5oC. Pada pemeriksaan fisik ditemuka, nyeri tarik dan tekan aurikla, liang telinga edema, serta membran timpani tak terlihat. Diagnosis pada pasien ini adalah...
a. OMA b. OM serosa c. OE d. Otomikosis e. OMSK

Jawaban: C (Buku Ajara Ilmu Kesehaan Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala Leher ed. 5, hal. 46-47)
Pembahasan: Furunkel terbentuk pada sepertiga luar liang telingan yang mengandung adeksa kulit sehingga pada organ telingan dikenal dengan OE sirkumkripta. Bakteri penyebabnya biasanya staphylococcus aureus atau albus. Gejalanya adalah rasa nyeri yang hebat. Nyeri timbul dengan penekanan. Nyeri juga yimbul pontan saat membuka mulut. Gangguam pendengaran terjadi bila furunkel membesar dan menyumbat liang telinga. Terapi yang dilakukan dengan antibiotik salep seperti polymixin. Bila telah menjadi abses maka diaspirasi untuk mengeluarkan nanah.

164

165. Seorang laki-laki berusia 30 tahunn datang ke puskesmas degan keluahn bercak putih di dada. Brcak terkadang disertai rasa gatal. Dari hasil pemeriksaan tanda vital, didapatkan tekanan darah 120/80mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan suhu 36,5oC. Pada pemeriksaan fisik ditemukan, ada tiga lesi yang sama, tanpa rasa nyeri, perbesaran n. Auricularis magnus, dan BTA (+). Pasien tinggal di pesisir Jawa. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah...
a. Makula hipopigmentasi pasca inflamasi d. Pitiriasis alba
b. Morbus Hansen e. Vitiligo
c. Pitiriasis versicolor

Jawaban: B

165

166. Seorang wanita berusia 30 tahun datang ke UGD rumah sakit karena tersiram cairan kimia. Pada pemeriksaan fisik tampak vesikel setelah terkena cairan kimia. Vesikelbula dengan dasar eritem. Dari hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, frekuensi nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan suhu 36,5?C. Diagnosis pasien ini adalah..
a. DKI d. Dermatitis numularis
b. DKA e. Dermatitis alergi
c. Dermatitis statis

PEMBAHASAN:
Dermatitis kontak iritan akut biasanya karena kecelakaan. Kulit terasa pedih atau panas dengan eritema, vesikel, atau bula. Luas kelainan, umumnya sebatas daerah yang terkena, berbatas tegas. Pada umumnya kelainan kulit muncul segera, tetapi ada sejumlah bahan kimia yang menimbulkan reaksi akut lambat, misalnya podofilin, antralin, dan asam fluorohidrogenat. Kelainan kulit baru terlihat 12-24 jam atau lebih. Pengobatannya adalah dengan menyingkirkan pajanan bahan iritan. Apabila diperlukan, dapat diberikan kortikosteroid topikal.
JAWABAN: A. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal.128)

166

167. Seorang wanita berusia 35 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan ada luka kecil di kepala. Pada kepala tampak botak di parietal, tampak bekas gigitan serangga 1 bulan yang lalu. Dua bulan yang lalu, pasien pernah datang dan mengalami kondisi yang sama, tetapi tempat luka di kemaluannya. Setelah itu, sembuh. Pada pemeriksaan ditemukan ulkus bulat, dasarnya granulasi merah dan bersih, dan dinding tidak bergaung. Pemeriksaan yang tepat untuk dilakukan pada pasien ini adalah...
a. Lampu wood d. ANA tes
b. KOH e. VDRL
c. Anti titer hormon androgen

PEMBAHASAN:
Informasi yang perlu diperhatikan adalah adanya riwayat ulkus yang sama pada kemaluan, dua bulan yang lalu. Sekarang, tampak ulkus bulat, dasarnya granulasi merah dan bersih, serta dinding tidak bergaung. Hal ini disebut ulkus durum. Salah satu pemeriksaan penunjang untuk didiagnosis sifilis adalah dengan VDRL
JAWABAN: E. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal. 369 & 378)

167

168. Seorang anak laki-laki berusia 4 tahun diantar ke puskesmas dengan keluhan kemerahan yang gatal pada lipatan kedua siku dan lutut. Diketahui, kakek pasien telah meninggal karena menderita alergi udang. Pemeriksaan tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan fisik tampak likenifikasi pada kedua fossa cubiti dan poplitea. Terapi yang diberikan pada pasien adalah...
a. Analog vitamin D dan anti jamur d. Pelembab dan kortikosteroid
b. Kortikosteroid dan vitamin A e. Pelembab + Antibiotik
c. Antibiotik dan vitamin A

PEMBAHASAN:
Berdasarkan gejala klinis dapat diambil kesimpulan bahwa dengan pasien menderita dermatitis atopik. Gambaran klinis dermatitis atopik pada anak usia 3-11 tahun dapat berupa kelanjutan bentuk infantil atau timbul sendiri. Lesi kering, likenifikasi, batas tidak tegas, serta karena garukan terlihat ekskoriasi memanjang atau krusta. Tempat predileksi di lipat siku, lutut, leher, pergelangan tangan dan kaki, serta jarang mengenai wajah. Penalatalaksanaan yang diberikan adalah dengan antihistamin untuk mengatasi rasa gatal. Kortikosteroid topikal dapat diberikan. Obat lain yang dapat digunakan adalah ter, misalnya likuor karbonas detergens 2-5%.
JAWABAN: D. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal. 132-135)

168

169. Seorang anak perempuan brusia 5 tahun diantar ke puskesmas dengan keluhan koreng-koreng kecil di wajahnya. Pada pemeriksaan fisik ditemukan, krusta tebal dan berwarna cokelat keemasan pada sekitar mulut dan hidungnya. Penyebab kelainan pada pasien adalah...
a. Autoimun d. HSV
b. Candida e. Streptococcus
c. Scables

PEMBAHASAN:
Pemeriksaan fisik yang didapatkan pada anak mengarah ke diagnosis impetigo krustosa. Gambaran kliniknya adalah ditemukannya kelainan kulit berupa eritem dan vesikel yang cepat memecah sehingga jika penderita datang berobat yang terlihat adalah krusta tebal berwarna kuning seperti madu. Jika dilepaskan, tampak erosi di bawahnya. Krusta sering menyebar ke perifer dan sembuh di bagian tengah Tempat predieleksi di wajah, yakni sekitar lubang hidung dan mulut karena dianggap sumber infeksi dari daerah tersebut. Penyakit ini tidak disertai gejala umum dan hanya ditemukan pada anak. Etiologinya biasanya streptococcus ? hemolyticus.
JAWABAN: E. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal. 56-57)

169

170. Seorang wanita berusia 28 tahun datang ke tempat praktik dokter bersama suaminya dengan keluhan keluar nanah dari alat kemaluan suaminya. Suaminya beerja sebagai supir truk antar provinsi. Pada wanita tidak ada keluhan. Pemeriksaan tanda vital keduanya normal. Pada pemeriksaan suami didapatkan , orifisium uretra eksternum eritema dan edema. Tamapak pula duh tubuh yang mukopurulen. Komplikasi GO pada wanita yang paling sering dialami adalah...
a. Sistitis d. Cowperitis
b. Proktitis e. Bartolini
c. Tysonitis

PEMBAHASAN:
Gambaran kliniss gonorte pada wanita (baik penyakitnya akut maupun kronik) gejala subjektifnya jarang ditemukannta dan hampir tidak pernah didapati kelainan objektif. Pada mulanya hanya serviks uteri yang terkena infeksi. Duh tubuh yang mukopurulen dan mengandung banyak goococcus mengalir ke luar dan menyerang uretra, duktus parauretra, kelenjar bartholin, rektum, dan dapat juga ke kandung telur. Pada opsi pilihan di atas, proktitis, tysonitis, dan cowperitis terdapat pada laki-laki. Sistisis merupakan infeksi saluran kemih. Jadi, jawabannya adalah bartolini.
JAWABAN: E. (Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, edisi 3, hal. 344-345)

170

171. Seorang wanita berusia 62 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan buang air besar berdarah sejak lima hari yang lalu. Tinja berwarna hitam denga bau yang khas. Dari hasil pemeriksaab tanda vital didapatkan, tekanan darah 100/60 mmHg, frekuensi nadi 70 kali/ menit, frekuensi napas 20 kali/menit, dan suhu 36,5?C. Dokter akan merujuk pasien dengan melena yang berat. Penatalaksanaan yang akan dilakukan sebelum dirujuk adalah...
A. Rujuk langsung d. Sulfas ferosus
b. Infus albumin 5% e. H2 bloker
c. Infus kristaloid

PEMBAHASAN:
Penatalaksanaan yang dilakukan sebelum dirujuk adalah melakukan resultasi untuk menstabilkan kondisi pasien. NGT dipasang dua jalur vena dengan infus NaCl.
JAWABAN: C. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I edisi 4, hal. 294)

171

172. Seorang anak berusia 11 tahun datang ke dokter nkeluhan demam sejak satu minggu lalu. Terutama, demam akan naik pada malam hari. Keluhan disertai mencret dua kali sehari. Pada pemeriksaan perut ditemukan lidah kotor, nyeri tekanan perut (+), shifting dullness(+), dan perut bengkak. Diagnosis pada anak ini adalah...
a. Tifus abdominalis d. Invaginasi
b. Peritonitis e. Gastro entritis
c. Volvulus

PEMBAHASAN:
Manifestasi klinis tifus abdominalis adalah pada kasus khas terdapat demam remiten pada minggu pertama. Biasanya akan menurun pada pagi hari dan meningkat pada sore dan malam hari. Dalam minggu kedua, pasien terus ada dalam keadaan demam yang turun secara berangsur-angsur pada minggu ketiga. Lidah kotor yaitu ditutupi selaput kecokelatan kotor, ujung dan tepi kemerahan, jarang disertai tremor. Hati dan limpa membesar pada saat perabaan. Biasanya juga terdapat konstipasi. Namun, bisa saja normal atau bahkan dapat menjadi diare.
JAWABAN: A. (Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2, edisi 3, hal. 433)

172

173. Ditemukan jasad bayi kardus panjang badan (PB)= 45 cm, lingkar kepala (LK)= 33 cm, dan lingkar dada= 20 cm. Pada pemeriksaan didapatkan, plasenta dan tali pusat utuh. Bayi ditemukan belum bernapas. Termasuk apa tindakan ini?
a. Abortus provokatus kriminalis d. Pembunuhan anak
b. Lahir mati e. Battered child syndrome
c. Infantisid

PEMBAHASAN:
Informasi yang perlu diperhatikan pada kasus ini adalah pemeriksaan didapatkan plasenta dan tali pusat utuh. Selain itu, bayi ditemukan belum bernapas. Adanya plasenta dan tali npusat utuh menunjukkan tidak adanya tanda-tanda perawatan. Belum bernapas menunjukkan bayi lahir mati.
JAWABAN: B. (Pedoman Ilmu Kedokteran Forensik, edisi 1, hal. 261 dan 266)

173

175. Seorang laki-laki berusia 25 tahun diantar ke UGD setelah kecelakaan lalu lintas dua jam yang lalu. Pasien mengendarai motor, lalu ditabrak mobil dari samping. Setelah tabrakan, pasien masih sadar. Mual dan muntah tidak ada. Perdarahan THT tidak ada. Tampak luka lecet pada lengan kiri. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, tekanan darah 120/80 mmHg, frekuensi nadi 78 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit,dan suhu badan 36,5derajat celcius. Pada ekstremitas superior sinistra terdapat memar dan ada nyeri tekan. Pada rontgen didapatkan garis halus pada os radius dan os ulna dibagian proksimal. Diagnosis pada pasien ini adalah...
A. Fraktur monteggia
B. Fraktur galeazzi
C. Fraktur antrebrakius
D. Fraktur radius ulnar proksimal
E. Fraktur radius ulnar distal

Pembahasan:
Patah tulang lengan bawah berkaitan dengan fraktur os radius dan atau os ulna. Pada pemeriksaan fisik didapati tanda fraktur. Pada pemeriksaan radiologis perlu diperhatikan adanya luksasi sendi radioulnar proksimal atau distal yang lebih dicurigai apabila ditemukan fraktur hanya pada salah satu tulang disertai dislokasi. Pada fraktur yang tidak berubah posisinya, dilakukan pemasangan gips diatas siku. Pada fraktur yang posisinya berubah,dilakukan reposisi tertutup, kemudian dipasang gips diatas siku.
Jawaban:D. (Buku ajar ilmu bedah,edisi 2,hal,865)

174

176. Apa tindakan yang paling tepat dilakukan untuk pasien pada soal 175?
A. Bidai dua sendi
B. Bidai dibawah patah tulang
C. Bidai diatas patah tulang
D. Bebat tekan
E. Reposisi dan gips

Pembahasan:
Untuk fraktur radius ulnar proksimal, lengan bawah dimobilisasi dalam gips pada posisi supinasi. Posisi ini dimaksudkan untuk mengatasi rotasi radius dan mengundurkan otot supinator.
Jawaban: E.(Buku ajar ilmu bedah,edisi 2, hal.865)

175

177. Seorang anak laki-laki berusia 9 tahun diantar orangtuanya ke tempat praktik dokter untuk meminta surat keterangan sakit atas penyakit yang dideritanya tiga hari lalu. Penyakitnya yaitu batuk dan pilek. Saat diperiksa, pasien sudah sembuh dan tidak ditemukan gejala batuk atau pilek lagi. Surat diperlukan untuk ikut ujian sekolah. Saat menderita sakit, pasien tidak berobat ke dokter. Apa yang dilakukan dokter menghadapi situasi saat ini?
A. Memberikan surat keterangan sakit karna percaya pada pasien
B. Memberikan surat keterangan sakit agar pasien dapat mengikuti ujian
C. Memberikan surat keterangan sakit dan memberi edukasi pada pasien
D. Tidak memberi surat keterangan sakit karna sakitnya ringan dan telah sembuh

Pembahasan:
Berdasarkan bab I pasal 7 KODEK, ”seorang dokter hanya memberikan keterangan dan pendapat yang telah diperiksa sendiri kebenarannya.”
Seorang dokter harus waspada terhadap kemungkinan simulasi atau agravasi pada waktu memberikan keterangan mengenai cuti sakit seorang karyawan. Ada kalanya cuti disalahgunakan untuk tujuan lain. Misalnya,untuk mengunjungi keluarga diluar kota, tidak bersedia menghadiri sidang pengadilan atau suatu kegiatan dikantor,terlambat kembali bekerja dari cuti tahunan ,dan sebagainya. Surat keterangan sakit palsu dapat menyebabkan seorang dokter dituntut menurut pasal 263 dan 267 KUHP.
Jawaban: E. (Etika kedokteran dan hukum kesehatan,edisi 4, hal.92)

176

178. Seorang bayi baru lahir terinfeksi HIV. Apa yang sebaiknya dilakukan?
A. Antiretroviral
B. Opv
C. Vitamin C
D. Antibiotik
E. B komples

Pembahasan:
Pengobatan HIV dengan kombinasi obat anti HIV (obat antiretroviral,disingkat ARV) bermanfaat menurunkan morbiditas dan mortalitas dini akibat infeksi HIV. Manfaat ARV dicapai melalui pulihnya sistem kekebalan akibat HIV dan pulihnya kerentanan ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) terhadap infeksi oportunistik.
Secara umum, penatalaksanaan ODHA terdiri atas beberapa jenis, yaitu:
a) Pengobatan untuk menekan replikasi virus HIV dengan obat antiretroviral.
b) Pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit infeksi dan kanker yang menyertai infeks HIV/AIDS,seperti,tuberkulosis,hepatitis,toksoplasma,sarkoma kaposi,limfoma,,dan kanker serviks.
c) Pengobatan suportif, yaitu makanan bernilai gizi baik, dukungan psikososial,dukungan agama,tidur yang cukup, dan menjaga kebersihan.
Jawaban: A. (Buku ajar ilmu penyakit dalam jilid III, edisi 4,hal.1805)

177

179. Seorang wanita berusia 30 tahun datang ketempat praktik dokter dengan keluhan penglihatan menjadi ganda sejak beberapa minggu yang lalu. Keluhan disertai kelopak mata menjadi berat terutama pada siang hari setelah beraktifitas. Pada pemeriksaan vital sign didapatkan, tekanan darah 110/70 mmHg, nadi 80 kali/menit, frekuensi napas 20 kali/menit,dan temperatur 36,5 derajat celcius. Dari pemeriksaan fisik terdapat ptosis kanan dan kedua bola mata tidak dapat bergerak ke nasal. Diagnosis yang mungkin adalah...

A. Neuropati
B. Myastenia gravis
C. Syndrom gullain-barre
D. Hipokalemi
E. Krisis kolinergenik

Pembahasan:
Miastenia gravis ditandai oleh kelemahan abnormal otot-otot serat lintang setelah kontraksi berulang. Membaik setelah istirahat dan sering pertama kali bermanifestasi sebagai kelemahan otot-otot ekstraokuller. Ptosis unilateral karena kelahan otot sering merupakan tanda awal diikuti oleh keterlibatan otot-otot ekstraokuler bilateral sehingga gejala awal sering berupa diplopia. Gejala mata lain yang tidak lazim mungkin mirip dengan gangguan manatap.oftalmoplegia antarnukleus, nistagmus vertikal, dan oftalmiplegia eksternal progresif. Pada kasus yang tidak diobati dapat segera timbul kelemahan umum lengan dan tungkai serta kesulitan bernapas. Kelemahan ini memperlihatkan variasi diurnal dan sering memburuk seiring perjalanan hari,tetapi dapat membaik setelah tidur siang. Tidak terjadi gangguan sensorik
Jawaban: B. (Oftalmologi umum,edisi 14,hal.302)

178

180. Seorang anak laki-laki berusia 6 tahun datang ke klinik dengan keluhan demam sejak tiga hari lalu. Demam tidak terlalu tinggi dan terus menerus. Keluhan demam disertai keluar liur menetes. Pada pemeriksaan fisik ditemukan tonsil membesar diselubungi membran keputihan. Dari pemeriksaan laboratorium didapatkan gram positif tidak tumbuh di agar McConkey. Organisme yang menyebabkan keluhan pasien adalah...
A. C. Difetri
B. H. Influenza
C. Kl. Pneumonia
D. E. Auroginasa
E. P. Auroginosa

Pembahasan:
Diferi faring dan tonsil paling sering dijumpai. Gejala ringan hanya berupa radang pada selaput lendir dan tidak membentuk pseudomembran. Sedangkan, diagnosis dapat dibuat atas dasar hasil biakan positif. Etiologinya disebabkan oleh corynebacterium diphteriae yang merupakan bakteri gram positif. Pada gejala yang berat, dimulai seperti radang akut tenggorokan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. Dapat ditemukan pseudomembran,mula-mula hanya bercak putih keabu-abuan yang cepat meluas ke nasofaring atau laring. Napas berbau dan timbul pembengkakan kelenjar regional sehinggan keleher tempat seperti leher sapi (bull neck)
Jawaban : A. (Buku kuliah ilmu kesehatan anak 2, hal. 550-553)

179

181. Seorang anak laki-laki berusia 4 tahun dibawa ibunya ke praktik dokter dengan keluhan koreng pada dubur. Menurut ibu, anak sering mengeluh gatal dan menggaruk pada malam hari. Ibu meneemukan bercak seperti parutan kelapa. Efek samping terapi penyakit tersebut adalah...
A. Nyeri kepala
B. Konstipasi
C. Skin rash
D. Hipotensi
E. Reaksi maroti

Pembahasan:
Pasien ini memiliki keluhan khas, yaitu gatal didaerah perianal terutama pada malam hari. Hal tersebut khas untuk diagnosis oxyuriasis atau penyakit cacing kremi. Penatalaksanaan yang biasa diberikan adalah pirantel pamoat 10 mg/kgBB/hari. Efek samping obat pada susunan saraf pusat adalah demam,sakit kepala, dan pusing. Efek pada kulit yaitu rash. Efek pada saluran cerna yaitu kram abdomen,diare,mual,muntah,serta anoreksia dan tenesmus. Efek hepatik yaitu gangguan enzim hepar. Efek neuromuskuler yaitu letih dan lesu.

180

182. Seorang bayi perempuan berusia 12 hari dibawa orangtuanya ke praktik dokter umum dengan keluhan keluar tinja dari vagina. Dari alloanamnesis didapatkan, bayi lahir dibidan,cukup bulan,dan langsung menangis. Pada pemeriksaan fisik didapatkan,keaadan umum baik, bayi aktif, anus ada,serta BAK baik. Diagnosis pada bayi ini adalah....
A. Atresia ani
B. Rektovaginal fistula
C. Hirsprung disease
D. Rektouretra fistula
E. Anomali vagina

Pembahasan:
Gambaran klinis yang terdapat pada pasien adalah keluhan keluar tinja dari vagina. Hasil pemeriksaan keadaan umum baik. Oleh sebab itum diperlukan pemeriksaan rektovaginal dengan jalan menjalankan rektum dan ibu jari di dalam vagina. Jika fistula ditempatkan, ada hubungan antara keduanya.

181

183. Seorang laki-laki berusia 60 tahun post laparotomi atas indikasi peritonitis ( setelah tiga hari ) . Pada pemeriksaan fisik didapatkan , tekanan darah 80/60 mmHg . Setelah diterapi , TD tetap 80/60 . syok ini termasuk jenis...
a. Syok septik
b. Kardiogenik
c. Obstruktif
d. Distribusi
e. Hipovolemik

PEMBAHASAN :
Syok septik merupakan keadaan terjadinya penurunan tekanan darah ( tekanan darah sistolik kurang dari 90 mmHg atau penurunan tekanan darah sistolik lebih dari 40 mmHg ) disertai tanda kegagalan sirkulasi . Meskipun telah dilakukan resusitasi cairan secara adekuat atau vasopretor untuk mempertahankan darah dan perfusi .
JAWABAN : A ( Buku Ajaran Ilmu Penyakit Dalam Jilid 1 , edisi 4 , hal . 187 )

182

184. Seorang perempuan berusia 25 tahun yang berprofesi sebagai artis mengalami penganiayaan . Pada pemeriksaan fisik ditemukan , memar di pipi dan luka robek di wajah 5 x 1 x 1 cm . Pasien mempunyai bakat keloid . Lalun, ia mendatangi UGD untuk dibuatkan visum . Untuk membuat tuntutan , Untuk membuat tuntutan , kesimpulan apa yang cocok pada kasus ini ?
a . Luka ringan
b . Luka yang berharap kesembuhan
c . Luka yang menimbulkan cacat tetap
d . Luka yang menghambat pekerjaan sehari-hari
e . Gangguan jiwa

PEMBAHASAN :
Ada empat jenis tindak pidana , yaitu :
1. Penganiayaan ringan
2. Penganiayaan
3. Penganiayaan yang mengakibatkan luka berat
4. Penganiayaan yang mengakibatkan luka berat
Dalam kasus perlakuan visum et repertum , penulisan kualifikasi luka sbagai berikut :
1. Luka yang tidak mengakibatkan penyakit atau halangan dalam menjalankan pekerjaan atau jabatan di namakan luka derajat pertama .
2. Luka yang mengakibatkan penyakit atau halangan dalam menjalankan pekerjaan atau jabatan sementara waktu dinamakan luka derajat kedua .
3. Luka yang termasuk dalam pengertian hukum luka berat pada pasal 90 KUHP dinamakan luka derajat ketiga .
Kasus ini menyebakan pasien sementara waktu tidak dapat mejalankan pekerjaannya . seperti biasa .
JAWABAN : D (Pedoman Ilmu Kedokteran Forensik , edisi 1 , hal . 88-90)

183

185. Seorang wanita berusia 35 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan mencret-mencret selama 6 bulan . Keluhan tidak kunjung sembuh dan disertai dengantidak tinggi , sering batuk , serta pilek secara terus-menerus . Pasien merasa semakin lama badannya semakin kurus . Suami pasien pemakai narkoba . Hasil pemeriksaan tanda vital didapatkan , tekanan darah 100/60 mmHg , nadi 78 kali/menit , pernapasan 20 kali/menit , dan suhu 36,8?C. Kemungkinan diagnosisnya adalah ...
a. Keracunan
b. Disentri amuba
c. Disentri shigella
d. Kolera
e. HIV-AIDS

PEMBAHASAN :
Untuk negara-negara yang tidak mempunyai fasilitas diagnotids yang tidak memadai telah disusun ketentuan klinis menururt hasil wrokshop di Bangui , Afrika Tengah pada Oktober 1985 mengenai AIDS . Dicurigai AIDS pada orang dewasa , bila terdapat paling sedikit 2 gejala mayor dan 1 gejala minor , serta tidak ada sebab-sebab imunosupresi yang lain , seperti kanker , malnutrisi berat , atau pemakaian kortikosteroid .

Gejala mayor tersebut adalah :
1. Penurunan berat badan lebih dari %
2. Diare kronik lebih dari satu bulan
3. Demam lebih dari bulan (kontinu/intermitten)

Sedangkan gejala minor adalah :
1. Batuk lebih dari satu bulan
2. Dermatitis pruritis umum
3. Herpes zoster rekuren
4. Kndidiasis orofaring
5. Limfadenopati generalisata
6. Herpes simpleks diseminata yang kronik progresif

JAWABAN : E. (Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni , hal. 313 )

184

186. Seorang pria berusia 43 tahun , saat bangun tidur merasakan nyeri pada jempol kaki . Hal ini dirasakansejak kemarin , setelah mengonsumsi soto babat . Pemeriksaan tanda vital didapatkan tekanan darah 130/90 mmHg , denyut nadi 80 kali/menit , pernapasan 20 kali/menit , dan suhu 37,2?C . Pemeriksaan fisik ditemukan , jempol bengkak, hyperemia , dan nyeri tekan . Kelainan sendi yang terjadi disebabkan ...
a. RA
b. OA
c. Arthritis Gout
d. SLE
e. Osteoporosis

PEMBAHASAN :
Keluhan spesifik pada pasien adalah benjolan pada pangkal ibu jari kaki . Padapemeriksaan laboratorium , asam gula darah meningkat . Gout merupakan penyakit dominan pada pria dewasa . Manifestasi klinis gout terdiri atas artritis gout akut , interkrital gout , dan gout menahun .
Stadium Artritis Gout Akut : Saat pasien bangun pagi , kaki terasa sakit hebat dan tidak dapat berjalan . Keluhan berupa nyeri , bengkak , terasa hangat , merah dengan gejala sismetik berupa demam , menggigil , dan merasa lelah . Lokasi yan tersering pada metatasofalangeal-1 .
Stadium Intertritikal : Secara klinis tidak terdapat radang akut , tetapi pada aspirasi sendi ditemukan kristal urat .
Stadium artritis gout menahun : biasanya diertai tofi yang banyak dan terdapat poliartikular . Kadang-kadang timbul infeksi sekunder disertai batu saluran kemih sampai penyakit ginjal menahun .
Pada pemeriksaan , kadar asam urat terkadang meningkat , tetapi kadang ditemukan normal .Kadar asam urat normal ,tidak dapat menghindari diagnosis gout .
JAWABAN : C (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II , edisi 4 , hal. 1208-1210)

185

187. Seorang pria berusia 60 tahun datang ke dokter umum dengan keluhan demam dan nyeri saat buang air kecil yang dirasakan sejak dua minggu llu . Tidak ada keluhan demam dan nyeri saat buang air kecil . Pada pemeriksaan tanda vital didapatkan , tekanan darah 120/80 mmHg , denyut nadi 80 kali/menit , penafasan 20 kali/menit , dan suhu 36,2?C . Pada waktu melakukn colok dubur didapatkan struktur bilobuler di anterior pemeriksaan . Apakah organ yang paling mungkinteraba pada saat pemeriksaan tersebut ?
a. Glandula prostate
b. Vesikula seminalis
c. Ampula duktus diferentis
d. Crus penis
e. Bulbus penis

PEMBAHASAN :
Dari gambaran klinis yang terdapat pada pasien , diagnosisnya mengarah ke hiperplasi prostat . Pada pemeriksaan colok dubur , harus diperhatikan konsistensi prostat (pada pembesaran prostat jinak konsistensinya kenyal ), adakah simetris , adakah nodul prostat , dan apakah batas atas dapat diraba ? Pada karsinoma prostat , prostat teraba keras atau teraba benjolan yang konsistennya lebih keras dari sekitarnya atau ada prostat asitmetri dengan bagian yang lebih keras . Dengan colok dubur , dapat pula diketahui batu prostat bila teraba krepitaso .
JAWABAN : A.( Buku Ajar Bedah edisi 2, hal. 783 )

186

188. Seorang laki-laki berusia 17 tahun dibawa keluarganya ke rumah sakit dengan keluhan utama patah tulang pada kedua tungkai bawah setelah jatuh dari atap rumah . Pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien tenang , seperti orang tidur disertai suara mendengur , dan seperti orang berkuda . Nadi radial cepat dan lemas . Pada pemeriksaan status lokasi tungkai didapatkan , kedua tungkai bawah mengalami patah tulang terbuka dengan darah yang mengalir deras , liuka juga dijumpai di belakang kepala , pelipis ,dan pipi . Pada pemeriksaan fisik didapatkan , ujung jari teraba dingin.
Apakah penyebab gangguan sirkulasi yang paling mungkin ?
a. Kehilangan darah
b. Trauma tulang tungkai
c. Trauma capitis
d. Nyeri hebat
e. Hipoksia

PEMBAHASAN :
Pada pasien dijumpai patah tulang terbuka tungkai bawah yang mengalir darah deras . Fraktur yang dapat menyebabkan keadaan syok adalah fraktur femur karena dapat menyebabkan pendarahan masif .
JAWABAN : A.(Buku Ajar Ilmu Bedah, edisi 2, hal. 880 )

187

189. Apakah tindakan yang paling tepat dilakukan untuk patah tulang pasien ini ?
a. Memasang bidai meliputi dua sendi
b. Memasang bidai di bawah patah tulang
c. Memasang bidai di atas patah tulang
d. Melakukan reposisi dan dipasang gips sirkuler
e. Memasang hebat tekan

PEMBAHASAN :
Fraktur femur yang terjadi pada kasus ini adalah fraktur femur terbuka . Saat pertama kali pasien ditemukan , tindakan darurat yang dilakukan adalah bebat tekan dan memasang dua bidai diantara dua sendi . Kemudian , dibawa ke fasilitas kesehatan .
Pada umumnya , bentuk penaggulangan fraktur terbuka dilakukan tindakan bridement . Kemudian , penanggulangan untuk tulangnya sendiri dilakukan tindakan sama , seperti penanggulangan fraktur tertutup .Pada fraktur femur tertutup , untk sementara waktu dilakukan skin traksi dengan metode buck extention atau dilakukan dulu pemakaian thomas splint dan tungkai ditraksi dalam keadaan ekstensi . Setelah dilakukan traksi kulit, dapat dipilih pengobatan nonoperatif atau operatif .
JAWABAN : E. (Kumpulan Kuliah Ilmu Bedah FKUI , hal. 544)

188

190. Seorang laki-laki berusia 45 tahun diantarakan ke UGD dengan keluhan nyeri dada hilang timbul . Nyeri seperti ditimpa benda berat, lamanya tidak tentu , serta tergantung aktivitas . Pasien seorang perokok berat . Pada pemeriksaan tanda vital didapatkan , tekanan darah 160/90 mmHg , denyut nadi 80/menit , pernapasan 20kali/menit , dan suhu 36,2?C . Dari pemeriksaan EKG ditemukan , V1 dan V2 T terbalik . Pemeriksaan lanjutan yang dilakukan adalah ...
a. Kateter koroner
b. Echo
c. Ro thoraks
d. Treadmill test
e. Elektrofisiologi study

PEMBAHASAN :
Keluhan nyeri dada pada pasien ini yang dipengaruhi oleh aktivitas dapat disebabkan adanya gangguan pada organ jantung . Adanya T terbalik pada V1-V2 merupakan salah satu tanda hipertropi ventrikel kanan (RVH)ditandai dengan :
Gelombang R lebih besar dari gelombang S pada lead prekordial kanan.
• VAT > 0,03 detik di V1.
• Gelombang S menetap di V5/V6.
• Depresi segmen ST dan gelombang T terbalik di V1-V3.
• Deviasi axis ke kanan.
Untuk melihat ketebalan hepertropi , dapat diperjelas dengan ekokardiografi.
JAWABAN : B. (Materi Kursus EKG , hal. 21)

189

191. Dilakukan sebuah penelitian tentang obat baru yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah untuk mencegah penyakit jantung koroner . Peneliti melakukan random untuk membagi subjek penelitian dalam kelompok perlakuan dan kontrol . Satu bulan kemudian dilakukan pengukuran kadar kolesterol dalam darah pada kedua kelompok tersebut . Jenis penelitian apakah yang sesuai ?
a. Kohort
b. Kasus kelola
c. Eksperimental semu
d. Eksperimental murni
e. Cross sectional

PEMBAHASAN :
Studi eksperimental merupakan studi non-observasional . Dalam studi ini , penelitian dapat melakukan manipulasi atau mengendalikan faktor-faktor yang dapat memengaruhi hasil penelitian . Studi eksperimental dinyatakan sebagai uji yang paling tepat untuk menentukan hubungan sebab akibat , menguji , hipotesis yang berhubungan dengan etiologi , memiliki kontrol terhadap penyakit , dan menjawab pertanyaan masalah ilmiah lainnya.
Dalam penelitian ini , biasanya terdapat dua kelompok . Satu kelompok merupakan kelompok studi dan yang lainnya kelompok kontrol . Kemudian , kedua kelompok ini di follow up selama periode waktu tertentu dan dilihat hasil yang terjadi . Lalu , hasilnya dianalisis dan dibandingkan satu sama lain.
JAWABAN : D. (Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Komunitas , hal. 189)

190

192. Seorang bayi laki-laki berusia 2 hari memiliki BB 3 kg, dibawa ibunya ke UGD dengan usus terburai di luar rongga abdomen tanpa ditutupi selaput. Apakah tindakan yang paling tepat?
a. Menutup dan membungkus usus dengan kassa lembap
b. Membungkus usus dengan silo/urine bag yang steril
c. Menutup usus dengan kassa dan salep sulfadiazine
d. Memasukkan usus dan menjahit seluruh dinding abdomen
e. Perawatan terbuka usus dengan kassa lembap

JAWABAN : D. (Buku Ajar Ilmu Bedah, edisi 2, hal. 521)
PEMBAHSAN :
Keluhan pada kasus ini adanya usus berada di luar rongga perut tanpa kantong yang disebut gastroskizis. Jika tampak kantong, disebut omfalokel. Tindakan yang dapat dilakukan pada kasus omfalokel adalah melindungi kantong omfalokel dengan cairan antiseptik, misalnya larutan yodium dan menutupinya dengan kain dakron agar tidak tercemar. Dengan demikian, dapat terjadi reepitelisasi dari tepi hingga seluruh kantong tertutupi epitel.
Pada gastrosizis, operasi koreksi untuk menempatkan usus kedalam rongga perut dan menutup lubang harus dikerjakan secepat mungkin karena tidak ada perlindungan infeksi. Makin ditunda, operasi makin sukar. Sebab, usus akan oedem.

191

193. Seorang wanita berusia 25 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan panas selama 5 hari. Keluhan disertai pusing, nyeri otot, dan kadang mual. Kesadaran compos mentis, suhu 39°C, respiratoryrate 16 kali/menit, dan nadi 110 kali/menit. Uji torniquet 20 ptekie dalam 2,5 cm. Hepar teraba 2 jari dibawah arcus costae, Hb 13,9 g/dl, leukosit 5000/mm3, trombosit 98.000/mm3, dan hematokrit 41%. Pemeriksaan penunjang yang paling tepat adalah....
a. Sediaan apus darah tebal
b. Sediaan apus darah tepi
c. Serologi widal
d. Serologi dengue
e. ASTO

JAWABAN : D. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III, edisi 4, hal. 1710)
PEMBAHASAN :
Gambaran klinis yang terdapat pada kasus ini sesuai dengan diagnosis demam berdarah dengue. Pemeriksaan laboratorium selanjutnya adalah tes serologi yang mendeteksi adanya antibodi spesifik terhadap dengue berupa antibodi total, IgM, maupun IgG.

192

194. seorang laki-laki berusia 59 tahun dibawa keluarganya ke UGD dengan keluhan sesak napas yang sudah dirasakan sejak 1 bulan. Dalam 5 hari terakhir, pasien tidur dalam posisi duduk disertai batuk berdahak putih dan pasien pernah mengalami serangan jantung 3 tahun yang lalu. Si pasien bisa ke dokter untuk kontrol kesebuah poliklinik. Sejak 2 bulan yang lalu, pasien tidak minum obat karena tidak merasa ada keluhan lagi. Pasien sering terbangun dari tidurnya pada malam hari sejak 2 bulan terakhir. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, pasien sakit berat, kesadaran CM, TD 100/60 mmHg, nadi 120 kali/menit, regular, equal, cukup, frekuensi napas 32 kali/menit, dangkal, temperatur 37°C, JVP tidak meninggi, HRJ (-), batas jantung membesar kekiri, S1, S2 (-), S4 (+), terdengar ronki basah halus tidak nyaring di basal kedua paru-paru, hepar lien tidak teraba, ekstremitas oedem (-), GCS sinus takikardia dengan infark lama di kandung anterior foto thoraks, dan tampak pembesaran jantung disertai bendungan paru. Untuk kasus ini, selain posisi duduk dan pemberian oksigen obat, apa yang diberikan?
a. ACE inhibitor, betabloker, dan diuretic
b. Ca antagonis, nitrogliserin, dan digitalis
c. Betabloker, aspilet, dan nitrogliserin
d. ACE inhibitor, aspilet, dan digitalis
e. Diuretik, nitrogliserin, dan digitalis

JAWABAN : E. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III, edisi 4, hal. 1638)
PEMBAHASAN :
Pasien ini memiliki manifestasi klinis dari diagnosis edema paru. Edema paru kardiogenik akut merupakan gejala kejadian gagal jantung kiri. Hal ini diakibatkan oleh gangguan pada jalur keluar atrium kiri, peningkatan volume yang berlebihan di ventrikel kiri, serta disfungsi diastolik atau sistolik dari ventrikel kiri. Atau, obstruksi pada jalur keluar ventrikel kiri. Peningkatan tekanan atrium kiri mengawali terjadinya edema paru. Akibat akhir yang ditimbulkan adalah keadaan hipoksia berat. Penatalaksanaannya adalah si pasien diletakan pada posisi setengah duduk, harus segera diberikan oksigen, nitrogliserin, diuretik iv, morfin sulfat, obat untuk mestabilkan hemodinamik, digitalis jika ada AF atau kardiomegali, trombolitik dan revaskularisasi, intubasi dan ventilator, terapi aritmia dan gangguan konduksi, serta koreksi definitif kelainan anatomi.

193

195. Seorang perempuan berusia 46 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan utama lutut kanan bengkak, nyeri, agak panas sejak tiga hari lalu. Riwayat trauma atau sakit sebelumnya yang sama disangkal. Tidak terdapat keluhan pada sendi yang lain. Pasien diketahui menderita DM sejak 10 tahun yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, BB 80 kg, tinggi 150 cm, dan terdapat kesan adanya cairan didalam sendi lutut kanan.pada laboratorium darah didapatkan, asam urat 7,1 mg/dl, faktor rheumatoid (+), dan titer ASTO

JAWABAN : A. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam II, edisi 4, hal. 1176)
PEMBAHASAN :
Manifestasi klinis yang ada :
• Keluhan utama lutut kanan bengkak nyeri dan agak panas.
• Adanya cairan didalam sendi lutut kanan.
• Laboratorium darah didapatkan, asam urat 7,1 mg/dl, faktor rheumatoid (+), dan titer ASTO

194

196. Anak laki-laki berusia 3 tahun, BB 9 kg, diare setelah diberi minum kacang hijau oleh enenknya 2 hari yang lalu. Frekuensi 4-5 kali perhari. Dalam tinja ditemukan sisa makanan yang belum tercena. Pada pemeriksaan fisik didapatkan, kesadaran normal, tampak malas minum, rambut kemerahan, wajah bulat, mata cekung, perut buncit, kaki edema, nadi cepat, dan akral dingin. Tindakan yang seharusnya segera dilakukan adalah..
a. Menasihati si nenk agar tidak memberi kacang hijau lagi
b. Memeriksa tinja anak
c. Melakukan penelitian
d. Mengupayakan rehidrasi
e. Langsung dirujuk ke RS

JAWABAN : D. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I, edisi 4, hal. 410-411)
PEMBAHASAN :
Pasien tampak tanda-tanda dehidrasi maka tindakan yang pertma dilakukan adalah melakukan rehidrasi untuk menstabilkan kondisi pasien.

195

197. Seorang dokter di puskesmas C membuat proposal penelitian cross sectional pada wanita usia 45-60 tahun. Hipotesisnya adalah kebiasaan konsumsi diet tinggi purin yang berpengaruh terhadap kejadian gout arthritis. Pengukuran kebiasaan dengan kuesioner gizi, meliputi frekuensi dan jumlah bahan makanan tinggi atau rendah purin yang dikonsumsi dua minggu terakhir. Kemudian, pengukuran kejadian gout arthritis menggunakan kuesioner dengan menanyakan tentang gejala yang dirasakan (nyeri sendi hilang timbul) dan pemeriksaan fisik (sendi bengakak). Apa kekurangan metodologi penelitian yang digunakan?
a. Tidak ada kelompok kasus
b. Tidak ada sampling frame
c. Tidak ada kelompok kontrol
d. Tidak ada randominasi dalam pemilhan subjek
e. Tidak ada validitas internal

JAWABAN : E. (Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Komunitas, hal. 162-165)
PEMBAHASAN :
Studi cross sectional sering disebut juga sebagai studi prevalensi atau survei dan merupakan studi yang paling sederhana serta sering dilakuakan. Studi ini mengukur variabel dependen (misalnya penyakit) dan variabel independen (pajanan) secara bersamaan. Studi cross sectional digunakan untuk mengetahui hubungan suatu penyakit dan variabel atau karakteristik yang terdapat pada masyarakat pada saat tertentu. Misalnya, untuk mengetahui hubungan antara penyakit dan kondisi tertentu dalam masyarakat seperti malnutrisi. Namun, studi cross sectional tidak dapat menjelaskan peristiwa mana yang lebih dahulu terjadi, apakah penyakit atau malnutrisi. Kelemahan lainnya adalah sering terjadi penyimpangan berupa bias observasi dan bias respons. Selain itu, tidak dapat dipakai untuk penelitian terhadap penyakit yang terjadi secara akut dan cepat sembuh.

196

198. pemberian susu botol pada bayi merupakan faktor risiko terjadinya diare. Pengetahuan ibu menyusui yang rendah sebagai faktor risiko meningkatnya pemberian susu botoldan terjadinya diare pada bayi. Bagaimana peran pengetahuan ibu dalam hubungan pemberian susu botol dan terjadinya diare pada bayi pada kasus diatas?
a. Penyebab random error
b. Penyebab bias seleksi
c. Penyebab systematic error
d. Penyebab bias informasi
e. Confounding factor

JAWABAN : D. (Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Komunitas, hal. 181)
PEMBAHASAN :
Informasi yang diberikan ibuada kemungkinan bias. Hal ini dapat disebabkan karena pengetahuan yang kurang, lupa, atau tidak mengerti mengenai faktor risiko yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit. Bias ini dinamakan bias informasi.

197

199. Sebuah penelitian dirilis di British Medical Journal tahun 2002 dengan desain prospektif randomized trial menyatakan ada pengaruh makan es krim terhadap terjadinya sakit kepala. Hasil : Headache (+) Headache (-) Total
Accelerated eating group 20 53 73
Cautions eating group 9 63 72
Total 29 166 145
Berapa besar peran faktor risiko tersebut?
a. 2,7
b. 2,2
c. 4,4
d. 4,6
e. 6,8

JAWABAN : A. (Ilmu Kedokteran Pencegahan dan Komunitas, hal. 180)
PEMBAHASAN :
Odds ratio = 20 x 63/9 x 53 = 2,7

198

200. Seorang laki-laki berusia 31 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan demam tinggi. Keluhan sudah dirasakan selama 5 hari. Keluhan disertai dengan sakit kepala, nyeri otot dan sendi, mual, muntah, tidak nafsu makan, dan BAK sedikit. Satu minggu sebelum sakit, rumah pasien terkena musibah banjir. Dari pemeriksaan laboratorium tinja di dapatkan skoleks berbentuk spiral dengan kedua ujungnya membentuk kait. Apakah diagnosa yang paling mungkin?
a. Salmonellosis
b. Leptospirosis
c. Shigellosis
d. Borelliasis
e. Taeniasis

JAWBAN : E. (Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III, edisi 4, hal. 1809-1811)
PEMBAHASAN :
Manifestasi klinis yang ditemukan pada pasien adalah demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, mual, muntah, tidak nafsu makan dan BAK sedikit. Informasi spesifik pada kasus ini adalah ditemukan kuman berbentuk spiral dengan kedua ujungnya membentuk kait. Adanya pengait khas untuk taeniasis disebabkan oleh taenia solium. Gejala klinis penyakit ini asimptomatik dengan sebagian pasien timbul keluhan gastrointestinal.